Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Menikmati Kuliner India di Zanas Indian Fusion, Jakarta

Hello!

Pernah coba masakan India? Aroma rempah-rempah dan bumbu yang tajam menjadi ciri khas masakan India. Aku sendiri sebenarnya baru beberapa kali menikmati masakan India, sewaktu liburan di Medan dan Malaysia. Rasanya yang otentik membuatnya tidak terlupakan.

Sayangnya, di Jakarta aku belum menemukan restoran India yang benar-benar menyajikan masakan dengan cita rasa yang otentik. Sampai akhirnya, aku coba Zanas, Indian Fusion.

Letaknya sebenarnya cukup jauh dari daerah tempat tinggal dan kantorku. Zanas Indian Fusion ini terletak di lantai dasar Tower Eboni, Taman Kemayoran Condominium, Jakarta Pusat. Restoran ini tidak terlalu besar, penataannya juga cukup sederahana.

Sekilas Tentang Zanas Indian Fusion

Restoran Zanas yang menjajikan berbagai hidangan otentik khas India ini didirikan oleh pasangan suami-istri Mohan Rupchand dan Rita Tekchand. Nama “Zanas” merupakan singkatan dari huruf depan orang-orang terdekat dari keluarga mereka. Konsep yang dikembangkan oleh restoran ini adalah suasana homey, di mana pengunjung bisa mencicipi hidangan khas India sambil menikmati suasana hangat dan berkumpul bersama orang-orang terdekat.

Metode memasak yang digunakan adalah tandoor, yaitu cara memanggang daging ala Asia Selatan. Daging yang telah dimasak dimasukkan ke dalam oven besar, lalu dibakar di atas kayu bersuhu 480°C.

Menu Andalan Zanas Indian Fusion

Semua restoran tentunya memiliki menu andalan yang biasanya menjadi best-seller. Hidangan spesial yang disajikan oleh Restoran Zanas ini adalah daging kambing yang diolah menjadi berbagai menu makanan dengan bumbu pekat yang lezat. Tidak hanya itu, Restoran Zanas memiliki beberapa menu andalan lainnya yaitu Prawns Kalimirch (udang dalam hot plate), Bacardi Lambs Ribs (hidangan iga yang dimasak tandoor), Naan (martabak khas India), Vegetarian Mancurian (semacam bakwan vegetarian), Chicken Shish Kebab (kebab ayam), Mutton Pawa (hidangan bagian bawah kaki kambing), dan Nasi Goreng Zanas (mirip dengan nasi goreng khas Malang).

Berikut ini adalah beberapa makanan yang aku coba di Restoran Zanas:

Appetizer: Chicken & Paneer Khati Roll, Veg Samosa dan Prawns Kalimirch

Chicken Khati Roll & Paneer Khati Roll 

Hidangan yang satu ini semacam kebab. Rasa bumbunya lumayan tajam, tapi tetap lezat. Dilengkapi dengan saus tamarin yang bikin hidangan satu ini semakin lezat. Oh iya, ini adalah appetizer yang direkomendasikan oleh Mohan Rupchard juga, lho!

Veg Samosa

Makanan ringan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas! Masih dilengkapi dengan saus tamarin yang lezat~

Tava Chicken & Mutton

Hidangan pelengkap untuk nasi biryani. Tava atau kadang ada yang menyebutnya Tawa, adalah alat pan besar yang dipakai untuk memasaknya. Satunya adalah daging kambing (mutton), dan yang agak kehijauan adalah ayam. Bumbunya benar-benar berasa rempahnya!

Hidangan utama: Dum Biryani, Tava Chicken, Togan Josh, Chicken Jalfrazy, dan Prawns Kalimirch

Nah, karena sudah terlalu lapar, akhirnya tumplek-blek jadi satu piring, hahaha.

Dalam piring ini adalah Dum Biryani (nasi biryani), Tava Chicken, Togan Josh, Chicken Jalfrazy, dan Prawns Kalimirch. Saat menikmati appetizer, aku sudah coba Prawns Kalimirch-nya, tapi karena nagih, akhirnya ambil lagi, hehe.

Di sini aku juga coba Masala Tea. Teh khas India yang terbuat diolah dengan kapulaga dan jahe. Rasanya mirip-mirip teh tarik.

Falooda

Selain Masala Tea, minuman yang menjadi andalan di Restoran Zanas adalah Virgin Mojito dan Falooda.

Falooda ini sebenarnya bisa digolongkan sebagai dessert. Isinya adalah falooda sev (mi putih khas India), sirup mawar, biji selasih, mutiara merah, es krim vanilla, dan kacang pistachio. Rasanya? Segar dan manis!

***

Kelebihan makanan India memang terletak pada bumbunya yang membawa kelezatan yang otentik pada tiap makanannya. Bumbu-bumbu yang dipakaipun merupakan bumbu tradisional, jadi baik untuk kesehatan tubuh, lho!

Mau tahu lebih banyak lagi soal Restoran Zanas? Kamu bisa kepoin info berikut ini:

Zanas Indian Fusion
Taman Kemayoran Condominium, Tower Eboni, Lt. Dasar
Jl. Haji Benyamin Sueb, Kemayoran
Jakarta

Tel: 021-65866354
Facebook: Zanas Indian Fusion
Twitter: @ZanasJakarta
Instagram: @ZanasJakarta

Harga: (approx) Rp 250.000 untuk 2 orang
Jam Buka: Senin-Minggu, 11:30-23:30

————————————————————-

Thank you for reading,
Have a great day ahead & see you on the next post!

Love,
Marga