Pentingkah Memperhatikan Nilai Gizi Pada Kemasan? Tentu Saja!

4:28 PM

Hello!

Selama ini kita selalu gembar-gembor soal pentingnya memperhatikan pola makan, minum, dan gizi yang seimbang. Memang, asupan tubuh ini sangat penting, karena memiliki pengaruh yang sangat besar buat tubuh.


Nah, di blog post ini aku nggak cuma bahas makanan seperti biasanya, tapi juga seputar kandungan gizi yang baik buat tubuh.

Baca selengkapnya ya!

Tentang Pola Makan yang Dianjurkan

Kalau dulu kita cuma tahu sebatas 4 sehat 5 sempurna, sekarang malah Kementerian Kesehatan RI udah bikin pola makan sehat yang lebih detail lagi. Jadi dalam 1 piring ada 2/3 porsi karbohidrat, 1/3 porsi protein, serta 1/2 porsi sayur dan buah.

Tapi, sebagai food blogger, rasanya hampir semua makanan aku embat. Mulai dari junk food, all you can eat protein, sampai dengan segala macam dessert, semua dilahap.

Padahal, apa yang kita makan dan gaya hidup itu pengaruh banget sama kesehatan. Misalnya aja, kamu malas olahraga dan makan asal-asalan. Nggak makan buah dan sayur, maunya makanan instan aja. Akibatnya, badan jadi terasa lebih cepat lesu, gampang terserang penyakit, dan sebagainya. Makanya, banyak banget yang selalu menekankan kita buat selalu konsumsi pola makan yang seimbang.

Bagaimana dengan Pola Minum, Apakah Penting Juga?

Tentu saja! Selain makan, asupan minum juga penting untuk diperhatikan.

Satu hal yang paling mendasar untuk diketahui adalah bahwa kita perlu minum air minimal 8 gelas sehari atau 2-2,7 liter, tergantung aktivitas dan berat tubuh.

Kita dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum. Bahkan, sebaiknya kita minum sebelum merasa haus, sebab kalau sudah haus artinya tubuh sudah mulai dehidrasi. Minumlah sebelum dehidrasi terjadi!

Lalu, apakah itu artinya kita nggak boleh konsumsi makanan dan minuman kemasan? Ngemil itu masih boleh kok, asal dalam batasan wajar.

Yang Tidak Kalah Penting, Memperhatikan Nilai Gizi Pada Kemasan

Cerdas memilih makanan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan kita itu wajib hukumnya! Ada baiknya kita jangan sekedar, "Ah yang penting ini enak rasanya."

Setiap makanan atau minuman kemasan pastinya punya kolom informasi nilai gizi, takaran saji, dan jumlah sajian per-kemasannya. Rata-rata minuman kemasan biasanya dianjurkan untuk 2 kali penyajian. Jadi misalnya pagi minum setengah botol, malam setengah botol lagi. Mau minum sekaligus 1 botol? Sah-sah saja, tapi siap-siap deh hitung asupan gula dan kalori 2 kali lebih banyak dari angka-angka pada informasi nilai gizinya.

Ada juga nih, makanan dan minuman kemasan yang mencantumkan nilai gizi per-50 gram, padahal 1 kemasan beratnya 500 gram. Nah lho, kali ini asupan gula dan kalori yang masuk ke tubuh bakal 10 kali lebih banyak 😱

Sekarang jadi kebayang kan, pentingnya memperhatikan pola makan, minum, serta informasi nilai gizi pada kemasan? Jangan sampai keburu sakit baru kita peduli, sebaiknya dimulai dari sekarang.

Selamat menjalani pola hidup yang lebih sehat!


--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

0 comments