Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Belajar Masak Es Cendol Chia Sambil di Rumah Aja

Bulan Ramadan kali ini agak beda dari biasanya. Kalau tahun lalu kita masih ngalor-ngidul ngabuburit sambil cari takjil, lanjut bukber di sana-sini, tahun ini justru kita harus menetap di rumah. Iya, semua demi usaha bersama untuk flatten the curve.

Bosan? Bagiku nggak juga.

Ada yang udah sampe belajar masak es cendol sendiri selama di rumah aja?

Di hari-hari biasa, aku bisa menghabiskan 2-3 jam di jalan menuju dan dari kantor. Karena sekarang di rumah seharian, waktu itu bisa dialokasikan untuk hal-hal lain. Dalam hal ini, kalau aku biasanya masak. Sebulan pertama work from home (WFH), aku banyak banget masak. Bahkan sering sharing di Instagram Story juga resep-resep ringan atau tips masak lainnya. Masuk bulan Ramadan, mood memasak malah jadi semakin menurun. Bisa jadi karena mati gaya.

Belajar Masak Es Cendol Chia bareng FWD Life

Ngepas dengan semangat yang menurun, aku kedapatan info soal FWD yang mau bikin live di Instagram bareng Chef Putri Miranti dengan host Gita Bhebhita. Topiknya sudah barang tentu tentang masak-masakan~

Pada kesempatan itu, Chef Putri sharing resep Es Cendol Chia. Cukup penasaran karena suka jajan cendol, tapi nggak pernah cari tau cara bikinnya. Apalagi ngebayanginnya buat takjil, pasti enak banget. Buat yang juga mau coba bikin Es Cendol Chia, silakan contek resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

Cara Membuat

  1. Masukkan tepung beras, agar-agar, pasta pandan, garam ke dalam panci. Tuang air, aduk rata, lalu nyalakan kompor.
  2. Setelah matang, gunakan cetakan cendol. Masukkan langsung cendol ke dalam air es supaya cepat mengeras. Jika tidak punya cetakan, bisa gunakan plastik segitiga yang digunting ujungnya.
  3. Tuang sirup ke dalam gelas, larutkan dengan susu.
  4. Tuang cendol, lalu chia seed di atasnya.
  5. Sajikan dengan topping es krim atau sesuai selera!

Buka Bersama Virtual Bareng FWD Life

Keseruan bareng Chef Putri dan Gita dilanjutkan di hari berikutnya. FWD mengadakan acara bukber yang lebih private lewat Zoom bersama para peserta Instagram Live kemarin. Walau tak bisa bertemu fisik, bukber virtual ini tetap terasa menyenangkan.

Rangkaian acaranya sederhana, sambutan dari Ibu Maika Randini, Chief Marketing Officer FWD Life, lalu dilanjut dengan Q&A session bersama Chef Putri. Bisa tanya-tanya lagi seputar Es Cendol Chia kemarin atau masakan lainnya. Di sini mungkin aku jadi salah satu peserta yang banyak tanya. Ya, mumpung dikasih kesempatan, kan?

Ada beberapa tips bikin cendol yang di-share, yaitu:

✔️ Pas nyetak cendol, dituang langsung ke air es supaya cepat mengeras.
✔️ Kalau nggak punya alat cetakan cendol, bisa pakai plastik segitiga yang digunting ujungnya.

Semoga habis ini bisa bikin cendol enak juga ya!

Sebenarnya sharing session soal masak-masak ini nggak terbatas di menu Es Cendol Chia aja, aku sempat tanya-tanya soal tips baking kue kering sampai masak gyoza kok. Hitung-hitung juga sambil mengisi waktu untuk kegiatan positif di bulan Ramadan, biar nggak stres kerja mulu. 

Bikin Ramadan Semakin Positif Bareng SOS Children’s Village Indonesia

Ngomong-ngomong soal kegiatan positif di bulan Ramadan, sewaktu bukber virtual kemarin, Ibu Maika sempat mention soal FWD Life yang turut mendukung SOS Children’s Village.

SOS Children’s Village ini adalah lembaga non-pemerintah yang berdedikasi untuk mengasuh anak-anak yang ditinggalkan dan/atau kehilangan orang tua. Sudah 70 tahun mereka bergerak di bidang ini.

Di masa pandemi ini, FWD Life dan SOS Children’s Village mengajak kita untuk menjadi lebih peka dengan kondisi sekitar. Nyatanya, PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar memberikan dampak yang cukup signifikan pada banyak orang, terutama masalah kesejahteraan. Maka dari itu, program ini mengajak kita untuk memberikan support kepada anak-anak yang terlahir dalam kondisi keluarga yang rentan, supaya mereka bisa tetap beraktivitas seperti kita, bisa bermimpi, dan mencapai cita-citanya.

Jika kamu menginginkan Ramadan yang lebih positif, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain, bisa mulai dengan ikut berdonasi di program ini. Caranya? Klik aja https://bit.ly/dirumahajabarengFWD.