Pondol (Pondok Es Cendol) - Hidangan Khas Jawa Tengah - Grogol, Jakarta

10:38 PM


Hello!

Untuk kamu yang menyukai hidangan khas Jawa Tengah, Indonesia, ayo merapat!

Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan untuk menikmati beberapa hidangan khas Jawa Tengah di restoran Pondol, Pondok Es Cendol, yang terlatak di daerah Grogol, Jakarta.

Singkatnya, restoran Pondol ini sudah berdiri selama 20-an tahun, dan dikelola oleh keluarga yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Awalnya pendiri restoran ini adalah seorang kontraktor, sampai akhirnya ia banting setir dari ngaduk semen jadi ngaduk es cendol.

Pondol - Pondok Es Cendol

Suasana di dalam restoran Pondol

Restoran Pondol ini ada 2, yang satu di daerah Tanah Abang dan satu lagi di daerah Grogol. Untuk restoran Pondol yang di Grogol, letaknya di komplek belakang terminal Grogol (seberang kampus Trisakti), tepatnya di Jl. Muwardi 1 no 23, dekat masjid.

Suasana restoran ini cukup sederhana dan terdiri dari 2 lantai. Lantai 2 restoran Pondol ini biasanya dipakai untuk acara dengan jumlah orang yang cukup banyak, meeting dan sebagainya. Karena lokasinya yang dekat perumahan dan kampus, restoran ini cukup banyak dikunjungi, apalagi pada jam-jam makan.

Makanan di Pondol (Pondok Es Cendol)

Makanan yang disajikan di Pondol ini adalah makanan khas Jawa Tengah, Inilah beberapa makanan yang aku pesan di restoran Pondol ini:

Sate Kuah Wates Ala Pondol - Rp 29,000

Sate Kuah Wates Ala Pondol - Rp 29,000

Sate Kuah Wates Ala Pondol - Rp 29,000

Isi dari hidangan ini adalah sate ayam lepas tusuk, kuah gulai kuning, sambal goreng tahu krecek, dan lontong. Walaupun ada sambal gorengnya, hidangan ini sama sekali tidak pedas. Rasanya cenderung gurih dan sedikit manis. Kalau kamu tidak suka pedas, hati-hati sama cabainya ya! FYI, this is my favorite dish!

Nasi Pecel Telor Ceplok - Rp 22,000

Nasi Pecel Telor Ceplok - Rp 22,000

Nasi Pecel Ceplok Telor - Rp 22,000

Sebenarnya pecel ini khas daerah Jawa Timur ya. Anyway, pecel ini semacam saladnya Indonesia, dengan dressing bumbu kacang. Hidangan ini lumayan standar seperti pecel pada umumnya, tapi bumbu kacangnya enak!

Tahu Gimbal Udang - Rp 20,000

Tahu Gimbal Udang - Rp 20,000

Tahu Gimbal Udang - Rp 20,000

Hidangan khas Semarang ini berisi tahu, bakwan udang, tauge, kol, dan kuah gimbal. Sayangnya, waktu itu bakwan udangnya lagi habis, jadi diganti dengan bakwan biasa. Kuahnya manis, dan aku tim tahu-gimbal-diaduk. Anyway, hidangan ini adalah favorit no 2-ku setelah sate kuah wates.

Es Cendol Campur - Rp 13,000

Es Cendol Campur - Rp 13,000

Namanya juga makan di Pondok Es Cendol, rasanya ga afdol kalau nggak pesan es cendolnya kan? Wangi cendolnya berasa alami daun suji banget! Sayangnya, waktu itu nangka dan kelapa mudanya lagi habis, jadi es cendol campur ini cuma berisi es, cendol, tape ketan, gula merah, dan santan. Seperti yang ramai dibincangkan di internet, es cendolnya emang mantap!

------------------------------------------------------------

Untuk kamu yang ingin merasakan cita rasa khas Jawa Tengah di Jakarta yang sesungguhnya, aku merekomendasikan restoran ini untukmu! Rasanya enak, harganya juga (beneran) ramah di kantong!

Bonus foto bersama Mba Tessa dari Pondol

Looking forward for my next visit here!

Pondol (Pondok Es Cendol)
Jl. Muwardi 1 No 23
Grogol
Jakarta

------------------------------------------------------------

Thank you for reading,
Have a nice day!

Love,
Marga

You Might Also Like

1 comments