Bebas Sakit Tenggorokan Selama Musim Hujan dengan 5 Cara Simpel

12:30 AM


Belakangan ini hujan semakin sering turun di ibukota, walaupun sudah bulan Maret. Cuaca seperti ini biasanya bikin tubuh cepat tumbang, sakit tenggorokan dan flu juga semakin sulit dihindari.

Sakit tenggorokan ini pastinya nggak enak banget, yes? Selain batuk-batuk yang mengganggu, tenggorokan jadi perih saat makan dan minum. Padatnya aktivitas sehari-hari bakal terhambat kalau sampai kamu sakit. Sebagai food blogger, sakit tenggorokan ini adalah salah satu yang paling malesin, karena acara-acara food testing yang didatangi jadi nggak bisa dinikmati.

Walaupun sulit dihindari, bukan berarti nggak bisa, lho! Di blog post kali ini, aku mau share 5 cara simpel untuk mencegah sakit tenggorokan. Yuk, cus!

Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Beraktivitas

Mencuci tangan dengan sabun dapat membantu menghindari berkembangbiaknya kuman dan bakteri. Rutinlah mencuci tangan setelah memasak, makan, bebersih, menyentuh hewan, atau setiap kali kamu merasa tanganmu kotor. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa  gunakan pembersih alkohol (hand sanitizer) untuk membunuh bakteri di tangan.

Atur Pola Makan


Beberapa jenis makanan tenryata dapat memicu sakit tenggorokan, gaes. Misalnya makanan yang terlalu banyak mengandung minyak, terlalu asam, atau terlalu pedas. Untuk meminimalisir terjadinya sakit tenggorokan, minumlah air putih setidaknya 8 gelas sehari, minum teh herbal setelah makan siang, serta minum campuran madu dan lemon hangat di pagi hari.

Rajin Olahraga


Olahraga dapat membuat kondisi tubuh jadi lebih bugar. Tubuh yang bugar akan membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Kamu cukup luangkan sekitar 30 menit sehari untuk berolahraga. Kalau aku sih, dimulai dari memperbanyak jalan kaki, biar badan lebih berkeringat. Atau coba olahraga 20 menit rasa 2 jam ini.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang kotor adalah tempat tinggal yang paling disukai kuman. Bersihkan perabotan rumah dari debu-debu yang menempel dan ganti sprei secara rutin. Jangan lupa juga untuk menyapu dan mengepel rumahmu ya!

Kumur-kumur dengan BETADINE Obat Kumur


Jika gejala sakit tenggorokan sudah mulai terasa, saatnya kamu kumur-kumur dengan BETADINE Obat Kumur sebanyak 3-5 kali sehari hingga mereda. Berbeda dengan obat kumur lain pada umumnya, BETADINE Obat Kumur ini mengandung Povidone iodine (senyawa kimia antiseptik) 1% yang bantu atasi sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, dan bau mulu tidak sedap. Kalau sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan kurang sehat seperti gorengan pinggir jalan, jangan lupa untuk kumur-kumur dengan BETADINE Obat Kumur ini sebelum tidur.

Tidak perlu khawatir gigi jadi kuning, karena BETADINE Obat Kumur ini dapat hilang setelah dibilas dengan air, tanpa meninggalkan bekas. BETADINE Obat Kumur hadir dalam dua ukuran, 100 ml dan 190 ml. Ukurannya yang kecil praktis untuk dibawa saat traveling agar kesehatanmu terus terjaga di manapun kamu berada.

Aku sendiri juga sering menggunakan BETADINE Obat Kumur. Khususnya saat cuaca sedang kurang baik seperti sekarang, tenggorokan jadi gatal dan batuk-batuk. Nggak cuma sakit tenggorokan aja, BETADINE Obat Kumur juga efektif sebagai obat sariawan, lho! Jangan sampai sakit ini malah jadi penghambat aktivitasmu.

------------------------------------------------------------------------

Jangan lupa untuk terus jaga kesehatan ya! Walau cuaca sedang kurang bersahabat, kita akan selalu dituntut untuk produktif, ya kan? Karena itulah kita perlu cermat memilih makanan dan produk kesehatan.

Kalau menurutmu, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan yang paling ampuh?



Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post!

You Might Also Like

0 comments