Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Resep Roti Goreng Ayam Rica-rica Sehat

Buat aku, hidup sehat yang paling gampang itu adalah olahraga. Mulai dari ikut kelas olahraga di kantor (yoga, zumba, body combat, dan lainnya) atau nge-gym. Soal makanan rasanya masih lumayan sulit, karena perkara utamanya adalah aku doyan gorengan.

Masak roti goreng sehat, bisa dong!

Hampir di semua guide untuk hidup sehat bilang kalau sebaiknya menghindari gorengan dan menggantinya dengan yang rebus-rebusan. Gorengan selalu diklaim nggak sehat, karena kolesterol, lemak, endebre-endebre. Rebusan emang enak, tapi tetap nggak bisa menggantikan kegurihan dan kenikmatan gorengan. Setidaknya buat aku.

Gorengan Sehat, Bisa Nggak Ya?

Bisa aja pastinya. Coba deh, mulai dari menambahkan sayur-sayuran di samping gorengan untuk menambahkan nutrisi. Selain itu, jenis minyak juga pastinya mempengaruhi kesehatan gorengan.

Misalnya aja, gorengan yang menggunakan minyak bekas (apalagi yang sampai menghitam), itu pasti cenderung lebih nggak sehat. Gantilah minyak untuk menggoreng sebelum jadi hitam seperti itu ya!! 

Bisa juga dengan mengganti minyak goreng jadi yang lebih sehat, seperti Happy Soya Oil, yang terbuat dari 100% kedelai murni.

Mengapa Menggoreng dengan Happy Soya Oil?

Happy Soya Oil, 100% Minyak Kedelai

Jadi, minyak goreng yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang bikin kulit sehat serta mencegah penuaan dini, antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sampai omega 3 & omega 6 untuk menjaga kerja organ tubuh tetap sehat.

Untuk urusan proses memasak, minyak kacang kedelai ini lebih tahan panas ketimbang minyak lainnya. Ini bikin makanan yang dimasak jadi lebih sehat. Selain itu, kadar lemak tidak jenuhnya paling tinggi. Sumber lemak sehat ini juga sangat baik untuk diet~

Menggunakan minyak goreng Happy Soya Oil, aku bikin banyak gorengan dengan perasaan yang lebih tenang. Tentu saja, tanpa perlu mengurangi kenikmatan si gorengan tersebut.

Resep Roti Goreng Ayam Rica-rica Sehat

Salah satu menu gorengan favorit di rumahku adalah ROTI GORENG AYAM RICA-RICA. Resepnya adalah turunan dari ibuku, dan isinya bisa divariasikan sesuai keinginan. Biasanya, ibuku menambahkan sayur-sayuran seperti wortel supaya lebih ada nutrisinya.

Nggak cuma isiannya aja yang ditambahkan sayur, tapi gorengnya juga pakai minyak sehat dari Happy Soya Oil. Silakan intip resepnya di bawah ini ya!

Roti goreng isi ayam rica-rica, yummy!
Bikinnya nggak susah, gampang banget malah!

Bahan-bahan:

Bumbu halus:

Cara memasak:

  1. Lumuri daging dada ayam dengan garam, lalu goreng hingga berwarna kecokelatan.
  2. Blender semua bumbu halus hingga rata.
  3. Tumis semua bumbu halus, lalu tambahkan sereh, daun jeruk. Setelah matang, tuangkan ke wajan isi dada ayam.
  4. Masak hingga mendidih dan daging ayam jadi empuk.
  5. Matikan api, dinginkan daging ayam sebentar
  6. Giling roti tawar hingga tipis, lalu lumuri dengan susu.
  7. Letakkan suwiran ayam rica-rica di atasnya, lalu lipat roti membentuk segitiga, 
  8. Lumuri roti dengan tepung terigu yang dicampur air, lalu balut dengan tepung roti.
  9. Goreng dengan minyak Happy Soya Oil hingga matang dan warnanya kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  10. Sajikan selagi hangat!

Buat gorengan kayak resep di atas, Happy Soya Oil bikin hasilnya jadi lebih sehat. Sementara kalau tumisan, bakal jadi lebih ringan di mulut. Nggak perlu ragu gagal hidup sehat cuma karena gorengan sekarang. Perut kenyang, lidah dimanjain, tapi kesehatan nggak perlu dikhawatirkan. Enak, kan?

Roti goreng sehat siap dinikmati!

Minyak goreng Happy Soya Oil ini udah bisa dibeli di supermarket. Ada kemasan botol dan plastik refill kayak yang aku punya ini.
Selamat berkreasi bikin gorengan sehat juga di rumah!