Menginap di Summer Bed & Breakfast, Banjarmasin: Recommended!

8:40 AM



Hello!

Bulan Desember lalu, aku berkunjung ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasti tahu kan ya, di kota ini kita bisa coba jalan-jalan dengan perahu dan bahkan belanja di atas perahu! Supaya liburan jadi lebih asyik, pastinya memilih tempat penginapan jadi perkara yang sangat penting.

Penginapannya harus ada di pusat kota, dekat dengan tempat-tempat wisata, ada kuliner enak yang bisa dicoba, fasilitasnya oke punya, dan harga bersahabat. Iya, kriterianya emang banyak banget. Waktu browsing di situs pencarian hotel, akhirnya dipertemukanlah dengan Hotel Summer Bed & Breakfast ini.

Suasana Hotel Summer Bed & Breakfast, Banjarmasin


Dari foto-foto yang disediakan di situs, hotel ini kekinian banget. Suasana perabotannya minimalis dan banyak spot foto yang bagus. Nggak cuma itu saja, hotel ini terletak di pusat kota, dekat Sungai Martapura. Harganyapun cocok! Tanpa pikir panjang, akhirnya aku langsung melakukan pemesanan kamar.


Tampak luar hotel ini didominasi dengan warna kuning dan kaca. Di bagian depan hotel ada bangunan kecil berbentuk boks telepon a la Inggris. Isinya sih bukan telepon umum ya, ATM.

Warna dindingnya yang didominasi putih membuat ruangan lobby jadi terasa lebih bersih dan minimalis. Panasnya Banjarmasin dan dinding kaca di bagian depan lobby membuat ruangan ini sedikit hangat, walaupun AC-nya sudah dinyalakan.

Proses check-in cukup cepat. Buat kamu yang mau ke sini nanti, jangan lupa siapkan Rp 50,000 untuk deposit ya!


Setiap kamar di Summer Bed & Breakfast ini memiliki lukisan dinding yang berbeda-beda. Kebetulan kamar yang aku dapat ada lukisan lubang gmz di dindingnya. Walaupun sedikit mengingatkanku pada film horror........

Anyway, kamarnya cukup cozy dan bersih. Ada lemari baju dan gantungannya. Pemandangan yang aku dapat adalah Sungai Martapura. Walaupun sedikit ketutupan gedung, sungainya terlihat sangat jelas. Di sini nggak ada hair dryer dan shower cap, jadi kalau kamu sangat membutuhkan 2 benda itu, harus bawa sendiri. Baju jadi kusut karena dilipat di koper? Jangan khawatir, kamu bisa pinjam setrikaan pada staff hotel.

Tempat Wisata di Sekitar Hotel


Alasan utama yang membuat hotel ini menjadi pilihan utamaku dan keluarga adalah lokasinya yang sangat strategis dari beberapa tempat wisata, yaitu:

1. Pasar Terapung

Walaupun nggak sebesar Pasar Terapung di Lok Baintan, di dekat hotel ini juga ada pasar terapung. Buat kamu yang susah bangun subuh, pasar terapung di sini buka di sore hari juga. Kebanyakan jualannya adalah buah-buahan. Dari area Pasar Terapung ini, kamu juga bisa naik perahu klotok ke Pulau Kembang. Cuma sekitar Rp 30,000 saja.

2. Taman Siring KM 0 Banjarmasin

Di sebelah kanan hotel adalah Sungai Martapura. Kalau lagi santai sore, enak jalan-jalan di tepi sungainya. Di tepi sungai ini juga ada monumen KM 0, letaknya di seberang sungai kalau dari arah hotel. Jadi harus lewat Jembatan Pasar Lama

3. Masjid Sabilal Muhtadin


Letaknya juga di seberang sungai, masjid ini adalah yang terbesar di Kota Banjarmasin. Konon katanya muat 15.000 orang jamaah.

4. Taman Maskot Bekantan

Kalau dari persimpangan dekat hotel, Maskot Bekantan ada di sebelah kiri. Kalau di Singapura foto di Merlion, di Banjarmasin foto di Maskot Bekantan ini.

5. Menara Pandang Banjarmasin

Kalau mau naik ke atas menara, kamu nggak perlu bayar, cuma tulis nama di buku tamu. Untuk ke atas, nggak ada lift atau eskalator. Cuma ada anak tangga. Nggak usah khawatir, karena menara ini cuma sekitar 3-4 lantai.

6. Kampung Sasirangan

Kalau kamu hobi mengumpulkan kain khas setiap daerah, jangan lupa mampir ke Kampung Sasirangan dan beli kain khas Banjarmasin ini ya!

7. Warung Pondok Bahari

Wisata kuliner pastinya nggak boleh kamu lewatin. Nggak perlu jalan terlalu jauh, di dekat hotel ini ada warung makan yang menyediakan segala kuliner khas Banjarmasin. Ketupat Kandangan dan Lontong Orari adalah menu yang wajib dicoba!

Sarapan di Hotel Bed & Breakfast, Banjarmasin


Last but not least, adalah merasakan sarapan di hotel ini. Restoran terletak di lantai paling atas, ada ruangan indoor dan outdoor untuk yang mau merokok. Di bagian dindingnya ada banyak lukisan pop art.


Sarapan dimulai sekitar jam 07:00 waktu setempat. Pilihan makanannya nggak terlalu banyak, cuma roti, bubur, dan beberapa lauk saja. Kalau mau omelette atau telur mata sapi, bisa pesan ke egg station dekat dapur. Untuk minuman hanya ada kopi, teh, air putih, dan jus. Hopefully sih ke depannya bakal ada lebih banyak varian menu. Rasa makanannya sendiri sih enak.


So, buat kamu yang mau berwisata ke Banjarmasin dan masih galau pilih hotel, Summer Bed & Breakfast ini bisa jadi pilihan yang pas buat kamu! Rate hotel ini sekitar Rp 350,000an semalamnya.

Dari bandara, bisa naik taxi ke sini seharga Rp 120,000 (ini harga Desember 2016). Hotel ini juga menyediakan fasilitas mobil yang bisa mengantar ke berbagai tempat wisata Banjarmasin lainnya, dengan biaya tambahan. 

Cerita perjalanan di Banjarmasin lainnya: 

--------------------------------------------------------------------------------

Summer Bed & Breakfast
Jl. Veteran No 3
Gadang, Banjarmasin Tengah

Tel: 0511-3277007
Website: summerbnb.com



Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post!


Marga A.

You Might Also Like

7 comments

  1. Wah, cozy ya tempatnya, strategis pula.
    Banjarmasin, kataku ini mah ^_^

    ReplyDelete
  2. wahhh banyak spot foto instagramable bingitss, tapi jauh nyooo >.<

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa tiap lantai ada dinding instagramable yg beda-beda gituu

      Delete
  3. Hotelnya unik interiornya kekinian bgt ya mbaak.

    ReplyDelete
  4. Insya Allah sudah book buat hari senin nanti....makasih ulasannya. Salam..

    ReplyDelete