Blog Kuliner & Perjalanan Marga

5 Ide Menu Sahur Sehat yang Nggak Pake Ribet

Sebagai yang sering bangun kesiangan, menu sahur praktis itu benar-benar jadi panutan. Nyiapinnya nggak ribet dan rasanya harus enak. Yang paling utama sih, tentu harus sehat dan ngenyangin, biar puasanya lancar.

Granola untuk sahur, mau?

Di blog post kali ini, aku mau share beberapa ide menu sahur sehat. Tenang aja, semuanya praktis kok. Silakan baca sampai habis!

5 Ide Menu Sahur Sehat yang Nggak Pake Ribet

Kemarin habis nonton video YouTube-nya Yulia Baltschun, kalau menu sahur itu baiknya mengandung karbohidrat kompleks. Tujuannya biar lebih lama kenyang dan baik untuk tubuh. Makanya, menu-menu di bawah ini pakainya karbohidrat kompleks.

1. Wholemeal Spaghetti

Wholemeal adalah sebutan untuk makanan dengan kandungan utama tepung gandum yang digiling secara menyeluruh. Mulai dari biji sampai kulitnya. Makanya, warna makanan-makanan wholemeal biasanya lebih gelap. Teksturnya juga nggak selembut yang biasa.

Wholemeal Spaghetti

Istimewanya menu sahur dengan wholemeal ini adalah kandungan gizi dan seratnya yang bagus buat tubuh. Sepanjang hari dijamin bakal kenyang deh. Bonusnya adalah berat badan turun~

Di pasaran sekarang udah banyak yang jual wholemeal spaghetti. Jangan salah, harganya nggak jauh sama spaghetti tepung biasa kok. Berhubung teksturnya lebih keras, jadi nanti rebusnya harus agak lama dibandingkan biasanya. Dimasaknya bisa dengan bumbu aglio olio atau pakai bolognese. Sesuai selera aja!

2. Pancake Pisang

Pancake Pisang

Kalau cari di Pinterest, banyak banget resep pancake pisang. Bahkan bisa dicampur telur aja dan langsung dituang ke wajan buat dimasak. Praktis banget kalau cuma 2 bahan sih. Nyuci piringnya juga jadi nggak banyak. Hahaha.

Buat nambah gizi, bisa sajikan dengan semangkuk salad ya!

3. Oatmeal + Buah atau Telur

Oatmeal dan buah

Masak oatmeal itu praktis. Bisa diseduh air aja terus langsung jadi. Udah gitu, semangkuk aja ngenyangin banget.

Kalau suka oatmeal manis, bisa ditambah buah-buahan favorit, kayak stroberi, pisang, atau mangga. Kalau aku sih lebih suka oatmeal asin, jadi tambah telur rebus, daging ayam, dan sayur aja. Kalau mau lebih berasa, bisa tabur oregano.

4. Granola + Susu

Granolab untuk sahur sehat

Granola adalah rolled oat yang dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Lalu masaknya dengan cara dipanggang. Rasanya cenderung manis dan teksturnya crunchy gitu, makanya cocok kalau disatuin sama susu. Bisa banget jadi pilihan menu sahur yang praktis dan sehat. Yummy!

Granola yang sekarang jadi favoritku adalah Granolab Australian Baked Oats varian Fruit & Nut. Rasanya nggak terlalu berat, crunchy, dan ada sedikit sensasi manis dari buah keringnya. Rasa manisnya ini diracik dari 7 gr madu, paduan gula alami, dan eekstrak daun stevia yang rendah kalori. Cocok juga buat yang lagi diet.

Dalam 210 gr kemasan Granolab Australian Baked Oats, terdapat 25 gr serat pangan, 6x lipat lebih banyak dari 1 ikat bayam. Selain Fruit & Nut, ada juga 2 varian lainnya, yaitu Original Honey dan Dark Chocolate.

5. Nasi Merah

Nasi merah dan lauk-pauk favorit

Buat beberapa orang, emang rasanya nggak afdol kalau nggak makan nasi. Coba deh, ganti nasi putihmu dengan nasi merah yang lebih kaya serat, supaya pencernaan lebih lancar dan nggak cepat lapar sepanjang hari. Buat tambahan lauk, bisa pakai ayam, daging, atau apa pun yang jadi kesukaanmu. Jangan lupa tambahin sayur juga ya!

Aku sendiri kalau makan sahur pakai nasi merah, pasti lauknya sisa makanan buka puasa kemarinnya. Jadi masaknya sekali aja. Hehehe.

Mana nih menu sahur yang jadi andalan kamu? Kalau punya ide-ide lain, boleh banget lho, share di kolom komentar!

————————————–

Let’s connect!  I don’t bite 😀

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post!