Lezatnya Hidangan Tradisional Maroko di King Couscous, Jakarta

10:30 AM


Hello!

Pernah dengar makanan bernama couscous?

Couscous merupakan makanan khas negara Mediterania seperti Maroko, Tunisia dan Prancis, yang terbuat dari semolina (tepung berbutir agak kasar yang berasal dari gandum durum). Makanan ini banyak disajikan dengan sayuran seperti wortel, kacang chickpea, zucchini, lobal, kapri, dan kimis. Sebagai protein pelengkap, couscous juga bisa disajikan dengan tambahan daging domba, ayam atau sosis sapi.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu sebenarnya tak perlu jauh-jauh terbang ke negara Mediterania, karena di Jakarta-pun sudah ada restoran yang menyajikannya, yaitu King Couscous.


Restoran yang terletak di Kemang Village, Jakarta ini didominasi warna putih. Karena waktu kunjunganku adalah pada weekday di jam kerja, restoran ini sangat sepi. Sambutan dan pelayanan staff di restoran ini patut diacungi jempol. Sayangnya, restoran ini kelewat sederhana sehingga kurang menarik perhatian. Aku sendiri sudah berkali-kali ke Kemang Village, tapi baru ngeh sama keberadaan restoran yang satu ini.

Perlu dicatat bahwa aku justru menyesal baru ngeh dengan restoran King Couscous belakangan ini. Huhuhu. Makanannya enak banget, guys.

Menu Makanan di King Couscous

Selain siganture dish-nya, couscous dan tajine, restoran King Couscous ini juga menyajikan berbagai appetizer dan dessert. Pilihan di menunya tidak terlalu banyak, sehingga kita bisa lebih mudah fokus pada makanan khas Mediterania yang ditonjolkan.

Appetizer - Bourek Potatote Beef

Ada banyak pilihan appetizer di restoran ini, mulai dari sop, salad, burger, dan lain sebagainya. Tidak pakai pikir panjang, aku memutuskan untuk mencoba Bourek Potatoe Beef. Alasan memilih yang ini sederhana banget, karena namanya unik. Iya, itu aja alasannya.

Bourek Potatoe Beef - Rp 59,000
Bourek Potatoe Beef ini adalah campuran kentang dan daging yang dibungkus dengan kulit lumpia kemudian digoreng. Disajikannya dengan saus yogurt, salad dan lemon. Kalau kamu lebih suka spicy, kamu bisa minta mayones pedas atau saus sambal sebagai cocolan.

Rasanya gurih, jika sudah disiram perasan lemon dan dicocol dengan saus yogurt akan menjadi lebih segar. Minyaknya yang nggak amburadul bikin hidangan ini jempolan dan recommended banget.

Main Course - Couscous

Sesuai nama restorannya, couscous merupakan hidangan khas yang wajib kamu coba. Ada 4 macam couscous yang bisa kamu coba tergantung topping dagingnya,  yaitu Vegetarian, Chicken, Merguez Sausage dan Lamb Mechoui. Satu porsi couscous dibanderol dengan harga Rp 49,000 - Rp 89,000.

King Couscous - Rp 129,000
Jika kamu datang ke restoran ini beramai-ramai dan takut tidak habis satu porsinya, kamu bisa pesan menu King Couscous. Hidangan yang satu ini adalah couscous besar tanpa topping daging. Untuk menambahkan daging domba, ayam atau sosis, kamu bisa menambah Rp 20,000 - Rp 40,000.

Daging Domba -  Tambah Rp 40,000
Daging Ayam - Tambah Rp 20,000
Daging Sosis - Tambah Rp 20,000
Ayam dan dombanya mirip-mirip bumbu semur, tapi lebih gurih. Sementara sosisnya berisi daging cincang dan digoreng biasa. Menurut Mr. Ali Habbas, chef sekaligus pemilik restoran King Couscous, daging domba menjadi yang paling banyak dipesan. Domba yang digunakan adalah domba impor berusia kurang dari 1 tahun dari Australia yang telah tersertifikasi halal. Meskipun begitu, aku sendiri sih paling suka topping sosis.

Chickpea, kismis dan sambal sebagai pelengkap hidnagan couscous
Racik sendiri couscousmu!
Agar hidangan couscous ini rasanya semakin mendekati sempurna, jangan lupa untuk pakai bumbu kuah dan pelengkapnya.

Bumbu kuah couscous ini dibuat dari 10 macam rempah dan herba. Agar sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, jinten dan sambal merupakan 2 bahan yang paling menonjol dari bumbu kuah couscous. Rempah dan herba lainnya ada ketumbar, jahe dan paprika.

Main Course - Tajine


Tajine adalah tungku tanah liat berbentuk kerucut yang menjadi wadah hidangan daging ayam, domba, sapi, dan ikan. Unik, kan?

Di restoran King Couscous ini ada beberapa jenis hidangan tajine yang bisa kamu pilih, Chicken (dengan olive & lemon), Lamb (dengan apricot & almond / olive, kacang polong & prune), Kefta , Fish Baramundi, atau Vegetables. Hidangan tajine ini dibanderol dengan harga antara Rp 69,000 - Rp 99,000.

Chicken Tajine with Olive & Lemon - Rp 69,000
Tajine Kefta - Rp 89,000
Fish Baramundi Tajine - Rp 99,000
Di antara ketiga tajine yang kucoba, favoritku adalah Fish Baramundi. Rasanya segar banget dan sedikit gurih. Hidangan tajine ini enaknya disantap saat hangat dengan tambahan nasi, semolina, atau roti. Roti yang disajikan ini agak sedikit keras, kamu bisa cocol roti ke dalam kuah hidangan tajine supaya menjadi lebih lembut.


Minuman - Mojito & Morrocan Mint Tea

Ada banyak jenis minuman yang dapat kamu pesan di sini, mulai dari smoothies, mojito, soda, teh, dan kopi. Karena gambar mojito di buku menu tampak fotogenik, akhirnya mojitolah yang dipesan.

Mojito Classic, Raspberry & Mango - Rp 35,000
Moroccan Mint Tea - Rp 25,000
Setelah selesai makan, aku memesan Morrocan Mint Tea yang hangat dan segar ini. Minuman ini diracik dari teh hijau dengan kandungan antioksidan yang tinggi ditambah dengan daun mint yang membuat tenggorokan menjadi lega. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai setelah makan.

Tertarik untuk mencoba hidangan khas Mediterania di restoran King Couscous? Yuklah merapat langsung. Recommended buat kamu yang suka coba makanan baru!

--------------------------------------------------------

King Couscous
Kemang Village, 1F
Jakarta



Rasa: 8 / 10
Pelayanan: 8 / 10
Suasana: 7 / 10

--------------------------------------------------------

Thank you for reading,
See you on the next post!

Love,
Marga

You Might Also Like

4 comments