Wisata Wajib Cirebon: Belanja di Batik Trusmi & Makan Empal Gentong H. Apud

5:39 PM

Wisata Wajib Cirebon


Hello!

Sebenarnya perjalanan ke Cirebon ini udah sewaktu lebaran tahun lalu. Tapi rasanya kurang afdol kalau nggak sharing di blog ya!

Ada beberapa tempat wisata yang aku kunjungi sewaktu ke Cirebon, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, sampai dengan belanja. Berhubung waktu pergi ke Cirebon ini sama keluarga, jadi pastinya belanja ada di dalam itinerary. Tau ngga sih kalau Cirebon ini terkenal dengan salah satu pusat grosir batik terbesar di daerah Jawa Barat?

Belanja di Batik Trusmi, Cirebon

Lokasi Kawasan Wisata Sentra Batik Trusmi ini terletak di Jl. Raya Plered-Cirebon, sekitar 1 km dari gerbang tol Plumbon. Gapura penunjuknya cukup besar, pasti langsung terlihat kok.  Di balik gapura ini adalah Jl. Syekh Datul Kahfi, dan di sinilah berbagai toko batik berjejer.

Kawasan Batik Trusmi

Toko batik yang terbesar di jalanan ini adalah Batik Trusmi. Letaknya di sebelah kiri jalan. Di dalam toko Batik Trusmi ada macam-macam, mulai dari kain sampai dengan baju batik yang sudah jadi. Motif batiknya-pun ada berbagai macam. Senang banget lihatnya! Harganya juga lumayan variatif, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tergantung dari kualitas batik dan kain yang digunakan.

Batik Trusmi Cirebon
Batik Trusmi Cirebon
Jika kamu ingin belanja kain batik untuk seragam, di sini bisa jadi tempat yang sangat tepat. Soalnya tiap motif stoknya ada banyak. Konsultasikan saja kebutuhanmu pada staff di Batik Trusmi, karena mereka sangat ramah dan informatif. Selain baju batik, di sini juga ada berbagai benda yang cocok dijadikan oleh-oleh. Sebut saja camilan, gantungan kunci, sampai dengan berbagai model tas wanita. Untuk bapak-bapak, di samping Batik Trusmi ini juga tersedia kafe yang nyaman untuk nongkrong sambil nunggu ibu-ibunya belanja.

Batik Trusmi Cirebon
Berbagai jenis motif batik ada di sini!
Batik Trusmi Cirebon
Belanja kain seragaman
Harga di Batik Trusmi terlalu mahal? Bisa juga jalan susurin jalanan ini, dan mampir ke toko-toko lain. Btw, waktu itu aku bahkan nemu kemeja batik yang bagus, harganya cuma Rp25.000 aja. Udah setahun pemakaian ngga berubah kok warna dan bentuknya! Hahaha. Aku juga dapat kain batik seragaman, kualitasnya sama dengan yang dijual di Thamrin City, tapi harganya Rp20-30.000 lebih murah. Lumayan banget bok, apalagi kalau belinya banyak kan.

--------------------------------------------------------------------------------

Batik Trusmi
Jl. Syekh Datul Kahfi No.148
Plered, Cirebon




Makan Siang di Empal Gentong Haji Apud

Setelah capek belanja, sebaiknya isi perut dengan kuliner lezat khas Kota Cirebon yang satu ini. Empal Gentong Haji Apud terletak di Jl. Tuparev, sekitar 10-15 menit perjalanan dari Batik Trusmi dengan mobil. Parkiran di sini selalu ramai, kalau aku sih parkir di belakang gedung, ada tanah kosong gitu. Jangan cemas nggak dapat parkir, karena abang tukang parkir di sini bakal ngebantu banget.

Suasana di Empal Gentong H. Apud
Suasana di Empal Gentong H. Apud
Suasananya ramai banget. Untungnya menu di sini cuma ada tiga, jadi nggak lama milihnya. Staff juga benar-benar cepat tanggap mencatat pesanan dan melayani kebutuhan kita. Menu wajib coba di sini adalah Empal Gentong (Rp23.000) dan Sate Kambing (Rp40.000). Daging di dalam empal gentongnya lembut banget, kuahnya ringan di tenggorokan. Rasa gurih dari santannya yummy banget! Kalau ditambah jeruk nipis sedikit bakal lebih mantep sih.

Menu Empal Gentong H. Apud Cirebon
Empal Gentong - Rp23.000
Menu Sate Kambing Empal Gentong H. Apud
Sate Kambing - Rp40.000
Sate kambingnya nggak bau sama sekali! Recommended pakai bumbu kecap biasa aja. Sayangnya sate kambing-nya banyak banget lemaknya. Jangan sampai kalap kalau makan kambing ya tapi, hati-hati darah tinggi...

--------------------------------------------------------------------------------

Empal Gentong Haji Apud
Jl. Tuparev, Kesambi
Kedawung, Cirebon




Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

21 comments

  1. Sudah lama pengen ke cirebon tapi masih blm kesampaian, pdhl dekat ya mbaa.. makasih infonya mba ;$

    ReplyDelete
  2. Belanja batik lalu makan empal gentong...beughh kombinasi jalan2 ke cirebon yang asyik banget ini..

    ReplyDelete
  3. kalo aku mah paling kangen sama kerupuk melaraaaaaat... nikmat dan sehaaat :)

    ReplyDelete
  4. Empal gentongnya harus dicoba kalau ke Cirebon. Saya Empal Gentong Hunter

    ReplyDelete
  5. Empal gentong, nasi yang pake daun itu (nasi jamblang) juga beli aneka manisan itu rasanya wajib di Cirebon hehehe. Salam mba Marga:)

    ReplyDelete
  6. Yess,,, aku juga udah pernah kesini,... rame teruss ya disini.
    Dan cabangnya dia juga banyak ya, yang namanya hampir2 serupa .
    harus tau yang asli yang mana :)

    ReplyDelete
  7. Batik Trusmi selalu rameee, mau hari biasa atau weekend sama ramenya

    ReplyDelete
  8. Empal gentong dan satenya bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  9. kemeja batik 25 ribuan? wwoowwww... bisa beli banyak nih... trus dijual lagi hihi

    ReplyDelete
  10. tiap mudik pasti lewat cirebon, klo lagi gak buru2 suka mampir ke batik trusmi, niatnya beli batik 3 bijik bisa khilaf jadi berbiji2, alesannya buat kondangan, arisan dll hehehe

    ReplyDelete
  11. Aku asli orang Cirebon. Wah, kalo mudik atau pulang patut dicoba nih empal gentong H. Apud. 😱😋

    ReplyDelete
  12. Laper saya....
    batiknya borong aja mba,ntar di jual lagi. murah amat sih.

    ReplyDelete
  13. Aku baru sekali ke cirebon, dan kalap di trusmi. Hahaha

    ReplyDelete
  14. Pingin ngerasain langsung Empal Gentong di Cirebon....yang asli...

    ReplyDelete
  15. Aduuuh Cirebon yaaa, wisata kulinernya tidak boleh dilewatkan. Langsung dicatat nih buat referensi kalau mau ke Cirebon.

    ReplyDelete
  16. Aku biasanya cuma lewat cirebon kalau mau ke tegal. Next aku mau mampir kesini, batiknya murah2 yah

    ReplyDelete
  17. Aih beneran kemeja batik 25ribu? Aku baru aja beli 259ribu wah jd pengen kesana beneran

    ReplyDelete
  18. harga batiknya kayak di jogja ya, mbak? murmer
    wah, harus agendakan jalan2 ke cirebon ini kalo pas main ke jabar

    ReplyDelete
  19. Empal gentong mailaaaff.
    Pas ke sana sempet khawatir harganya kemahalan karena dia udah terkenal. Untungnya pas bayar harganya rasional ya, rasanya pun enyak!

    ReplyDelete