Blog Kuliner & Perjalanan Marga

In Style Hong Kong Blogger Gathering @ Hong Kong Cafe, Jakarta

Hello!

Beberapa waktu lalu, aku diundang untuk menghadiri acara In Style Hong Kong Blogger Gathering yang berlokasi di Hong Kong Cafe. In Style Hong Kong adalah sebuah kampanye berskala besar yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), bertujuan untuk menyorot gaya hidup serta kreativitas Hong Kong yang dinamis dan unik.

Kuliner Hong Kong

Macam-macam Kuliner Hong Kong

Kuliner Hong Kong sudah cukup terkenal di Indonesia, khususnya Jakarta. Salah satu restoran yang menyediakan makanan a la Hong Kong adalah Hong Kong Cafe, yang terletak di Jalan Sunda, Jakarta. Acara blogger gathering yang diselenggarakan di kafe ini menghadirkan Walter Kei, seorang celebrity chef yang memberikan demo memasak tiga kuliner khas Hong Kong; Beef Roll With Vegetables sebagai hidangan pembuka dan Steamed Chicken with Chinese Mushroom sebagai hidangan utama. Pada kesempatan itu, para blogger juga berkesempatan untuk mencoba salah satu signature dish Chef Walter Kei yaitu Banana Brulee with Chinese Sticky Ball sebagai hidangan penutup.

Celebrity Chef Walter Kei

Demo masak oleh chef Walter Kei

Celebrity chef asal Hong Kong, Walter Kei, telah mempublikasikan buku panduan wisata dan memasaknya yang berjudul “Kei’s Kitchen”. Selain memasak, kegiatan lainnya adalah menulis hingga 30 artikel perbulannya untuk diterbitkan di media massa. Kei juga memiliki sekolah masak dan toko hampers yang menjual produk-produk premium.

What We Made; Banana Brulee with Chinese Sticky Ball (Rice Dumpling)

Pada acara ini, para blogger berkesempatan untuk mencoba memasak salah satu signature dish chef Walter Kei, yaitu Banana Brulee with Chinese Sticky Ball. Proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak memeakan waktu lama. Para sesi ini, aku berkelompok dengan teman-teman dari Indonesian Food Blogger.

Bahan:
– 1 buah pisang
– 100 gr tepung beras ketan
– Air
– Tepung kacang

Isian Rice Dumpling:
– 3 sdm selai kacang
– 4 sdt icing sugar
– 2 sdm kacang almond
– Serpihan cokelat
– Gula putih

Cara Membuat:
1. Belah pisang menjadi dua, bungkus dengan plastik wrap dan bekukan di kulkas selama 20 jam,
2. Untuk membuat dumpling, campur tepung beras dan air sedikit demi sekit, uleni hingga adonan merata,
3. Buat isian dumpling di wadah yang berbeda, campur selai kacang dan icing sugar hingga rata,
4. Ambil adonan dumpling, pipihkan dan tambahkan isian kacangnya, lalu bulat-bulat adonan hingga berbentuk bola, kemudian balurkan dengan sedikit tepung beras agar saat dikukus tidak lengket,
5. Rebus air dalam panci, lalu masukkan dumpling. Masak hingga dumpling matang dan mengembang, lalu angkat dan tiriskan,
6. Balur kembali dumpling dalam tepung kacang dan cokelat sesuai selera,
7. Buat karamel di atas pisang dengan cara menaburkan gula di atasnya, lalu gunakan blow torch hingga gula berubah menjadi karamel,
8. Tata dumpling di sekitar pisang, sajikan.

Banana Brulee with Chinese Sticky Ball a la blogger grup 1
Tekstur dumplingnya sangat empuk dan kenyal. isiannya juga tidak berlebihan. Sementara itu, karamel pada pisang memberi tekstur renyah. Manisnya pun tidak berlebihan. Kamu juga bisa menambah kacang pada hidangan ini untuk memberi ekstra rasa ‘kres-kres’. Definitely recommended buat hidangan penutup atau cemilan di sore hari!

Hidangan Hong Kong Cafe Lainnya

Para blogger yang hadir di acara ini juga berkesempatan mengintip menu-menu terbaik di restoran ini dan mencicipi sebagian dari menu-menu tersebut.
Steamed Chicken & Prawn Dumpling (Siew Mai)

HK Crispy Fried Carrot Cake
Steamed Chicken with Chinese Mushroom

HKC Special Baked Rice
Mango Fantasy & Mango Kiwi Shaved Ice

Fried Chicken Orange Sauce
Tanggal 17-19 September 2015 mendatang, HKTDC akan mengadakan acara In Style Hong Kong. Pada acara itu terdapat trade expo yang menampilkan 100 brand gaya hidup Hong Kong, sebuah simposium layanan bisnis. Selain itu, akan terdapat gala dinner kelas atas untuk menyambut 500 pejabat dan pemimpin bisnis terkemuka dari Indonesia dan Hong Kong. Untuk pre-registrasi acara ini, bisa buka http://bit.ly/ishkfbb. Untuk info selengkapnya, bisa cek www.hktdc.com dan http://instyle-hk.com
——————————————————————————
Hong Kong Cafe
Jl. Sunda no 5, Menteng, Jakarta
—-
In Style Hong Kong Facebook: www.facebook.com/HKTDC.Jakarta
In Style Hong Kong Twitter: www.twitter.com/HKTDC_Jakarta
——————————————————————————
Thank you for reading,
See you on the next post!
Love,
Marga
-6.2087634106.845599