Cita Rasa Autentik Vietnam di Yeu Saigon Cafe, Jakarta

10:41 AM


Hello!

Seperti yang pernah kukatakan di blog post sebelumnya, belakangan ini healthy lifestyle lagi naik daun banget. Segala yang sehatpun jadi populer, mulai dari rutin olahraga, minum infused water, atau menikmati hidangan-hidangan sehat. Di Jakarta-pun, sajian kuliner sehat dan alami mulai bertambah peminatnya.

Tahukah kamu, bahwa makanan Vietnam sering dibilang sebagai makanan yang paling sehat dan segar? Ini dikarenakan menu makanan Vietnam yang otentik meliputi sayur-mayur segar yang tidak banyak diproses, tapi tetap mudah dicerna. Maka dari itu, hidangan khas Vietnam bisa banget jadi bagian dari healthy lifestyle-mu!

Rabu, 1 Juni 2016 lalu, Yeu Saigon Cafe yang menyajikan hidangan kuliner khas Vietnam resmi berumur 1 tahun, dan menyelenggarakan acara Media Launch & Blogger Gathering. Lucky me, I was invited to the event! Terima kasih Jakarta Venue! *yeay*



Yeu Saigon Cafe didirikan oleh pasangan suami istri, Mai dan Praba Madhavan. Praba Madhavan mengatakan bahwa ia sangat ingin membawa cita rasa khas Vietnam ke Jakarta, seperti yang ia rasakan selama 5 tahun tinggal di negara tersebut. Tidak hanya Pho dan Vietnamese Coffee, beliau juga ingin membawa kuliner khas Vietnam yang jauh lebih enak, bahkan dengan bahan-bahan yang sederhana sekalipun.

Selama 120 tahun lamanya, Vietnam terus terlibat perang. Kondisi perang itulah yang membuat mereka dapat memasak bahan-bahan yang mudah didapat seperti daun-daunan menjadi masakan yang lezat dan sehat. Keunggulan masakan Vietnam adalah dengan bahan-bahan yang sederhana, dapat dijadikan masakan yang sedemikian rupa lezat. Perang inilah yang juga memengaruhi kuliner Vietnam jadi memiliki sentuhan budaya Cina, Perancis dan sedikit Amerika.

Sekilas Tentang Yeu Saigon Cafe


Yeu Saigon Cafe yang terletak di kawasan Generali Tower, Gran Rubina, Kuningan, Jakarta ini didesain dengan konsep casual dining, di mana para pengunjung dapat menggunakan pakaian apapun ketika berkunjung. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati makanan Vietnam bersama keluarga, anak-anak, teman, ataupun pasangan. Makanan yang disajikan di restoran ini 100% halal, dan tentunya sehat karena tidak menggunakan MSG!





"Yeu" dalam bahasa Vietnam berarti cinta. Inilah yang menjadi landasan kedua pemilik restoran ini saat membangun Yeu Saigon Cafe dengan kecintaan terhadapa makanan, karyawan dan juga para pengunjung.

Suasana restoran Yeu Saigon Cafe ini cukup cozy dan pelayanannya ramah. Dalam restoran ini juga terdapat private room yang bisa dijadikan tempat meeting atau acara gathering. 


Menikmati Hidangan Vietnam Autentik di Yeu Saigon Cafe

Yeu Saigon Cafe memiliki perkebunannya sendiri di daerah Cimanggis, Depok. Namun, ada beberapa bahan makanannya yang diimpor langsung dari Vietnam, seperti cabai dan kopi. Cabai Vietnam memang terasa sedikit berbeda dengan cabai lokal, lho. Bedanya adalah cabai Vietnam rasa pedasnya tertinggal di mulut, sementara kebanyakan cabai lokal pedasnya terasa sampai perut.



Negara Vietnam terbagi menjadi 3 bagian, yaitu utara, tengah dan selatan. Perbedaan setiap daerah berusaha ditonjolkan dalam menu restoran ini. Kini, ada 99 menu non-vegetarian dan 45 menu vegetarian yang dimasak langsung oleh 4 chef asli Vietnam di restoran ini. Berikut ini adalah beberapa makanan yang aku icip-icip di restoran Yeu Saigon Cafe:

1. Appetizers

Banh Cuon - Steamed rice rolls with chicken
Goi Cuon Tom - Fresh sping rolls with shrimp
Banh Bot Loc - Clear dumpling with chicken and shrimp
Cha Gio Ca - Deep fried fish spring rolls

Menu makanan appetizers di Yeu Saigon Cafe yang aku cicipi ada 3, yaitu Banh Cuon, Goi Cuon Tom, Cha Gio Ca, dan Banh Bot Loc. Rata-rata hidangan appetizers yang disajikan di restoran ini adalah fresh rolls ala Vietnam. Goi Cuon Tom rasanya sayur banget dan segar! Favoritku adalah Banh Bot Loc, yang cocok disajikan dengan saus bening yang agak pedas. Kalau kamu lebih suka dengan sesuatu yang crispy, aku rekomendasikan Cha Gio Ca untukmu!

2. Main Course

Ca Cha La Vong - Hanoi style tumeric fish with dill
Ga Rang Me - Fried chicken with tamarind sauce
Muc Rang Muoi - Fried squid with onion & chilli in seasoning
Bo Kho - Stewed Beef
Com Chien Xanh Haisan - Green spinach fried rice with seafood
Banh Mi Thit Nguoi - Cold cut baguette
Pho Bo - Vietnamese beef noodle soup
Main course yang disajikan di sini sangat menggiurkan! Akhirnya aku coba semuanya, walaupun sedikit-sedikit, dan piring makanku agak sedikit kayak di kondangan, haha.

Anyway, aku suka banget sama  Ca Cha La Vong dan Bo Kho yang rasanya gurih dan lezat. Surprisingly, kegurihannya ini bukan karena tambahan bumbu penyedap MSG, lho! Untuk hidangan baguettenya, agak sedikit keras dan susah dikunyah, walaupun rasanya oke punya. Kalau kamu ingin menikmati hidangan yang hangat, hidangan pho di Yeu Saigon Cafe ini cocok untukmu! Ada Pho Ga (Vietnamese chicken noodle soup) dan Pho Bo (Vietnamese beef noodle soup) yang siap memberi kehangatan yang lezat!

3. Dessert & Snacks

Banh Beo Tom Chay - Steamed tiny rice cakes with dried shrimp
Banh Chuoi Chien Cot Dua - Fied banana
Khoai Mi - Cassava
Sebagai camilan setelah atau sebelum makan, kamu bisa coba beberapa pilihan hidangan ini. Aku sendiri paling suka Banh Beo Tom Chay, yang dimakan dalam sekali suapan. Untuk rasa yang sempurna, hidangan ini cocoknya dikasih saus cukanya sedikit. Selain itu, pudding kelapa Yeu Saigon Cafe juga juara banget! Rasa manisnya tidak berlebihan, dan teksturnya yang lembut membuat hidangan ini semakin nikmat.

Sekali hap!

Saigon Delight

Selain restoran yang terletak di daerah Gran Rubina Business Park, ada juga Saigon Delight yang menyajikan makanan siap saji ala Vietnam. Kamu bisa menemukan Saigon Delight ini di Bellagio Boutique Mall, Kuningan. Perbedaannya dengan Yeu Saigon Cafe hanya bentuk makanannya. Makanan yang disajikan di Saigon Delight cocok untuk kamu yang sedang dalam perjalanan. Bahan yang digunakan sama dengan di Yeu Saigon Cafe.

------------------------------------------------------

Tertarik untuk mencoba hidangan autentik Vietnam ini? Yuk, mampir ke Yeu Saigon Cafe!

Yeu Saigon Cafe
Generali Tower, Gran Rubina Business Park Lt. 1 Unit B
Kawasan Rasuna Epicentrum
Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan
Jakarta Selatan

Saigon Delight
The Bellagio Mall, Kav. E4
Jl. Mega Kuningan Barat, Duren Tiga
Jakarta Selatan

Jam Buka:
Yeu Saigon Cafe: 10:00 - 22:00
Saigon Delight: 7:00 - 22:00

Facebook: Yeu Saigon Cafe
Twitter: @yeu_saigon_cafe
Instagram: @saigon_cafe

------------------------------------------------------

Feeling healthy

Thank you for reading,
Have a nice day & see you on the next post!

Love,
Marga

You Might Also Like

0 comments