Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Jalan-jalan di Dapur Layanan Kulinari Katering Aerofood ACS

Hello!

Kalau dengar nama Aerofood ACS, yang terlintas pertama pasti adalah makanan yang kita dapat kalau naik pesawat Garuda Indonesia. Benar banget sih, PT Aerofood Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan Aerofood ACS merupakan perusahaan In-Flight Catering (jasa boga penerbangan) kelas internasional. Jam terbangnya nggak perlu diragukan lagi, udah 4 dekade lebih!

Kupikir mereka spesialis untuk Garuda Indonesia juga, ternyata nggak juga, lho. Singapore Airlines, Cathay Pasific, JAL, Emirates, Silk Air, Korean Air, Malaysia Airlines, dan perusahaan penerbangan internasional kelas atas lainnya juga di-handle sama Aerofood ACS.

Nggak Cuma In-Flight Meal, Tapi Juga Katering Kantor, Industri, Sampai Rumah Sakit

Afdal Amir – Vice President Corporate Marketing

Sampai detik kedatangan ke kantor Aerofood ACS, Kamis (20/12) lalu, aku pikir Aerofood ACS ini cuma sebatas In-Flight Meal aja, tapi ternyata lebih luas lagi, lho! Katering karyawan di perusahaan-perusahaan minyak dan gas kayak Pertamina atau Medco Energi, atau pabrik manufaktur Mitsubishi Chemical dan Krakatau Nippon Steel juga ditangani sama mereka. Terutama buat pabrikyang jauh dari pusat pemukiman, makan sehari-hari karyawannya ditangani sama Aerofood ACS.

Kebayang nggak kalau makan camilan fancy gini di pesawat?
Gado-gadonya menggoda banget!

Kebayang nggak sih? Kalau kerja dan tinggalnya jauh dari pemukiman lokal, sehari-harinya bakal susah cari hiburan macam jalan ke pusat perbelanjaan atau restoran. Jadi makan enak dan bergizi dari Aerofood ACS udah jadi hiburan utama buat para karyawan ini.

Selain itu, Aerofood ACS juga handle katering rumah sakit, mulai RS Pondok Indah, Mayapada, Brawijaya, RSCM Kencana, dan masih banyak lagi. Katering rumah sakit sih udah pasti rumit banget, segala kalori dan nilai gizi setiap butir makanan yang disajikan di piring harus diperhatikan. Belum lagi kalau ada pasien yang nggak boleh gula, nggak boleh garam, nggak boleh lain-lain. Pasti masaknya bakal ribet dan kudu teliti pisan!

Aerofood ACS emang jagonya masakan khas Indonesia!
Eddy Santoso, sosok Sous Chef Hot Kitchen Aerofood ACS yang handal banget!

Nah, yang lebih keren lagi, Aerofood ACS ternyata adalah katering di balik kesuksesan acara Asian Para Games 2018 lalu. Kalau untuk atlet sih, gizi benar-benar harus diperhatikan ya! Karena makanan adalah sumber energi buat mereka bertanding.

Lebih dari 120.000 porsi makanan Aerofood ACS disajikan setiap harinya. Jadi penasaran banget, gimana cara kerja mereka di dapur, apalagi kalau in-flight meal dan makanan layanan industrial pastinya butuh perhatian khusus.

Jalan-jalan di Dapur Aerofood ACS, Cengkareng

Selagi main ke kantor Aerofood ACS Kamis lalu, pastinya sekalian juga dong jalan-jalan ke dapurnya. Prosedur untuk bisa masuk ternyata cukup ketat, mulai dari harus sehat waalfiat, suhu tubuh harus normal, dan pastinya harus mengenakan pakaian khusus. Baju panjang seperti tunik yang terbuat dari kasa, penutup kepala, dan juga masker, wajib banget dipakai!

Jalan-jalan di dapur Aerofood ACS

Semua bahan makanan yang sampai di dapur, dicek dulu kesegaran dan kualitasnya. Aerofood ACS benar-benar memerhatikan makanannya. Sudah pasti lah ya, soalnya gizi dan kualitas makanan yang disajikan harus benar-benar aman. Jangan sampai penumpang pesawat yang harus terbang 8 jam atau lebih tiba-tiba keracunan selagi perjalanan. Bakal repot banget, kan… Tapi karena semuanya udah melalui quality control lab Aerofood ACS, jadi udah terjamin kokΒ πŸ‘Œ

Sebelum jalan-jalan di dapur, pastinya juga harus cuci tangan dong. Jangan sampai kita bawa kuman-kuman dari luar ke dalam dapur. Jadi, sebelum benar-benar masuk ke dalam dapurnya, kita harus melewati ruangan vakum dulu. Selanjutnya, aku dan teman-teman blogger melihat-lihat ke beberapa dapur, mulai dari yang memasak pastry sampai dengan makanan berat. Paling seru sih lihat ke ruangan tempat para karyawan menata dan packing makanannya. Cepat banget kerjanya!

Jalan-jalannya dipandu sama tim dari Aerofood ACS
Tim blogger di depan dapur Aerofood ACS

Sebelum mengakhiri perjalanan di dapur katering Aerofood ACS ini, kami melewati ruangan yang semua makanan udah disusun rapi dalam box yang akan dimasukkan ke dalam pesawat. Lengkap dengan perlengkapan in-flight lainnya seperti selimut, bantal, dan headset. Ternyata Aerofood ACS juga yang menyiapkan semua perlengkapannya! Secanggih itu…

Mencicipi Makanan daeri Katering Aerofood ACS

In-flight meal yang biasa dinikmati di kelas ekonomi
Makan sate dan lontong di atas pesawat, kenapa nggak?

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu! Setelah puas jalan-jalan di dapur Aerofood ACS, aku dan teman-teman blogger nyobain makanan yang biasa disajikan. Rata-rata menu makanannya seperti masakan rumahan, atau bisa juga sebenarnya disesuaikan dengan occasion atau kebutuhan klien.

Mulai dari soto, rendang, sampai dengan nasi kuning, menu yang bisa disajikan oleh Aerofood ACS ini ada banyaaaak banget! Biasanya kalau naik Garuda Indonesia, aku ngarep banget ada pilihan menu rendang. Soalnya enak~

Menu favoritku di pesawat Garuda, rendang!
Kalau first class, nasi kuningnya dibentuk cantik gini

Penyajiannya juga bervariasi, sesuai dengan kelas penumpangnya. Kalau yang biasa aku naiki, kelas ekonomi, bentuk makanannya kayak di box aja. Beda cerita kalau naik first class atau business class, tampilan makanannya bisa lebih cantik di piring gitu. Kalau ekonomi biasanya dessert-nya puding kemasan, kalau first class atau business class disajikan cantik di piring. Jadi pingin coba naik selain kelas ekonomi deh sesekali hahaha.

***

Jalan-jalan di dapur katering Aerofood ACS ini seru banget! Soalnya kapan lagi bisa lihat langsung proses memasak makanan-makanan yang biasa kita nikmati di pesawat, kan? Ternyata prosesnya panjang juga ya sampai bisa kita nikmati di atas pesawat.

Nasi gorengnya cantik banget! Wanginya pun enak~~
Mirip-miirp nasi padang, kelihatan yummy banget!
Dessert, anyone?

Ada juga nggak sih yang bela-belain naik airlines full service semacam Garuda Indonesia demi makanannya kayak aku? Hahaha!

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan-layanan Aerofood ACS, terutama untuk layanan kateringnya, coba cek dan kunjungi situsnya di: www.aerowisatafood.com.

——————————————————————————–
Let’s connect!Β 
I don’t bite πŸ˜€
FacebookΒ |Β TwitterΒ |Β Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!Β