Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Pengalaman Berburu Borobudur Sunrise dari Hotel Manohara

Hello!

Salah satu bucket list tahun 2018-ku adalah berburu sunrise di Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia. Tempat ini emang cukup populer untuk dinikmati di berbagai waktu, mulai dari subuh sampai dengan sore hari. Sewaktu kecil, tiap ke Yogyakarta pasti bakal melipir ke Magelang dan mampir ke Candi Borobudur.

Di blog post kali ini, aku mau sharing pengalaman berburu sunrise di Candi Borobudur. Siapa tau ada yang lagi menyusun rencana untuk ke sini juga, kan~

Pengalaman Berburu Sunrise Borobudur

Menanti matahari terbit~
Pemandangan Candi Borobudur di sisi lain

Berhubung Candi Borobudur baru dibuka pukul 6 pagi, jadi bakal mustahil buat masuk lewat jalur biasa kalau mau berburu sunrise di sini. Salah satu cara yang paling populer adalah melalui Hotel Manohara. Sayangnya, kalau mau menginap di sini agak sulit karena banyak peminatnya. Beberapa kali cari melalui situs booking hotel, full terus, huhuhu.

Selidik punya selidik, ternyata kalau mau menikmati sunrise Candi Borobudur, nggak perlu sampai menginap di Hotel Manohara kok!

Berangkat dari Yogyakarta Pukul 3:00

Pilihan hotelku waktu itu jatuh pada Greenhost Boutique Hotel di Jalan Prawirotaman. Aku dan teman-teman berangkat dari hotel sekitar jam 3:00, naik mobil. Perjalanan lancar banget, ya namanya juga jam segitu, siapa juga yang mau kelayapan. Hahaha.

Waktu itu sampai di Hotel Manohara sekitar azan subuh waktu setempat. Jadi aku solat dulu sebelum bergerak lagi.

Beli Tiket di Lobby Hotel Manohara

Tiket untuk masuk Candi Borobudur di waktu sunrise bisa dibeli di lobby Hotel Manohara. Ada loketnya tersedia. Harga tiket untuk wisatawan domestik waktu itu (bulan Mei 2018) adalah Rp325.000. Kalau wisatawan asing lebih mahal, agak lupa berapa, tapi kalau nggak salah sekitar Rp400.000-500.000

Lobby Hotel Manohara
Tiket Borobudur Sunrise

Kami juga dapat senter untuk dibawa sambil jalan menuju Candi Borobudur. Di sini nggak ada lampu jalan, jadi kalau belum ada matahari ya gelap gulita aja. Hahaha.

Cari Spot Duduk!

Udah banyak yang siap sedia mennati matahari terbit

Ini dia yang lumayan sulit, nggak tahu deh orang-orang di sini pada datang jam berapa. Jam 5:00 aja udah rame banget hahaha. Mungkin harusnya datang lebih pagi lagi, biar dapat spot duduk yang asyik. Sembari nunggu matahari terbit, bisa duduk-duduk atau jalan-jalan keliling candi. Kalau aku sih mending duduk-duduk aja, sambil siapin kamera. Takut posisi idealnya keambil orang, hehe.

Nikmati Sunrise

Matahari terbit waktu itu sekitar 5:20-5:30-an. Kegiatan pas ini ya cuma duduk sambil menikmati keindahannya dan sesekali ambil foto. Ternyata banyak juga yang udah standby emang mau berburu foto di sini.

Mathari udah hampir nongol
Udah mulai kelihatan, yey!!

Nggak banyak orang yang ngobrol di momen matahari terbit ini. Nggak tau emang khusyuk menikmati atau sibuk foto-foto dan Instagram Story… Hahaha.

Jalan-jalan Keliling Borobudur

Foto-foto di Candi Borobudur
Kebetulan ada acara keagamaan juga saat itu
Keliling Borobudur sambil belajar sejarahnya

Kalau matahari sudah terbit sempurna, lalu apa lagi? Bisa jalan-jalan keliling candi dong. Kalau datang sama tour guide-nya, bakal dijelasin sejarah dan cerita dari Candi Borobudur ini. Jalan-jalan sama tour guide ini paling lama sekitar 1 jam aja.

Setelah itu, di pendopo bawah dekat Hotel Manohara akan disajikan sarapan. Cuma teh, kopi, sama roti-rotian sih. Lumayan banget buat ngeganjel perut sebelum perjalanan balik ke Yogyakarta. Waktu itu aku sampai di hotel Yogyakarta lagi sekitar pukul 9:30, masih sempat untuk menikmati sarapan hotel. Hahaha. Laper lagi soalnya…

Hampir tiap sudutnya photogenic!
Habis itu bisa sarapan cantik~

Menikmati sunrise emang bisa di mana aja. Tapi kalau lagi ada rezeki liburan ke daerah Yogyakarta, boleh banget buat melipir ke Candi Borobudur di waktu subuh dan nikmatin sunrise-nya. Rasanya beda deh sama yang biasanya!

Ada yang tertarik buat berburu sunrise di Candi Borobudur?

——————————————————————————–
Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post! 
-7.6078738110.2037513