Hostel Instagramable Cuma 100 Ribuan Semalam - Trava House, Yogyakarta

8:43 AM

Trava House Yogyakarta Review

Hello!

Masalah tempat penginapan seringkali menjadi concern utama saat traveling. Mau yang bagus, tapi harganya mahal. Mau yang murah, tapi kadang malah jorok. Pernah mengalami kayak gitu juga? Sebenarnya, kalau mau yang bagus dan murah, hostel atau homestay bisa jadi pilihan yang lumayan oke, lho.

Dulu sih biasanya yang namanya hostel itu imagenya udah kurang bagus, tapi kalau sekarang justru hostel banyak yang nyaman. Walau nyaman dan fasilitasnya banyak, harganya tetap ramah di kantong. Cocok banget buat yang mau backpackeran nih. Dari sekian banyak hostel yang tersedia di Yogyakarta, akhirnya Trava House jadi pilihan kami.

Alasan utama memilih Trava House ini sudah pasti karena foto-foto tempatnya yang Instagramable banget! Lokasinya juga cocok, nggak jauh dari pusat kota. Harga-pun sangat amat terjangkau. Di sini tersedia kamar dengan double bed jika kamu datang berdua, atau bisa pesan kamar tipe dormitory jika solo-traveling.

Pengalaman Menginap di Hostel Trava House, Yogyakarta

Satu hal yang benar-benar terlupakan adalah masalah parkir mobil. Di Trava House ini parkir mobil harus titip di warung Sade seberang, Rp25.000 semalamnya. Jangan lupa infokan ke pihak Trava House untuk perihal parkir mobil ya! Kalau dari arah Taman Sari, belokan menuju gang Trava House ini terletak sebelum Hotel Neo+ Awana, papan petunjuknya agak nyempil dan kecil gitu.

Bagian depan hostel ini ada pintu kayu dengan kunci kode yang akan diinfokan via WhatsApp oleh pengelola. Di situ terdapat kuncil pintu Trava House. Ini cuma kalau datangnya malam sih, kalau siang-sore gitu biasanya pintu sudah terbuka. Warna di dalam Trava House ini didominasi dengan abu-abu a la industrial gitu.

Trava House Yogyakarta Review
Lorong kamar di Trava House Yogyakarta
Trava House Yogyakarta Review
Dipping Pool alias kolam celup-celup kaki
Trava House Yogyakarta Review
Ruang makan lantai 1
Common room lantai 2
Trava House Yogyakarta Review
Fasilitas dapur Trava House Yogyakarta
Trava House Yogyakarta Review
Perlengkapan dapur di Trava House Yogyakarta
Di bagian depan, ada ruang makan, kolam, dan dapur. Nggak bisa dibilang kolam renang juga sih, karena ukurannya lumayan kecil, tapi masih bisa buat foto-foto pakai ban gemes gitu kok. Sebutannya ya, dipping pool alias kolam celup-celup. Di Trava House ini tersedia dapur untuk kita masak sendiri. Buat yang benar-benar backpacker, mungkin bakal memilih masak sendiri supaya lebih hemat. Kulkas, bumbu-bumbu, teh, dan kopi semua tersedia di sini. Jangan lupa cuci setelah memakai alat-alat dapurnya ya!

Trava House Yogyakarta Review
Kamar double bed
Trava House Yogyakarta Review
Kamar dormitory, 4 single beds
Trava House Yogyakarta Review
Lengkap dengan kipas angin kecil untuk setiap ranjang
Trava House Yogyakarta Review
WC
Trava House Yogyakarta Review
Ruang shower
Kamar dengan double bed ada empat ruangan, dan ada satu kamar dormitory isi empat single bed. Kamar mandi dan WC terpisah, ada di luar kamar. Artinya, harus antri kalau mau mandi. Di bagian atas ada common room, meja kerja, dan TV. Buat ngumpul-ngumpul dengan penghuni Trava House lainnya, biasanya di common room lantai atas atau ruang makan lantai bawah. Buat yang merokok, bisa di common room ini saja. Wi-fi di sini cukup kencang.

Trava House tidak menyediakan AC, udaranya sih memang sudah sejuk di sini. Kalau masih merasa kepanasan, di setiap kamar tersedia kipas angin. Khusus di kamar dormitory, ada kipas angin kecil untuk setiap ranjang. Kasurnya nyaman dan empuk! Selimut tidak tebal, cocok untuk udara yang tropis di sini. Di setiap kasur dormitory, ada lemari kecil lengkap dengan kunci untuk menaruh koper. Handuk sudah tersedia di atas kasur, tapi tidak ada toiletteries.

Trava House Yogyakarta Review
Sarapan nasi kuning di Trava House, Yogyakarta
Breakfast was great! Aku dapat nasi kuning, telur dadar, dan kentang goreng kering. Lengkap dengan jus jeruk segar. Kayakya sih sarapan di sini bakal beda tiap harinya, karena kalau lihat beberapa foto review lain, ada yang dapat sarapan gorengan juga.

Cara Booking Hostel Trava House, Yogyakarta

Sebelum booking, sebaiknya baca house rules-nya dulu. Ada di Facebook Trava House, atau bisa klik di sini. Semua house rules ini sebenarnya lumayan sederhana dan nggak ada ruginya sama sekali jika diikuti, karena semua isi house rules semata-mata untuk kenyamanan bersama.

Trava House Yogyakarta Review
Peraturan di Trava House, Yogyakarta
Setelah cucok dengan house rules-nya bisa, langsung WhatsaApp / SMS ke +62895-1854-5288 dengan format: TRAVA. [Tanggal check-in]. [Tanggal check-out]. [Jumlah orang]. Contoh: TRAVA. 27 Januari 2018. 29 Januari 2018. 2 orang. Staff akan menginfokan ketersediaan kamar dan total biaya. Jangan lupa untuk kirimkan data diri (foto KTP / SIM / Paspor) via WhatsApp dari salah satu pemesan. No rekening akan dikirimkan kemudian.

Oh iya, kalau nggak salah Trava House hanya menerima tamu berusia 17 tahun ke atas, karena ada peraturan yang harus dipatuhi.

Overall, menginap di Trava House ini memang seru banget. Selain fasilitasnya yang nyaman dan staffnya ramah, kita bisa ketemu berbagai macam orang di sini. Sewaktu aku menginap kemarin, aku bertemu dengan para digital-nomad dan turis asal Malaysia. Buat yang harus bikin konten Instagram, di sini banyak sudut-sudut yang photogenic, hehe.

Trava House Yogyakarta Review
Trava House Yogyakarta Review
Trava House Yogyakarta Review

Harga permalamnya sekitar Rp90.000 / bed untuk ruangan dormitory, dan Rp180.000 (harga Januari 2018, termasuk sarapan enak). Recommended buat kamu yang mau liburan budget (((tapi rada fancy))) di Yogyakarta!

So, sudah siap liburan ke Yogyakarta? 🌞

--------------------------------------------------------------------------------

Trava House Hostel
Lorong Barat Gang Cempaka,
Mantrijeron, Yogyakarta




Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post! 


You Might Also Like

35 comments

  1. Aku ngikutin banget foto-fotomu pas kemaren di ig dan terjawablah sudah semuanya di postingan ini. Cuma aku kepikiran kalau aku yang nginep rasanya sempit banget :((((
    Tapi ini gemes sih, boleh deh masuk ke list tempat nginep di Yogya.
    Thanks for sharing, Kak ^^

    ReplyDelete
  2. Aku niat ke jogja pertemgahan tahun ini, dan udah aku catet hostel ini, seru banget ngeliatnya. .

    ReplyDelete
  3. Aku akhirnya juga sempat nyoba kamar model dormitory. Kalau sama teman memang asyik, tapi kalau nggak kenal dan kemudian ada yang tipenya tidak suka diganggu gitu jadinya kurang nyaman. Aku masih lebih nyaman sekamar berdua atau rame-rame dengan teman yang kenal. Tapi ini hotelnya lucu dan instagramable banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul mba, waktu itu aku juga ngepas banget kamar dormitory-nya sama teman-teman. Tapi dulu aku pernah di Singapore pakai hostel dormitory gini malah justru orangnya seru-seru banget! Untung-untungan sih ya emang tapi :D

      Delete
  4. Aku ada planning backpackeran ke Jogja dalam waktu dekat. Nih bakal masuk wish list!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus! Cocok di sini buat backpackeran. Bisa bikin konten buat Instagram juga, hehehe.

      Delete
  5. Harganya murah banget! Klo pergi gak sama krucils, boleh nih dicoba. Klo pergi sama krucils, harus yg ada kolam renangnya soalnya. Biar gak pada cranky. Hehe

    ReplyDelete
  6. Harganya ekonomis banget, bisa jd referensi kalo ke Jogja

    ReplyDelete
  7. Kalau ke jogja aku nginep di hostel ini ah, harga nya terjangkau sekali.

    ReplyDelete
  8. Duh kok gemes sih interiornya? murce pulaaaaa..
    AKu juga ada rencana ke Jogja tahun ini, masuk dalam bucket list, yg sebelumnya gagal tahun 2017 :))
    tapi sayangnya hotel ini gak bisa untuk family ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sayangnya nggak boleh bawa anak kecil ke sini :""(

      Delete
  9. iih tempatnya asyik, bisa masuk list nih pas ke sana.

    ReplyDelete
  10. Wah gaya aku nih simple eh hahaha mau akh ke sini kapan cus ke Jogya lagi. Nyaman bersih harga bersahabat dan dekat kemana-mana itu yang aku cari. Nice info kak keren ��

    ReplyDelete
  11. Wah... recommended nih di Jogja, cocok banget buat instagram

    ReplyDelete
  12. Murah banget yah, jadi pengen nyobain nginep di Trave House juga Kak. 🤗

    ReplyDelete
  13. Informasi yang berharga banget dan jadi rekomendasi buat aku kalau pas ke Yogya. Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  14. Tempatnya kece dan harganya terjangkau banget ya. Bisa neh buat next ke Jogja biar hemat.

    ReplyDelete
  15. "work is over" ..haha bener banget. suke deh sama nuansa kalem minimalisnya. beneraan instagramabel

    ReplyDelete
    Replies
    1. YES! Sekalian liburan, sekalian bikin konten. Kalau yang selebgram sekalian foto baju-baju endorse di sini kali ya :D

      Delete
  16. Wah seru banget ya hotelnya dan sangat terjangkau next time patut dicoba niy kalau ke Jogja.

    ReplyDelete
  17. Bagus deh. Tapi hanya untuk tamu dewasa ya. Cocok buat anak muda yang travel sama geng nih

    ReplyDelete
  18. Jogja itu banyak ceritaaaaa. Emang bener - bener kota yang asik untuk dikunjungi krn semua MURAH ahahhahaha. Seru nih ya untuk rame - ramenan Ga.

    ReplyDelete
  19. Jogja skr keren2 ah hotelnya. Murah, tapi IGable banget :p kayak gini nih... Aku sering ke jogja tp memang jrg nginep. Krn rumah di solo, jd suami slalu lbh suka balik ke solo kalo lg di jogja. Kyknya kapan2 dia hrs di paksa utk nginep :D

    ReplyDelete
  20. Wuah..Saya baru kemaren dari Yogya. Pas extend bingung cari tempat.
    Padahal ini penginapan keliatan nyaman bgt

    ReplyDelete
  21. waaa tempatnya asyik yaaak ... kalo ke Jogja, sayah mau ah kemari ajah nginepnya. Makasih buat artikel dan referensinya.

    ReplyDelete
  22. emang bener ya tempat nya instagramable banget, jadi bisa dapet foto2 kece disini

    ReplyDelete
  23. Cakep-cakep ya gambarnya. Jadi pingin kesana

    ReplyDelete
  24. ok sebagai backpacker saya akan kesana.. siaaap noted...

    ReplyDelete
  25. Trava house instagramable banget, duh aku catat alamatnya, makasih info nya.

    ReplyDelete
  26. Serius ini cuma 90rb an per malam?
    OMG murah banget untuk tempat sekeren itu hihihihi,
    pengen kesitu ahh klo ke jogja.


    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  27. Waaah, wajib masuk list! Makasih infonya, Kak ^^

    ReplyDelete
  28. Wajib coba nih. Harganya murah, tapi gak murahan hostelnya :D

    ReplyDelete