5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran

10:50 AM

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran

Hello!

Selain jenis kamera yang dipakai, pertanyaan terbanyak kedua yang sering kudapat adalah, "Kok bisa sih tetap fit padahal jalan-jalan mulu? Apalagi sambil kulineran, asupannya kan sering jadi nggak kekontrol?" Benar banget nih, biasanya kalau lagi mengunjungi tempat baru, ada aja ingin coba segala menu khasnya. Mulai dari daging kambing sampai yang manis-manis (banget). Kalau asal-asalan, bisa-bisa malah kena diabetes atau malah darah tinggi.

Duh, amit-amit deh kalau sampai sakit saat traveling. Bukannya menikmati, yang ada malah repot! Dulu aku sempat masuk UGD saat liburan ke Lhokseumawe. Kehilangan 1 hari buat menikmati suasana di sana deh, hikssss 😭

Padahal, sebenarnya supaya bisa tetap sehat saat traveling itu gampang-gampang-susah. Iya, banyakan gampangnya daripada susahnya.

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran

Singkat cerita, di blog post kali ini, aku mau sharing beberapa hal yang biasanya aku lakukan saat traveling sambil kulineran biar badan tetap sehat dan fit. Nggak susah kok buat dicoba, siapa tau cocok juga dengan cara-caraku ini. Baca terus sampai habis ya!

1. Tetap Aktif, tapi Jangan Lupa Istirahat

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran
Istirahat sejenak di beach club sambil menikmati angin sepoi-sepoi~
Liburan emang asyiknya jalan-jalan. Mulai dari mengunjungi tempat yang mainstream, sampai yang hidden gem. Terus bergerak aktif selama liburan emang bikin tubuh terasa lebih segar dan sehat. Tapi, di sela-sela semua aktivitas yang padat dari pagi sampai malam itu, jangan lupa luangkan waktu untuk beristirahat.

Supaya nggak terlalu buang-buang waktu liburanmu, kamu bisa kunjungi salah satu spot wisata yang menyediakan tempat bersantai. Kongkow-kongkow menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati air kelapa bakal seru juga, toh?

2. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan sampai dehidrasi saat liburan! Saat kamu memiliki aktivitas yang padat dan matahari lagi terik-teirknya, tubuh pastinya akan butuh lebih banyak cairan. Maka dari itu, pastikan kamu minum cukup air putih. Jangan tunggu haus dulu baru minum. Ada baiknya juga kamu membawa air minum di setiap perjalananmu.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran
Avocado toast yang kelihatan sehat banget!
Kalau bicara soal jalan-jalan, rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba kuliner khas setempat, kan? Misalnya, kalau ke Yogyakarta, rasanya nggak lengkap kalau nggak makan gudeg atau sate kambing.

Namun, makanan memang memiliki pengaruh besar dalam kesehatan. Tetap konsumsi makanan yang sehat di sela-sela itu semua ya! Kamu bisa pilih tempat makan yang vegetarian-friendly atau menyajikan sayur-mayur.

4. Minum Jamu untuk Jaga Stamina

Supaya tubuh tetap segar, sesekali minumlah jamu yang kaya manfaat. Kalau aku, sering bawa-bawa Herbadrink, jamu sachet-an yang praktis banget. Salah satu jamu praktis yang bisa kamu cobain juga adalah Sari Jahe, Sari Temulawak, dan Lidah Buaya dari Herbadrink.

Herbadrink Sari Jahe
Kalau Herbadrink Sari Jahe, diseduh hangat-hangat sambil istirahat di penginapan. Jahe alami ini banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti menghangatkan tubuh dan membuatnya rileks. Ini juga dapat meredakan masuk angin, kembung, dan mual. Tiga hal yang sering aku rasain kalau lagi jalan-jalan. Minuman ini rasanya jahe banget, segar dan bikin badan jadi hangat~

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran
Herbadrink Sari Temulawak
Kalau Herbadrink Sari Temulawak, aku lebih suka disajikan dingin. Cuma perlu dilarutkan ke segelas air, lalu aduk sebentar. Jadi deh! Rasanya segar banget, dan ada sedikit manis di tengah-tengah rasa jamunya yang kuat. Fungsi sari temulawak ini adalah untuk memperbaiki fungsi pencernaan dan menjaga kolesterol. Biasanya aku minum ini kalau habis nguliner sampai nggak karuan. Hahaha.

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran
Herbadrink Lidah Buaya
Sama dengan yang sebelumnya, Herbadrink Lidah Buaya juga aku lebih suka dinikmati dengan air dingin. Kadang-kadang, aku suka tambahin buah-buahan di dalamnya biar lebih segar. Tapi kalau lagi traveling sih, biasanya seduh aja langsung nggak ditambah apa-apa lagi. Supaya lebih simpel! Kalau varian Herbadrink yang ini, rasanya lebih ringan dan nggak jamu banget. Ada sedikit manis-manisnya gitu.

Nah, untungnya, semua produk Herbadrink ini dikemas dengan praktis dan higienis. Tinggal seduh, kelar. Cocok buat dibawa bepergian.

5. Jaga Kebersihan

Last but not least, ini juga nggak kalah penting dengan 4 tips sebelumnya. Kalau lagi jalan-jalan, jangan malas cuci tangan ya! Ini adalah salah satu hal yang paling mudah, tapi banyak orang yang malas untuk melakukannya.

Terutama sebelum makan dan setelah buang air. Cuci tangan bisa bantu menangkal kuman dan bakteri untuk menyerang tubuh. Walau cuci tangan terbaik adalah dengan air mengalir dan sabun, tapi kamu bisa mengantongi hand sanitizer di tas untuk digunakan saat kepepet. Better safe than sorry!

5 Tips Tetap Sehat Saat Traveling Sambil Kulineran
Tetap bisa senyam-senyum walau habis kulineran makanan yang kurang sehat
Di antara 5 rips yang telah disebutkan di atas, ada yang sudah sering kamu lakukan saat traveling kah? Kalau punya tips tambahan lainnya, boleh banget untuk sharing di kolom komentar, supaya pembaca lain juga dapat insight baru.

Happy traveling!

--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

26 comments

  1. Keren banget ini food blogger idolaku, ternyata ini toh rahasianya Marga

    ReplyDelete
  2. Selalu ngiler dan pengen piknik deh kalau mampir ke Blog kak Marga haha ga kuat euy sama foto-fotonya. Btw aku kalau minum Herbadrink selalu di tambah es soale jadi lebih seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka pakai es, terutama yang lidah buaya. Kalau jahe lebih suka diseduh hangat :D

      Delete
  3. Hahahaaa..kaya aku kalo pergi2 suka bawa sari jahe, buat stamina dan menghangatkan tubuh..

    ReplyDelete
  4. gustiiii... itu lompat tandemnya kek mantili sama lasmini lagi pamer ilmu kanuragan :)

    ReplyDelete
  5. Keceh lompatannya bener jiga sih ya minum air putih yang bikin kita sering lupa nih.

    ReplyDelete
  6. jam segini, baca blognya Marga, ku makin lapar liat poto-poto makanannya.

    ReplyDelete
  7. Jalan jalan dan kulineran bikin lupa segala hal, termasuk makan. Saking senangnya . herbalink minum jamu tanpa harus menunghu tukang jamu lewat.

    ReplyDelete
  8. Wah kalo traveling nggak kulineran, itu ada yg kurang

    ReplyDelete
  9. Jamu kunyit asem paling suka aku mah. Sering bikin sendiri taroh di botol beling terus simpen kulkas deh. Panas panas buka kulkas langsung yg seger asem mania tp menyehatkan. Nah klo lg travelling blm nyoba sih versi instantnya, coba deh. Thanks ya

    ReplyDelete
  10. Ngebayangin ke puncak, malem2 makan jagung bakar ditemani sari jahe panas. Beuhhhhh nikmattt

    ReplyDelete
  11. Udah minum jamu nih hahaha. Jalan jalan kadang keasyikan memang jadi lupa atau nunda nunda ya kayak minum atau makan. Kesehatan adalah hal penting biar makin banyak tempat bisa kita datengin ya kak

    ReplyDelete
  12. saya susah banget minum jahe tapi ternyata pasangan suka minum jahe, jadi kadang-kadang minum juga dengan sedikit terpaksa :D

    ReplyDelete
  13. hhihi minum jamu aku sukaaa, rasanya khas manfaatnya juga bagus ya kak

    ReplyDelete
  14. wiihh sweegeer, penasaran sama rasa lidah buayanya. yes aku setuju jangan lupa minum air yg banyaak saat traveling biar ga dehidrasi

    ReplyDelete
  15. wah iya banget nih, stiap jalan2 kadang lupa utk istirahat saking serunya.. makasih ya tispnyaaa...

    ReplyDelete
  16. Bener banget tuh..jalan2 tapi tetep harus jaga kondisi tubuh. Herbadrink ini praktis banget ya, jadi walau sedang travelling masih tetep bisa minum jamu tanpa beli ke bakul jamu gendongan ya.

    ReplyDelete
  17. Saya selalu pastikan saya tidak makan dengan terlalu lebih apabila pergi bercuti di mana-mana tempat pun. Saya selalu kawal ketat dengan pemakanan yang sihat.

    ReplyDelete
  18. Aku gagal fokus sama makanannya mba, duuh bikin ngiler

    ReplyDelete
  19. Minuman andalan aku klo lagi flu. Langsung plong hidungnya..

    ReplyDelete
  20. Yang foto nomer satu marga-nya mana yaaa istirahat motoin orang :D :D

    ReplyDelete
  21. Ngiler sama avocado toastnya malahan.

    Aku belum nyobain herbadrink nih. Rasanya kayak apa ya?

    ReplyDelete
  22. Saya kadang nyiapin travelling bareng temen-temen, memang harus dijaga kesehatan apalagi kalau travelling ke pegunungan atau survival. Bisa kacau bin berantakan kalau kesehatannya terganggu

    ReplyDelete