Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Pengalaman Pertama One Day Trip ke Nusa Penida, Bali

Hello!

Kemarin ini akhirnya aku kesampaian juga main ke Nusa Penida! Pulau kecil di sebelah timur Bali ini bisa ditempuh dengan boat sekitar 1 jam. Banyak banget trip yang menyediakan jasa buat nganterin jalan-jalan di Nusa Penida ini, mendatangi setiap spot yang populer. Saking banyaknya sampai bingung pilih yang mana…

Anyway, di blog ini aku bakal cerita lengkap tentang pengalaman One Day Trip ke Nusa Penida, Bali. Tempat mana aja yang dikunjungi, kondisi di sana, sampai biayanya. Yuk, baca terus sampai habis!

Pengalaman One Day Trip ke Nusa Penida, Bali

Sewaktu memutuskan mau ke Nusa Penida, ada beberapa teman nyaranin go-show aja, nggak usah pakai trip segala. Maksudnya go-show ini, beli tiket kapal sendiri di Pantai Sanur Bali, terus di Nusa Penida sewa motor dan jalan-jalan sesuka hati.

On the bright side, emang bakal lebih murah, karena katanya total biaya kalau go-show ini bisa nggak sampai Rp350.000 buat berdua. Sementara kalau pakai trip, bisa Rp1.000.000-an untuk dua orang.

Siap-siap untuk lihat laut biru jernih di Nusa Penida!

Ya, kalau lebih banyak peserta trip-nya bakal lebih murah sih, tapi waktu itu aku emang cuma mau berangkat berdua aja.

Setelah hampir dua minggu browsing-browsing soal trip ke Nusa Penida, akhirnya memuutsukan untuk pakai trip Bali Cili. Karena waktu itu ada temanku yang pakai jasa trip ini, dan katanya pelayanannya OK. Rasanya lebih percaya kalau udah ada yang rekomendasiin.

Itinerary One Day Trip ke Nusa Penida, Bali

Meeting point trip ini adalah di Pantai Sanur, di Ananda Beach Restaurant. Ternyata di dekat sini ada tempat penjualan tiket kapalnya. Lumayan ramai dari jam 6 pagi. Ngomong-ngomong, sebenarnya janjiannya jam 7, tapi ternyata aku kepagian, hahaha.

Berangkat ke Nusa Penida

Setelah ketemuan dengan staff trip dan dapat tiket kapal pulang-pergi, aku jalan ke arah pantainya. Di sinilah naik kapalnya. Ngomong-ngomong, buat naik ke kapal, kita kudu nyemplung ke air laut dulu. Jadi aku saranin sih pakai sendal aja. Tapi berhubung di sana bakal banyak trekking, jadi pakai sendal gunung bakal OK banget.

Kapalnya lumayan besar, dan pelampung tersedia di loker atas tempat duduk. Kapasitas kapal ini kira-kira sekitar 60 orang. Semua orang dapat tempat duduk, jadi nggak overload.

Kapal berangkat pukul 8 pagi, dan perjalanan ke Nusa Penida ini memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di sana, sudah ada driver yang akan memandu. Setiap grup bakal naik 1 mobil. Namanya juga private trip.

Kelingking Beach

Tujuan pertama adalah Kelingking Beach. Dari dermaga, memakan waktu sekitar 30 menit. Jalannya banyak yang rusak di sini, dan medannya agak berbukit. Ada untungnya juga nggak jadi sewa motor di sini, susah jalanannya kalau nggak jago-jago amat mah.

Foto wajib di Kelingking Beach, Nusa Penida

 Anyway, sesuai ekspektasi, Kelingking Beach yang udah iconic banget di Nusa Penida ini ramai banget! Untuk spot foto kayak yang di atas ini aja, antrinya lumayan. Sekitar 15 menit. Para driver (merangkap guide) di sini udah tahu persis spot ambil foto yang bagus di mana. Cuma sayangnya, driver-ku nggak pakai aba-aba kalau motretin. Tau-tau jepret. Kelar.

Kalau mau pemandangan Kelingking Beach yang lebih priceless lagi, kudu trekking lebih ke bawah. Nggak terlalu disaranin buat yang one day trip, karena makan banyak waktu buat turun dan naiknya lagi.

Angel’s Billabong & Broken Beach

Lanjut ke spot kedua, yaitu Angel’s Billabong dan Broken Beach. Kedua spot tersebut letaknya sebelahan. Dari Kelingking Beach, naik mobil sekitar 30 menit. Jalannya nggak bagus, jadi kayak off road rasanya, tapi pakai mobil Suzuki APV.

Di sekitar Angel’s Billabong & Broken Beach. Rame banget!

Kelihatan banget karena sekarang lagi musim kemarau, di sini super gersang! Tanamannya kering semua. Ya, tapi kalau ke sininya musim hujan, nggak asyik kan kalau tahu-tahu cuacanya jelek. Ambyar, deh!

Nyemplung di Angel’s Billabong demi foto Instagram yang HQQ

Angel’s Billabong ini kayak semacam kolam alami isi air laut. Indah banget sih emang dilihatnya. Tapi kalau kata driver harus hati-hati, karena rawan kesapu ombak. Katanya juga baru beberapa hari lalu ada wisatawan yang kesapu ombak di sini. Aku nggak berhasil menemukan beritanya sih. Ya tapi mungkin memang lebih baik berhati-hati kalau mau berenang di sini.

Trekking lagi menuju Broken Beach
Broken Beach, Nusa Penida

Lanjut trekking ke bagian agak atas buat lihat Broken Beach. Dilihat dari atas, air lautnya jernih banget! Sejernih itu deh pokoknya! Buat ambil best angle kalau foto di sini, si driver rela sampai manjat pohon. Luar biasa.

Makan Siang di Restoran Lokal

Tempat makan siang dipilih sama driver-nya. Sebenarnya bisa saja sih kalau mau request, tapi berhubung kemarin nggak searching soal kuliner di sini, jadi pasrah saja, nurut sama driver.

Dibawalah ke sebuah restoran yang cukup besar. Ngomong-ngomong, jaringan Internet-ku di sini sama sekali nggak jalan. Baru bisa akses Internet selama di restoran ini, karena ada wifi-nya. Nusa Penida ini jalanannya hancur lebur berantakan, tapi di setiap ada restoran ada wifi.

Suasana restoran
Nasi goreng ayam

Makanan yang aku pesan adalah nasi goreng. Standar lah, karena menunya juga itu-itu aja. Kalau nggak nasi goreng, ya ayam goreng. Ada pizza dan pasta juga sih. Soal rasa….tawar banget. Kayak nggak pakai garam sama sekali gitu. Selama makan jadi menyesal karena nggak searching dulu soal kuliner di sini. Supaya bisa request restoran sama driver, maksudnya.

Crystal Bay

Tujuan terakhir untuk one day trip Nusa Penida hari itu adalah Crystal Bay. Jalanan menuju area ini bagus, udah diaspal. Jadi mobil juga mulus jalannya!

Bersantai di Crystal Bay

Di sepanjang perjalanan, banyak penginapan yang tampaknya bagus-bagus. Setelah searching di aplikasi traveling, ternyata penginapan di sini memang banyak yang berkualitas. Mungkin kalau menginap di Nusa Penida, bisa di daerah sini. Jadi explore pulau ini jadi lebih santai!

Di Crystal Bay ini sebenarnya nggak ada kegiatan khusus. Cuma duduk-duduk aja. Ada banyak payung dan bean bag sepanjang pantai. Kalau mau duduk, harus bayar Rp75.000, dapat bonus es kelapa muda yang rasanya kayak soda. Hahaha.

Berenang di Crystal Bay

Untuk berrsantai di sini dikasih waktu sekitar 1 jam, karena pukul 3 harus berangkat kembali ke dermaga. Kapal pulang ke Sanur berangkat pukul 4.

Kembali ke Sanur

Naik kapal yang sama dengan saat berangkat. Tetap harus nyemplung ke laut dulu buat naik ke kapal. Beda dengan Sanur yang pesisirnya masih penuh dengan pasir lembut, kalau di Nusa Penida ini pesisirnya udah banyak karang. Jadi kalau tanpa alas kaki bakal sakit banget.

Tiba di Sanur sekitar jam 5 sore. Masih keburu untuk solat Asar. Nggak jauh dari gerbang pantai ini, ada masjid yang besar dan bersih. Selesailah perjalanan one day trip Nusa Penida hari itu!

Harga One Day Trip ke Nusa Penida, Bali

Bicara soal harga, ini bakal bergantung banget sama jumlah orang di grupmu. Soalnya semua jasa di sini adalah private trip. Seperti yang sudah disebutkan di atas, 1 grup = 1 mobil. Bisa muat sekitar 6 orang lah.
Karena cuma berdua, biaya yang aku keluarkan adalah Rp550.000 / orang. Kalau orang di grupmu lebih banyak, bakal lebih murah lagi harganya. Harga ini belum termasuk makan siang. Kalau mau tambah makan siang biasanya extra Rp50.000-an per orang. Kemarin sih aku nggak include makan siang. Bayar sendiri sewaktu di restoran.
Kelingking Beach yang bikin gagal move on
Warung pondokan di daerah Angel’s Billabong
Kalau ditanya seru atau nggak, jawabannya ya jelas seru lah! Cuma, karena one day trip, jadi rasanya buru-buru banget di setiap spot. Trip yang aku ambil ini yang bagian baratnya Nusa Penida aja. Ada juga trip yang bisa explore bagian timur. Kalau one day trip ya harus pilih salah satu. Kalau mau explore keseluruhan pulau, aku saranin buat menginap di sini aja.
So, kapan mau liburan ke Bali? Semoga blog post ini bermanfaat buat kamu yang juga berencana ke Nusa Penida~
——————————————————————————–
Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!