Tips Seru Biar Nyaman Berpetualang Naik Bus dari Jakarta ke Yogyakarta

9:59 AM


Hello!

Apa rencana liburan musim panasmu tahun ini? Pergi ke Yogyakarta? Selain menyusuri sudut-sudut kotanya yang sarat dengan sejarah dan budaya, awali juga liburanmu dengan cara yang anti-mainstream. Mungkin sebuah pengalaman baru bakal membuat petualangan makin seru dan menyanangkan. Kalau sudah terlalu sering naik pesawat terbang atau kereta api ke Yogyakarta, sesekali coba juga beli tiket bus malam, dong!

Mengapa bus malam? Angkuatan darat ini nggak hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga banyak hal unik yang bakal kamu jumpai, sebelum, atau saat berada dalam perjalanan. Mulai tantangan saat beli tiket bus, sampai harus memberanikan diri mengingatkan sopir yang gaya mengemudinya terlalu arogan. Terlepas dari suka-duka sebagai penumpang bus, berikut adalah tipas agar perjalanan liburan ke Yogayakarta dengan menggunakan bus jadi lebih aman dan nyaman.

Beli Tiket Bus Online

Pesan tiket bus di aplikasi Traveloka

Bus jaman now nggak seperti bus tahun 90-an. Dulu, penumpang 100% nggak akan mendapatkan seat kalau nggak datang ke agen perjalanan, atau ke terminal bus terdekat.

Sekarang sih beda. Nggak kalah dengan pesawat terbang ataupun kereta api, kini sudah tersedia aplikasi pemesanan tiket bus di Traveloka. Ini sangat memudahkan para penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan bus. Nggak perlu lagi deh jauh-jauh pergi ke terminal cuma untuk booking tempat duduk. Tinggal tentukan rute dan tanggal keberangkatan di Traveloka, kemudian pilih bus yang melayani trayek menuju Yogyakarta.

Pilih Bus yang Mengutamakan Kenyamanan Penumpang

Ada banyak perusahaan otobus yang melayani trayek Jakarta ke Yogyakarta. Masing-masing tentu memiliki keunggulan tersendiri. Ada yang lebih mengutamakan kecepatan, ada pula yang santai tapi punya pelayanan dalam bus yang jempolan. Mulai dari tontonan menarik sampai kebersihan interior yang terjamin. Nah, kamu pilih yang mana? Pertimbangkan dulu sebelum beli tiket bus di Traveloka.

Sebaiknya Jangan Isi Perut dengan Makanan Berat

Hindari kondisi perut terlalu penuh
Setiap penumpang bus malam jarak jauh biasanya diberi jatah satu atau dua kali makan. Untuk yang mendapatkan jatah makan malam, pertimbangkan untuk nggak mengisi perut dengan makanan berat dan porsi yang banyak, apalagi ditambah sambal. Mungkin dengan segelas teh hangat saja sudah cukup. Alasannya, jarak yang sangat jauh antara Jakarta-Yogyakarta bisa bikin kamu kerepotan saat perut terasa melilit.

Pilih Bus yang Dilengkapi Toilet

Jarak perjalanan yang sangat jauh pasti bakal bikin kamu ingin buang air. Biar nggak kebingungan gara-gara nggak tahu harus buang air kecil di mana, selalu pilih bus yang dilengkapi toilet. Perlu dicatat bahwa toilet bus itu cenderung kecil dan sempit, mengingat body bus yang tidak sebesar itu. Jadi, bersiaplah untuk mengalami sedikit kesulitan saat buang air kecil.

Bawa Obat-obatan dan Baju Tebal

Pakai sweater jangan lupa! Image via Unsplash

Untuk mengusir dingin, terutama dalam bus-bus yang tetap menyalakan AC di malam hari, sebaiknya kenakan jaket / sweater, syal, dan kaos kaki. Oleskan juga minyak angin agar badan tetap hangat dan daya tahan tubuh terjaga dengan bik.

Naik bus ke Yogyakarta, siapa takut? Segera booking tiket bus mulai sekarang, biar nggak kehabisan dan bisa langsung berangkat tanpa khawatir bangkunya diserobot orang!

--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

1 comments

  1. Naik bis yang ada fasilitas toiletnya kadang kenapa ya nimbulin bau ngga sedap di ruangan bis ... terutama di deretan kursi bagian belakang.
    Jadi kalo pas bepergian naik bis ac dilengkapi fasilitas toilet, aku memilih dulu deretan kursi bagian depan.
    Kalau sisa kursi hanya di deretan bagian belakang, aku pilih bis yang lainnya.

    ReplyDelete