Gaya Hidup Sehat Dimulai dari Tidur yang Berkualitas, Setuju?

10:45 PM


 Hello!

Sekarang ini aktivitas rasanya makin padat aja. Mulai dari kerjaan full-time, freelance, dan blogging. Semua kesibukan campur aduk jadi satu. Walaupun kerjanya enjoy, tapi badan tetap aja kan capek, malah bisa drop juga.

Udah tahu banget sih, kalau tidur itu penting untuk menjaga kesehatan. Hampir semua tips menjaga kesehatan juga bilang bahwa tidur itu harus setidaknya 7 jam sehari. Tapi ternyata, tidur yang dimaksud untuk menjaga kesehatan ini bukan tidur sekedar mata merem aja, lho. Nggak cuma sepatu aja yang harus high quality, tidur juga harus high quality. Ada yang pernah habis bangun tidur tetap merasa capek? Mungkin ini dampak tidur yang nggak berkualitas.

Selasa, 21 Maret 2018 kemarin, aku menghadiri acara The Essential of Healty Lifestyle yang diselenggarakan oleh Setra Mattress Indonesia.

Pentingnya Tidur Berkualitas untuk Hidup yang Sehat

Aku baru tahu banget nih, ternyata manusia menghabiskan sepertiga waktu hidupnya untuk tidur, lho. Sewaktu tidur ini, tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak dan recharge tenaga untuk beraktivitas lagi. Namun sayangnya, masih banyak orang yang cenderung mengabaikan masalah tidur ini. Khususnya di kota-kota besar, banyak banget yang semangat banget kerja sampai lupa istirahat. Akhirnya? Badan jadi drop, dan pekerjaan makin keteteran kan...


Di acara #SertaHealthyLife ini juga, Alvin Hartanto, seorang ahli gizi menjelaskan bahwa tidur berkualitas itu memiliki banyak manfaat, yaitu:
  • Istirahat otak, sendi, dan tulang
  • Meningkatkan kreativitas
  • Mengurangi stres
  • Detox alami tubuh
  • Meningkatkan kinjera hormon
  • Meremajakan sel-sel tubuh
  • Memberikan efek "self healing"

Nah, lalu ada juga nih tips tidur berkualitas yang bisa kamu ikuti:
  • Hindari mengonsumsi kafein di atas jam 4 sore
  • Mandi dengan air hangat
  • Suhu ruangan yang tepat
  • Hindari olahraga di malam hari, stretching lebih baik
  • Hidnari blue light sebelum tidur (dari gadget nih biasanya)
  • Padamkan lampu
  • Pilih matras (kasur) yang berkualitas tinggi

Tips Memilih Kasur yang Berkualitas


Kasur memang erat kesehatannya dengan kenyamanan tidur. Memilih kasur itu sebenarnya ga susah-susah amat kok. Kamu bisa juga ikuti tips mudah ini:

Pilih Jenis Kasur Sesuai kebutuhan

Kalau pergi ke toko kasur, bakal ada banyak jenisnya. Worry no more, baca dulu aja perbedaan fungsi dari ketiga kasur tersebut.

Spring bed; yang paling banyak digunakan. Di dalamnya terdapat spiral baja kokoh, dan dilapisi oleh busa tebal sebagai bantalan. Fungsinya utnuk memperbaiki tulang punggung agar lebih baik. Memory foam; Tipe kasur dari bahan berkontur yang dapat mengikuti bentuk tubuh. Fungsinya untuk memperbaiki postur tubuh. Terakhir adalah Lateks; yang terbuat dari bahan alami. Kokoh tapi tidak selembut yang lain. Kasur lateks cocok untuk yang sering sakit punggung.

Coba Kasur Selama 5 Menit

Nggak perlu malu kalau kamu mau cobain kasurnya! Anggap aja trial sebelum ditidurin beneran di rumah. Kamu bisa coba kasurnya selama 5 menit, dengan posisi tidur favorit. Kalau cuma dipegang-pegang atau sekedar diduduki, nggak akan berasa!

Cek Ukuran dan Harga

Jangan sampai beli kasur yang terlalu besar dan malah menghabiskan ruangan kamarmu. Misalnya saja kamar ukuran kos-kosan mahasiswa diisi kasur ukuran King Size, ya jadi sempit toh? Terakhir, cek juga harganya. Saranku, jangan pelit-pelit amat soal beli kasur ini, karena bakal jadi tempat istirahatmu untuk jangka waktu yang lama. Kalau ukuran dan harga juga sudah cocok, cus beli deh!

Sekilas Tentang Serta Matress


Pernah dengar soal Serta Mattress? Ini matras atau kasur unggulan dari Amerika Serikat, dengan tagline, "Always Comfortable". Aku setuju banget nih, kalau ada orang bilang bahwa beli kasur itu sama dengan investasti kesehatan.

Serta Mattress ini memiliki dua komponen utama dalam setiap produknya, yaitu comfort dan support. Comfort merupakan lapisan atas kasur yang memberi kenyamanan saat bersentuhan langsung dengan tubuh. Serta Mattress memberikan rasa rileks dan mengurangi gangguan selama tidur. Sementara support merupakan bagian pendukung yang berada di bawah kasur dalam bentuk pegas dan lateks. Bagian ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang belakang dan memperbaiki postur tidur.

Kasur dari Serta Mattress ini juga disempurnakan dengan teknologi 7-Zone Pocket Spring yang mengikuti lekuk tubuh secara sempurna. Jadi, baik tidur menghadap atas ataupun menyampin, bakal selalu nyaman!

Selain dua komponen utama, ada beberapa firut Serta Mattress yang cukup menarik, yaitu:
  • Adaptive Dynamic Cooling System, yaitu teknologi dalam kain kasur yang membuat permukaannya dapat menyesuaikan dengan temperatur tubuh. Jadi, saat kita tidur, temperatur kasur akan jadi lebih sejuk dan nyaman.
  • Luxurious Comfort Layer, yaitu jenis kain paling luar yang berasal dari Belgia. Di dalanya ada bahan wool dan latex.
Investasi nggak selalu soal skin care, asuransi, dan harta. Kasur juga penting buat investasi masa depan! Jangan dianggap remeh ya, gaes! Kalau selama ini bangun tidur badan berasa sakit, mungkin itu artinya kasur sudah harus diganti. 😉 

A post shared by Marga | Food & Travel Blogger (@margaapsari) on

--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

10 comments

  1. Aku kaget aku kira aku salah masuk rumah, karena foto headernya fotonya Kania, ternyata bener ini blognya Marga hahaa..

    Iya aku setuju. kualitas kasur mempengaruhi kualitas tidur. dan aku baru tahu tuh tips sebelum tidur, terutama kafein and gak boleh lihat blue light. Soalnya tiap sore aku selalu ngopi sore dan gak lihat gadget itu kayaknya gak mungkin banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha kemarin Mba Kania cobain chalenge pake pendulum gitu, seru banget :))
      Aku sekarang mulai belajar taro hp di meja baru ke kasur buat tidur. Kadang masih suka gatel pengen ngecek hp sih hahaha

      Delete
  2. setuju banget kalo kasur yang baik juga ikut menentukan kualitas tidur, pernah soalnya ngalamin waktu baru awal nikah beli kasur yang keliatannya doang bagus, pas dipake tidur pegel-pegel dan gak pules, hihihi..

    ReplyDelete
  3. Ini jelasss nyindir akohhhh. OMG, aku tidurnya berantakan banget. Malam jadi siang, pagi jadi malam, siang ya tetep aja siang hahahahha. Gimana dong Marga. Malam itu internet lancar jaya, hening, ngga ada giat ini itu jadi tenang klo mau kerja, akibatnya tidur jd terabaikan. Cobaaaa kirimin dulu Sertanya sama aku hahahah biar aku bisa bobok cantik tik tik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha dulu aku kayak gitu zaman kuliah, dan waktu kerja masih seriiiing banget lembur. Sampai jadwal tidurnya geser. Tapi pelan-pelan bisa berubah :D

      Delete
  4. Setuju.

    Kalo malamnya ngga tidur nyenyak atau berkualitas, besoknya pasti badan kurang fit dan ... bawah mata muncul kayak panda punya lingkaran item 😁

    ReplyDelete
  5. setuju banget, kalau tidur kurang baik dan berkualitas tempatnya, maka tidur jadi tidak enak dan bagnun juga tidak fresh

    ReplyDelete
  6. Btw di acara ini kmrn terkuak sudah banyak sekali yg mengalami gangguan tidur yg suka banget tidur laruuuttt hihihi akuh juga hikzzzz.... Tapi kalau kasurnya serta aku pasti gampang deh tidurnyahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, dulu juga aku akhirnya beli kasur yang harganya 'lumayan' dan alhamdulillah tidurnya jadi lebih nyenyak dan enaaakkk. Kualitas kasur pada akhirnya emang ngaruh sama kenyamanan tidur :D

      Delete
  7. Musti jauh dari hape biar bisa cepet tidur,, kasurnya yg bahannya adem trus idupin ac deh,,

    ReplyDelete