Pengalaman Seru Open Trip Pulau Harapan (2 Hari 1 Malam)

2:37 AM

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan

Hello!

Sampai sekarang masih banyak lho, orang yang bilang kalau di Jakarta itu nggak ada pantai yang bagus. Semua lautnya hitam dekil dan kotor. Kayaknya orang-orang ini lupa deh sama eksistensi Kepulauan Seribu. Kita nggak perlu jauh-jauh ke luar kota buat nikmatin warna laut turquoise bening.

Udah lumayan lama pengen liburan ke Kepulauan Seribu. Dulu terakhir ke sana pas masih usia SD, udah lupa-lupa-ingat kayak gimana di sana. Akhirnya, pertengahan Januari kemarin tercetus ide liburan ke sini bersama teman. Impulsif sih, hari itu ngide, hari itu book segalanya.

Berhubung lagi mood liburan, tapi nggak mood nyusun itinerary segala, akhirnya aku pakai jasa opentrip, kali ini bareng @travelogy.id. Nggak ada alasan khusus sih kenapa milih travel ini. Cuma karena kebetulan follow aja, dan pas kemarin kepikiran mau liburan ke Pulau Harapan, tiba-tiba @travelogy.id ini update tentang opentrip ke sana. Yowes, hahaha.

Itinerary 2 Hari 1 Malam - Open Trip Pulau Harapan

Kapal yang akan mengangkut aku dan teman-teman ke Pulau Harapan ini berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Bisa dijangkau dengan GO-JEK ataupun mobil pribadi, parkiran di pelabuhan ini lumayan luas. Tim dari @travelogy.id kemarin sempat menghimbau untuk bawa masker untuk di pelabuhan ini. Terlalu meremehkan, ternyata di sini baunya mantep banget......

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Pelabuhan Muara Angke
Kapal berangkat pukul 7:30, tapi jam 6:00 juga udah lumayan ramai penumpangnya. Tiket untuk ke Pulau Harapan bisa dibeli seharga Rp60.000 di gedung besar pelabuhan. Kapalnya sih menurutku tampak cukup aman. Penumpangnya nggak overload, dan setiap penumpang dapat satu life jacket yang wajib dipakai selama perjalanan.

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Dermaga Pulau Harapan
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Homestay AC super nyaman!
Perjalanan ke Pulau Harapan sekitar 3-4 jam. Sampai di sana pukul 11:30. Kesan pertama sewaktu sampai, airnya jernih banget.....nggak kayak di Jakarta rasanya. Setelah ketemu dengan pemandu dari @travelogy.id di sana, kami check in di homestay yang TERNYATA PAKAI AC! Ada TV-nya pula... Nyaman banget pokoknya.

Snorkeling di Sekitar Pulau Harapan

Sehabis istirahat makan siang sebentar, langsung melanjutkan perjalanan untuk snorkeling. Naik kapal kecil, sekitar 15 menit ke arah utara, kami tiba di Pulau Bintang. Ikannya ada banyak kecil-kecil, gemas banget! Ada bintang laut juga. Tapi harus hati-hati saat snorkeling, jangan ke tempat yang terlalu rendah, karena banyak bulu babi.

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Makan siang di Pulau Harapan
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Semua disediakan oleh tim @travelogy.id
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Spot snorkeling pertama
FYI, bulu babi itu beracun durinya. Kalau terlanjur ketusuk sih, katanya harus dikencingin atau pukul-pukul bagian yang kena tersebut supaya duri bulu babi-nya hancur. Hati-hati ya!

Spot snorkeling kedua nggak kalah bagusnya. Ikannya lebih banyak, dan di sini malah ada ikan nemo! Terumbu karang-nya juga lebih banyak. Alhamdulillah, cuaca hari itu bersahabat, nggak banyak angin, jadi nggak berombak.

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Jalan-jalan sore di pantai Pulau Dolphin
Setelah snorkeling, kami dibawa ke Pulau Dolphin, yang ternyata dimiliki oleh swasta. Di sini ada warung dan berbagai water sport. Di warung tersedia Indomie, gorengan, kopi, dan air kelapa. Lumayan lah buat istirahat sebentar. Semakin sore, air laut semakin tinggi dan kami kembali ke Pulau Harapan sambil menikmati sunset sepanjang jalan.

BBQ di Taman Terpadu Pulau Harapan

Sekitar pukul 19:00, tim dari @travelogy.id menyediakan makan malam di guest house. Di itinerary sih emang tertulis jadwal BBQ, tapi kirain itu sekalian makan malam. TERNYATA DIPISAH! Berhubung badan lagi capek-capeknya, jadi laper juga sih. Makan malam dua ronde pun dijabanin.

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Food court Taman Terpadu Pulau Harapan
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Siap-siap BBQ di Pulau Harpan
BBQ dilaksanakan di foodcourt Taman Terpadu. Ada banyak warung-warung kecil penjual makanan dan oleh-oleh ternyata di sini. Ikan dan sosis bakar yang disajikan makin enak saat dicocol ke kecap sambalnya. Yummy!

Island Hopping Sekitar Kepulauan Harapan

Hari ke-2 dimulai dengan sarapan nasi goreng dan telur mata sapi, lalu dilanjut dengan island hopping. Pulau tujuan pertama adalah Pulau Dolphin (lagi). Sebenarnya agak sedikit kecewa sih karena balik lagi ke pulau yang sudah dikunjungi kemarin, tapi ah sudahlah dinikmati saja. Kalau kemarin cuma nongkrong di warung, sekarang jalan-jalan ke arah belakang.

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Balik lagi ke Pulau Dolphin~

Di pulau ini ternyata banyak yang camping. Ada fasilitas ruangan MCK juga. Kalau malas masak, bisa jajan Indomie di warung. Sebenarnya selain di Pulau Dolphin, ada pulau-pulau lain juga yang sering dijadikan tempat camping, tapi fasilitasnya tidak sememadai Pulau Dolphin ini.

Pulau ke-2 yang dikunjungi adalah Pulau Tongkeng, yang konon katanya dimiliki oleh pribadi (maaf, lupa namanya siapa). Ada satu rumah besar di tengah pulau ini yang sayangnya tidak tampak terawat. Dekat dermaga, hanya ada bapak-ibu penjual minuman yang menjual kelapa muda tersegar di Jakarta! Di sini nggak ada sendok, jadi makan daging kelapanya menggunakan kulit kelapa yang dibentuk menyerupai sendok. Menarik!

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Kelapa muda di Pulau Tongkeng
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Pantai Pulau Tongkeng
Menjelang pukul 12 siang, kami kembali ke Pulau Harapan untuk beres-beres dan persiapan pulang ke kota. Liburan akhir pekan kali ini lumayan seru, karena sebenarnya tidak jauh dari ibukota, tapi bisa mendapat pengalaman seperti ke luar kota. Jarang-jarang bisa melihat Ikan Nemo di laut Jakarta, kan?

Biaya open trip bersama @travelogy.id kemarin adalah Rp380.000 per orang. Sudah termasuk kapal dari pelabuhan Jakarta, homestay AC, kapal kecil untuk snorkeling dan island hopping, serta peralatannya, BBQ, dan tiga kali makan. Pokoknya udah all-in semua kecuali kalau mau jajan-jajan sendiri. Di Pulau Harapan ada banyak jajanan, misalnya telor gulung ini.

Worth it! Tapi bakal lebih seru lagi kalau jadwal snorkeling lebih padat dan nggak cuma dua spot aja~

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Telor gulung di Pulau Harapan
Pengalaman Open Trip Pulau Harapan
Belum mau pulang :(
So, enaknya liburan akhir pekan ke mana lagi ya selanjutnya? Any ideas? Yang bisa Sabtu-Minggu aja karena aku masih anak probation di kantor baru, jadi mau ambil cuti kan nggak enak, hahahaha.

BACA JUGA: Pengalaman Ikut Open Trip ke Pulau Peucang (3 Hari 2 Malam)

--------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post!

You Might Also Like

22 comments

  1. Perut aku jadi keroncongan liat ikan balado itu wkwkwk..
    Aku sempet mau ke Pulau Harapan wkt Christmas kmrn, pas ke Angke, cuma krn blm ada persiapan apa2 jadi gak jadi..

    ReplyDelete
  2. ya Allah baca artikel ini dan menikmati foto2 indahnya dan tetiba merasa butuh liburan ;p

    ReplyDelete
  3. Saya blm pernah nih ke pulau harapan, jadi pengin

    ReplyDelete
  4. kepulauan seribu memang asyik juga ya. Banyak tur pulau2 kecil ini, dan bisa dilakukan dengan cepat. Sayang selalu berangkat pagi2 buta. hiihi.. dari bogor rada males kesananya :( mesti cari tumpangan inep nih biar ke angke deket hehe

    ReplyDelete
  5. Cilor itu ya eh hahaha...fresh ya kalau ketemu alam ini. Belum ke sini aku nih. Thx infonya kak

    ReplyDelete
  6. Biayanya cukup bersahabat ya mas... maknyus!

    ReplyDelete
  7. Yang bilang Jakarta ga punya pantai bersih artinya ga Jelajah Jakarta sampe ke ujung-ujung.Coba main ke Pulau Penjaliran, Pulau Untung Jawa , ato Pulau Putri Barat dan Timur. Beeuuh sedapnyoo ngedive bersih dan segar lautan. Mesti banyak2 main ke pulau yak yang bilang Jakarta pantainya dekil. Hahahahaha. Rindu ngedive lagi jadinya, trus bakar ikan, cumi, gurita, plus udang segaaaar...

    ReplyDelete
  8. Siap, masukkan ke list dulu, berharap semoga bisa berkunjung ke Pulau Harapan ini :)

    ReplyDelete
  9. Foto-fotonya seger banget, jadi pengen liburan ke pulau harapan bareng pak suami nih,yah itung-itung bulan madu kedua.hehehe

    ReplyDelete
  10. Gagal fokus sama makanannya, bikin ngiler banget mba, apalagi pagi-pagi begini neh

    ReplyDelete
  11. Pulau Harapan seru juga ya :)
    Kalau ke Kep.Seribu baru nyobain, Pulau Pari dan Pramuka, next bisa nih ke sini.

    Yuk mampir ke blogku : www.betaniagian.com :)

    ReplyDelete
  12. Ah jadi pengen ngetrip ke sini juga. Selalu ada harapan untuk ke pulau Harapan hehe 😅😅

    ReplyDelete
  13. belom pernah nih ke pulau harapan. Airnya hijau gituh, bening

    ReplyDelete
  14. Wah asyik, sudah lama aku nggak main ke Pulau Seribu. Biayanya juga tidak terlalu mahal.

    ReplyDelete
  15. Asyik ya short holidaynya masih di sekitar Jakarta, terjangkau pula budgetnya.

    ReplyDelete
  16. mbak, untuk open trip bareng travelogy.id bisa bawa anak kecil gak ya ? pengin plesiran sama suami + anakku tapi pake open trip gini biar lebih praktis

    ReplyDelete
  17. Enak ya klo dah paketan gini. Ibu Komandanku ngajakin ke pulau juga tapi PP. Omg. Aku ngga sanggup dan gak puaasssss. N aku takut gempa *cemen

    ReplyDelete
  18. Pantai nya bersiih dan airnya beneran biru ya, budget trip- juga lumayan banget tuh mbak. Kalau ke Jakarta bisa nih dijadwalin ke sini. Open trip ke Pulau Harapan ini sebulan ada brp kali mbak ?

    ReplyDelete
  19. Wow biru banget air lautnya. Jadi pengen kesana deh!

    ReplyDelete
  20. Lama juga ya sampe 3-4 jam. Aku dulu pernahnya ke Pulai Pari. Cuma 2 jam. Itupun bosen di kapalnya. Mana kapalku gak ada life jacket lagi. Huhuhuhu.

    Tapi rata-rata paket dan kegiatannya hampir mirip ya. Aku pernah BBQ-nya udah kemaleman. Temen-temen sebagian besar udah tidur, jadilah BBQ-nya kita abisin hahahaha.

    ReplyDelete