Sedikit Kisah Tentang Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

2:32 AM



Hello!

Postingan kali ini mungkin bersifat agak personal. Beberapa pertanyaan yang sering kuterima adalah, "Mar, gimana ceritanya sekarang bisa kerja di situ?", "Mar, kok bisa kerja sama NHK World sih?", "Mar, lo ngurus sosial medianya OLIVE des OLIVE ya?" Saat ditanya seperti itu, biasanya aku hanya tersenyum dan menjawabnya.

Dulu, aku adalah salah satu mahasiswa yang benar-benar galau setelah lulus mau kerja di mana. Dulu, akupun mahasiswa yang akademisnya bisa dibilang biasa banget. Dulu, aku juga salah satu orang yang selalu berpikir bahwa jika nilai akademis tidak istimewa, aku akan susah dapat pekerjaan. Karena itulah, aku butuh belajar hal-hal lain juga di samping akademis.

Gelar Jepang 20 with NHK World

Pada pertengahan bulan 2013, akhirnya aku memberanikan diri untuk maju sebagai Project Officer (Ketua Pelaksana) Gelar Jepang Universitas Indonesia 20. Percaya nggak percaya, di sinilah aku benar-benar mendapat perubahan hidup.


Sumber: NHK World

Gelar Jepang 20 saat itu dapat bekerjasama dengan salah satu saluran TV internasional dari Jepang, NHK World, which is super awesome! Saat mengurus acara inilah aku pertama kali berjumpa dengan rekan dari OLIVE des OLIVE. Pada saat menyebarkan proposal kerjasama ke berbagai perusahaan Jepang yang buka booth di acara Japan Expo 2013, aku juga pertama kali berjumpa dengan seseorang yang kini menjadi bos di pekerjaan full time ku. Masa-masa kepengurusan Gelar Jepang 20 ini benar-benar yang terbaik dan tidak terlupakan. Ada rasa takut, deg-degan, bingung, galau, lelah, haru, bahagia, dan puas. Semuanya campur aduk, tapi terbayarkan saat melihat kembang api pada penutupan acara. Untuk kalian para mahasiswa, jangan pernah ragu untuk ikut organisasi dan kepanitiaan, kalian akan mendapatkan pengalaman kerja berharga and also maybe your future boss(es). Akademis memang penting, tapi jangan lupa untuk ikut kegiatan lainnya.

Bekerja Sama dengan NHK World 

Selesai bekerja sama dengan NHK World di Gelar Jepang 20, aku masih berkesempatan untuk keep in touch dengan rekan-rekan dari Revamp Corp yang menghubungkanku dengan NHK World. Aku jadi beberapa kali terlibat dengan kegiatan promosi NHK World di Indonesia (Jak-Japan Matsuri 2014 dan Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2015) mulai dari jadi staff booth, nge-MC, sampai jadi koordinator untuk staff lainnya. Lagi-lagi, aku dapat banyak belajar bekerja dan bertemu dengan banyak orang baru.

Sumber: NHK World


Sumber: NHK World

Jadi Social Media Officer OLIVE des OLIVE

Setelah Gelar Jepang 20 usai, aku juga tetap keep in touch dengan rekan dari OLIVE. Berawal dari basa basi ucapan selamat tahun baru 2015, kemudian ia menawarkanku untuk mengurus fan page Facebook OLIVE des OLIVE. Karena pekerjaan ini bisa dikerjakan remote, aku terima saja tawarannya. Bekerja dengan OLIVE ini juga ternyata tidak kalah serunya. Aku sempat ikut pemotretan untuk produk-produk terbarunya yang akan dijual di Zalora dan MyKawaii Style



Setelah Resmi Menjadi Sarjana Humaniora

Februari 2015, setelah 3,5 tahun kuliah di Universitas Indonesia, Program Studi Jepang, akhirnya aku resmi menyandang gelar Sarjana Humaniora. Sebenarnya, saat penyusunan tugas akhir, ada beberapa masa aku patah semangat mengerjakannya. Di samping tugas akhir, kegalauan terbesarku adalah, "Mau kerja apa setelah lulus?" Tentu saja aku butuh penghasilan tetap.


Suatu hari, seorang temanku mengirimku sebuah surel mengenai lowongan menjadi content writer. Saat itu, aku juga sudah aktif menulis blog di margaapsari.tumblr.com (sebagian besar isinya adalah hasil karya desainku, beberapa postingan tentang makanan telah kupindahkan ke sini). Perusahaan yang membuka lowongan tersebut membawahi sebuah media kecantikan, kawaiibeautyjapan.com merupakan salah satu rekan media partner di Gelar Jepang 20. Director-nya pun adalah salah seorang yang kutemui saat masa jabatan sebagai ketua pelaksana Gelar Jepang 20. Akhirnya, aku resmi menjadi staff di media tersebut dan bekerja 2 hari setelah wisuda. Mengapa aku ingin cepat bekerja setelah lulus? Kalau kelamaan, aku takut jadi terlalu senang leyeh-leyeh di rumah, hahaha. Alhamdulillah, aku cocok kerja di kawaiibeautyjapan.com, dan kini menjabat sebagai editor.

Mulai Nge-Blog Lebih Serius

Bekerja di kawaiibeautyjapan.com sungguh menyenangkan. Tidak hanya lingkungannya yang nyaman, teman-temannya pun juga baik. Setelah masuk di kantor ini, aku mulai membuat ulang blog-ku di Blogspot karena pengoperasiannya lebih mudah daripada Tumblr. Beberapa postinganku di Tumblr aku pindahkan ke blog ini. Blogku yang fokus dengan makanan dan gaya hidup, kadang-kadang juga nyerempet ke beauty. Kemudian, akupun bergabung ke dalam komunitas Indonesian Food Blogger dan mendapat beberapa project ngeblog dari situ. Dari blogging ini, aku mendapat banyak pengalaman dan kenalan baru. 

Pertanyaan yang paling sering kuterima setelah mulai ngeblog ini adalah, "Mar, makan mulu ya?" Ya, namanya juga manusia, butuh makan biar punya tenaga, kan? :p



Dari ngeblog ini, aku juga mulai belajar bagaimana mengambil foto yang baik. Berbekal kamera Sony Alpha a5000 yang kubeli dengan hasi menabung gaji, aku mulai bisa mengambil foto makanan yang lebih baik dari sebelumnya. Instagramku pun mulai dipenuhi dengan foto-foto makanan. Happy tummy, happy me!

--------------------------------------------------------

Sebenarnya, banyak kesempatan rezeki yang bisa kamu capai, permasalahannya hanya apakah kamu mau mengambil resiko untuk mencapai rezeki tersebut. Semua hal butuh proses, dan keputusan yang kamu buat bisa mengubah hidupmu. Tahun 2016 ini juga masih jadi tahun proses untuk aku belajar lebih banyak lagi. Persiapan untuk kehidupanku selanjutnya. 

One thing I keep in my mind is: Work hard and play harder! 
Jangan pernah lupa untuk berbahagia di sela-sela kesibukanmu :)

Cheers!

--------------------------------------------------------

Thank you for reading,
See you on the next post!

Love,
Marga

You Might Also Like

3 comments

  1. Replies
    1. Hai! Terima kasih banyak yaa 😁
      Semangat juga untuk 2016💕

      Delete
  2. waaaa ga terasa ya sekarang udah mau 2018. marga makin hitzzzz

    ReplyDelete