Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Apartemen Skandinavia & Gaya Hidup Lagom dalam Rumah Tangga

Siapa sih yang nggak mau bahagia? Sepertinya, semua hal yang kita lakukan setiap hari tujuannya adalah mencapai kebahagiaan.

Buat yang bekerja kantoran seperti aku, tentu akan mendapat kepuasan batin saat mendapat apresiasi atas kerja keras di kantor. Gaji yang diterima akan digunakan untuk membiayai hal-hal yang bikin bahagia, misalnya pergi liburan. Pun buat yang sehari-hari jadi ibu rumah tangga. Menghadirkan rumah yang rapi, tertata, serta menghidangkan makanan untuk keluarga adalah cara mereka membahagiakan seisi rumah, termasuk dirinya sendiri.

Sebagai suami istri, kami juga ingin hidup bahagia bersama!

Ngomong-ngomong soal kebahagiaan, tau nggak sih, kalau negara-negara Skandinavia itu adalah tempat paling bahagia di bumi?

Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah mencantumkan Denmark, Norwegia, dan Swedia dalam World Happiness Report. Walau suhu pada musim dingin bisa mencapai lebih dari -15 derajat ceclius, mereka tetap berbahagia!

Lagom: Falsafah Kehidupan yang Mengartikan Keseimbangan

Dalam kehidupan sehari-hari, negara-negara Skandanavia ini menganut lima filosofi kehiudpan yang membuat hari-harinya menjadi lebih bahagia. Salah satunya adalah Lagom, sebuah kata dari bahasa Swedia yang berarti “tepat” atau “optimal. Secara falsafah, Lagom dapat diartikan sebagai keseimbangan tubuh dan kesehatan. Menurutku, ini adalah aspek yang amat penting dalam kehidupan.

Ngopi dulu, biar hidup jadi lebih waras & seimbang | Foto: Jen @ Unsplash

Dalam buku “Lagom: The Swedish Secret to Living Well”, sang penulis mengungkapkan bahwa lagom menuntun manusia untuk menemukan kepuasan serta kedamaian batin.

Setelah aku baca-baca, falsafah Lagom ini sangat esensial dalam kehidupan berumahtangga. Untuk mencapai rumah tangga yang harmonis, akan dibutuhkan keseimbangan antara suami dan istri. Antara urusan dalam rumah dan urusan luar rumah. Setiap aspek tidak boleh kekurangan, ataupun kelebihan. Mulai dari pekerjaan, makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

Konsep Lagom dalam Rumah Tangga

Sebagai seorang istri yang juga karyawan kantoran, tantangan utamaku adalah menyeimbangkan kehidupan antara kantor dan rumah. Artinya, jangan sampai kerjaan di kantor menghalangiku buat menyelesaikan pekerjaan rumah. Vice versa.

Makanya, ketika banyak orang ingin punya rumah tapak, aku justru ingin punya apartemen. Sebab, apartemen tampak lebih praktis di mataku. Nggak perlu pusing mengurus kebun, urusan air dan listrik semua udah tertangani, juga masalah keamanan. Plusnya lagi, biasanya udah lengkap sama sarana olahraga seperti kolam renang. Nggak perlu juga nyiapin garasi, karena apartemen pasti udah punya lahan parkir sendiri di dalam gedung.

Tinggal di apartemen dengan fasilitas lengkap adalah impian!

Beberapa poin kepraktisan tersebut bisa banget mengurangi huru-hara di pikiranku. Sebagian masalah rumah tangga sudah tertangani. Setelah itu, aku bisa menyelesaikan hal-hal yang lebih penting, seperti urusan kantor serta quality time berdua suami. 

Berkenalan Apartemen Skandinavia Lagom, Tangerang

Beberapa orang suka bertanya, mengapa aku betah di Tangerang dan nggak mau keluar dari sini. Alasannya sederhana, aku merasa kalau kehidupan di Tangerang itu lebih santai daripada di Jakarta, tapi fasilitasnya lengkap.

Mau cari makan enak? Banyak.
Stasiun kereta? Ada kok, tenang aja.
Toko buku? Bioskop? Adaaaa. Lengkap~

Tambahannya lagi, hunian di Tangerang harganya cenderung lebih murah. Hehehe.

Apartemen Skandinavia, Tangerang | Foto: skandinavia.co.id

Salah satu properti yang kami lirik di Tangerang adalah Apartemen Skandinavia. Letaknya pas banget di samping Tangcity Mall.

Apartemen Skandinavia ini memiliki tiga tipe, Skandinavia Dream Comes True, Skandinavia Alter Ego, dan yang terakhir adalah Skandinavia Lagom. Tipe kamarnya ada dua, yaitu 1 bedroom suite dan 2 bedroom junior, dengan luas semigross 44,81 meter persegi. Kita juga bisa pilih full furnished atau non furnished.

Tipe 1 bedroom suite | Foto: IG @skandinaviaapartment
Tipe 2 bedroom junior | Foto: IG @skandinaviaapartment

Jujur, aku bakal lebih suka kalau beli non furnished. Karena ingin mendekor furnitur sesuka hati. Tentunya dengan tema Skandinavia Lagom, karena ternyata sesuai dengan impianku selama ini. Buat yang justru nggak ada waktu buat dekor-dekor segala macem, opsi full furnished pastinya bakal jadi pilihan yang tepat. Menariknya, unit full furnished semua dibuat sesuai dengan konsep lagom. Setiap sudut dirancang dengan sangat seimbang. Tidak ada yang kelebihan furnitur, tidak ada juga yang kelihatan terlalu kosong. Desain interior yang pas dan lagom banget ini dibawakan oleh Bitte Design Studio.

Soal tipe, aku tertarik dengan tipe 2 bedroom junior. Luasnya memang sama, tapi 2 bedroom junior ini ada sekat dinding antara ruang tengah dan kamar tidur utama. Rasanya privacy akan lebih terjaga kalau sedang kedatangan tamu. 

Fasilitas di Apartemen Skandinavia

Seperti yang aku sebutin sebelumnya, kalau banyaknya fasilitas membuatku lebih tertarik sama apartemen. Setelah menilik-nilik lebih dalam, ada beberapa fasilitas menarik di sini, yaitu:

Nordic Corner | Foto: IG @skandinaviaapartment

Nordic Corner – Alias ruang publik utama. Interiornya masih senada dengan unit-unit apartemennya. Di sini tersedia banyak kursi dan meja. Tentu saja, keseimbangan hidup juga hadir dalam bentuk bersosialisasi. Tinggal di apartemen bukan lantas membuat kita jadi individualis ya!

SkandiFit, ruang fitness di apartemen | Foto: IG @skandinaviaapartment

SkandiFit – Ini adalah ruangan fitness yang bisa digunakan untuk semua penduduk apartemen. Perlengkapannya ada cukup lengkap. Doaku semoga nantinya bisa ada diadakan kelas-kelas kesehatan kayak zumba atau yoga di sini. Hehehe.

Kolam renang di area terbuka | Foto: skandinavia.co.id
Kolam renangnya tampak nyaman! | Foto: skandinavia.co.id

Infinity Pool – Kolam renang memang jadi fasilitas wajib di apartemen. Dari area kolam renang Apartemen Skandinavia, kita bisa melihat pemandangan kota Tangerang, tepatnya ke arah danau. Area fitness dan kolam renang ini juga bentuk dari konsep lagom, yaitu hidup harus seimbang. Sesekali ajak tubuh berolahraga, supaya tetap sehat.

Apartemen Ini Dekat Apa Aja?

Posisi memang menentukan prestasi. Supaya kehidupan semakin seimbang, jangan lupa sisihkan sedikit waktu untuk main atau me-time. Traktir dirimu sendiri untuk makan enak, sebagai self-reward karena sehari-hari sudah bekerja keras!

Starbucks – Keluar dari Apartemen Skandinavia, bakal langsung disambut oleh coffee shop sejuta umat ini. Cocok buat grab & go sebelum pergi ke kantor.

QQ Kopitiam – Letaknya di seberang Starbucks, restoran ini menyediakan aneka makanan khas Melayu. Lengkap dengan kopi yang nikmat!

Tangcity Mall – Keberadaan mall ini bakal ngebantu banget. Membeli kebutuhan ini-itu, terutama belanja bulanan, bakal jadi lebih mudah. Mau movie-date juga jadi gampang. Tinggal selangkah, bisa langsung ngemall deh!

Stasiun KRL Tangerang – Sebagai yang bolak-balik Jakarta untuk bekerja, keberadaan stasiun selalu jadi pertimbangan utama. Untungnya, Apartemen Skandinavia letaknya dekat dengan stasiun KRL~

Cita-citaku ngedekor meja rias dengan gaya begini~ | Foto: Minh Pham @ Unsplash

Memang, Apartemen Skandinavia ini tampak amat menggiurkan. Baik sebagai tempat tinggal, maupun sebagai ladang investasi.

Sebagai dekorasi furnitur di dalam unitmu nanti, jangan lupa untuk menerapkan lagom feels! Beli sesuai kebutuhan, tidak perlu terlalu banyak. Nanti mubazir dan malah jadi tampak sumpek. Pun ketika kita sudah tinggal di sini. Ingatlah selalu bahwa hidup itu harus seimbang, antara kantor dan keluarga, antara kesibukan dan kesehatan, antara pekerjaan dan me-time.

Skandinavia Lagom, not too little, not too much. Just right.