Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Resep Puding Lapis Jeruk Nipis

Udah mau satu bulan aku kerja #dirumahaja. Ada enaknya ada nggaknya sih. Waktu beberapa jam yang biasanya habis di jalan sekarang jadi bisa dialokasikan untuk hal-hal lain. Misalnya masak.

Resep Puding Lapis Jeruk Nipis

Sebelum wabah penyakit menyebar, sekitar awal bulan Februari, aku sempat beli beberapa bungkus agar-agar warna hijau. Nggak tau kesambet apa waktu itu. Tapi baru kemarin ini akhirnya dieksekusi di dapur. Karena puding hijau rasanya nggak bakal nyambung kalau dikasih oreo, kali ini aku bikin kreasinya pakai jeruk nipis.

Resep Puding Lapis Jeruk Nipis

Biar semakin gemas, aku bikinnya 3 lapis. Di paling bawah puding biasa, lapisan tengah adalah puding busa, dan yang atas adalah vla-nya.

Resep puding lapis jeruk nipis ini nggak pakai ribet sama sekali. Cukup memakan sekitar 1 jam saja, itu pun udah termasuk memeras jeruk nipis. Silakan baca blog post ini sampai habis ya untuk resep lengkapnya!

Resep Puding Lapis Jeruk Nipis

Bahan-bahan:

Lapisan 1:

Lapisan 2:

Cara Memasak:

Lapisan 1:

  1. Didihkan air di panci, lalu masukkan agar-agar.
  2. Tambahkan gula pasir dan jeruk nipis, aduk hingga rata. Takaran gula dan jeruk nipis bisa menyesuaikan selera, mau lebih asam atau manis.
  3. Masukkan sejumput garam, supaya lebih nendang rasanya.
  4. Tuang ke dalam wadah, biarkan dingin.

Lapisan 2:

  1. Kocok telur putih di wadah, tambahkan sekitar 1 sdt gula pasir supaya lebih mengembang. Gunakan mixer sampai kaku si telurnya.
  2. Didihkan susu di panci, lalu masukkan agar-agar.
  3. Tambahkan gula pasir dan jeruk nipis, aduk hingga rata. Atur lagi rasanya sesuai selera. Karena nanti adonannya akan dituang ke telur, bisa tambahkan takarannya supaya tetap berasa yaa
  4. Sesuai yang disebutkan sebelumnya, tuang adonan agar-agar ke putih telur, aduk dengan mixer kecepatan paling pelan sampai rata.
  5. Tuang ke dalam wadah, di atas lapisan pertama tadi.
  6. Masukkan ke kulkas, lalu nikmati saat dingin!

Untuk agar-agar, aku pakai merek Swallow yang sejuta umat ini. Kalau misalnya udah punya yang tanpa warna atau plain, bisa tambahin beberapa tetes pewarna makanan hijau. Terutama di bagian lapisan ke-2 sih, kalau terasa pucat warnanya bisa tambah pewarna aja ya~

Kalau soal vla, aku masih mengandalkan yang instan dari merek My Vla. Bikinnya tinggal diseduh aja, gampang banget dan rasanya enak. Karena resep puding lapis jeruk nipis ini rasanya cenderung asam, jadi manisnya My Vla ini terasa pas banget. Aku pakai varian vanilla, by the way...

Resep Puding Lapis Jeruk Nipis

Akhir kata, selamat mencoba resep ini ya! Semoga bermanfaat dan bisa mengisi waktu selagi #dirumahaja agar tetap waras.

Stay safe and healthy, guys!

BACA JUGA: Resep Puding Kopi Susu dengan KIN Fresh Milk