Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Wisata Wajib Cirebon: Belanja di Batik Trusmi & Makan Empal Gentong H. Apud

Hello!

Sebenarnya perjalanan ke Cirebon ini udah sewaktu lebaran tahun lalu. Tapi rasanya kurang afdol kalau nggak sharing di blog ya!

Ada beberapa tempat wisata yang aku kunjungi sewaktu ke Cirebon, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, sampai dengan belanja. Berhubung waktu pergi ke Cirebon ini sama keluarga, jadi pastinya belanja ada di dalam itinerary. Tau ngga sih kalau Cirebon ini terkenal dengan salah satu pusat grosir batik terbesar di daerah Jawa Barat?

Belanja di Batik Trusmi, Cirebon

Lokasi Kawasan Wisata Sentra Batik Trusmi ini terletak di Jl. Raya Plered-Cirebon, sekitar 1 km dari gerbang tol Plumbon. Gapura penunjuknya cukup besar, pasti langsung terlihat kok.  Di balik gapura ini adalah Jl. Syekh Datul Kahfi, dan di sinilah berbagai toko batik berjejer.

Toko batik yang terbesar di jalanan ini adalah Batik Trusmi. Letaknya di sebelah kiri jalan. Di dalam toko Batik Trusmi ada macam-macam, mulai dari kain sampai dengan baju batik yang sudah jadi. Motif batiknya-pun ada berbagai macam. Senang banget lihatnya! Harganya juga lumayan variatif, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tergantung dari kualitas batik dan kain yang digunakan.

Batik Trusmi Cirebon

Jika kamu ingin belanja kain batik untuk seragam, di sini bisa jadi tempat yang sangat tepat. Soalnya tiap motif stoknya ada banyak. Konsultasikan saja kebutuhanmu pada staff di Batik Trusmi, karena mereka sangat ramah dan informatif. Selain baju batik, di sini juga ada berbagai benda yang cocok dijadikan oleh-oleh. Sebut saja camilan, gantungan kunci, sampai dengan berbagai model tas wanita. Untuk bapak-bapak, di samping Batik Trusmi ini juga tersedia kafe yang nyaman untuk nongkrong sambil nunggu ibu-ibunya belanja.

Berbagai jenis motif batik ada di sini!
Belanja kain seragaman

Harga di Batik Trusmi terlalu mahal? Bisa juga jalan susurin jalanan ini, dan mampir ke toko-toko lain. Btw, waktu itu aku bahkan nemu kemeja batik yang bagus, harganya cuma Rp25.000 aja. Udah setahun pemakaian ngga berubah kok warna dan bentuknya! Hahaha. Aku juga dapat kain batik seragaman, kualitasnya sama dengan yang dijual di Thamrin City, tapi harganya Rp20-30.000 lebih murah. Lumayan banget bok, apalagi kalau belinya banyak kan.

——————————————————————————–

Batik Trusmi
Jl. Syekh Datul Kahfi No.148
Plered, Cirebon

Makan Siang di Empal Gentong Haji Apud

Setelah capek belanja, sebaiknya isi perut dengan kuliner lezat khas Kota Cirebon yang satu ini. Empal Gentong Haji Apud terletak di Jl. Tuparev, sekitar 10-15 menit perjalanan dari Batik Trusmi dengan mobil. Parkiran di sini selalu ramai, kalau aku sih parkir di belakang gedung, ada tanah kosong gitu. Jangan cemas nggak dapat parkir, karena abang tukang parkir di sini bakal ngebantu banget.

Suasana di Empal Gentong H. Apud

Suasananya ramai banget. Untungnya menu di sini cuma ada tiga, jadi nggak lama milihnya. Staff juga benar-benar cepat tanggap mencatat pesanan dan melayani kebutuhan kita. Menu wajib coba di sini adalah Empal Gentong (Rp23.000) dan Sate Kambing (Rp40.000). Daging di dalam empal gentongnya lembut banget, kuahnya ringan di tenggorokan. Rasa gurih dari santannya yummy banget! Kalau ditambah jeruk nipis sedikit bakal lebih mantep sih.

Empal Gentong – Rp23.000
Sate Kambing – Rp40.000

Sate kambingnya nggak bau sama sekali! Recommended pakai bumbu kecap biasa aja. Sayangnya sate kambing-nya banyak banget lemaknya. Jangan sampai kalap kalau makan kambing ya tapi, hati-hati darah tinggi…

——————————————————————————–

Empal Gentong Haji Apud
Jl. Tuparev, Kesambi
Kedawung, Cirebon

Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!