Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Resep Kue Kering Lidah Kucing

Kue lidah kucing ini jadi salah satu andalan jualanku di @dapursesukahati. Banyak yang approve untuk rasanya. Sebenarnya, ini juga salah satu kue kering favoritku. Rasanya manis, wangi banget karena pakai vanili, dan crunchy.

Kue kering lidah kucing vanilla

Resep kue lidah kucing ini sebenarnya bisa diganti-ganti rasanya sesuai selera. Mau pakai vanili, kopi, bubuk matcha, red velvet, atau lain sebagainya. Fleksibel banget. Cocok buat yang suka ngide.

Resep Kue Kering Lidah Kucing

Without further ado, ini adalah resep andalanku. Takarannya nggak aku ubah dari biasanya aku pakai. Monggo~

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

  1. Kocok butter, gula, dan vanili hingga mengembang pakai mixer sampai warnanya agak putih pucat.
  2. Masukkan putih telur, kocok lagi dengan mixer hingga rata.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula hingga rata. Adonan akhirnya nanti cukup kental, ringan, dan lembut.
  4. Gunakan plastik segitiga yang ujungnya digunting, lalu semprotkan adonan ke loyang yang sudah diberi mentega.
  5. Panggang kurang lebih 50 menit. Kematangannya bisa dicek dari bagian bawah kue, kalau masih lembek, berarti kurang matang.
  6. Dinginkan dulu sebentar di cooling rack sebelum masuk toples!

Untuk jadi 1 toples (sekitar 250-350 gram) kayak di gambar, biasanya aku membutuhkan 1,5 resep.

Mau ganti rasa jadi kopi? Bisaa~ Cek tipsnya di bawah

Yang Perlu Diperhatikan Saat Bikin Kue Lidah Kucing

Pas baca resep, emang kelihatannya cukup mudah bikin kue kering lidah kucing ini. Sesungguhnya, di antara kue-kue kering lainnya, lidah kucing ini yang menurutku cukup tricky. Ini beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan:

Ayak Gula Halus dan Tepung Terigu

Dulu aku paling malaaaassss banget ngayak gula halus dan tepung terigu. Ribet aja kesannya. Tapi sebenarnya ini salah satu faktor yang bikin kue lidah kucing-ku suka jadi jelek bentuknya.

Kalau malas ayak dua bahan tersebut, nanti kadang hasil kuenya suka jadi ada jendulan kayak bentol. Itu biasanya bongkahan gula atau tepung.

Kalau Kuenya Rapuh Banget, Tambah Tepung Terigu 1 sdm

Ada kalanya kue kering lidah kucing ini ringkih banget, apalagi pas diangkat dari loyang. Kalau keras, berat, terus gampang patah, coba tambah 1 sdm tepung terigu ke adonannya.

Perhatikan Kualitas Loyang yang Mau Dipakai

Di dapurku, loyang lidah kucing itu paling cepat lecetnya. Kalau loyangnya udah lecet-lecet, biasanya jadi susah juga pas mau angkat kue nanti.

Biasanya, habis angkat kue dan mau langsung pakai lagi loyangnya, aku bakal cuci dengan air dulu. Pastikan kalau gak ada sisa remah-remah kue, karena kalau sampai ada, bakal lebih susah angkat kuenya. Jangan lupa lap kering pakai tisu dapur!

Sewaktu Aduk dengan Spatula, Satu Arah Saja

Mana nih tim yang suka ngaduk bolak-balik?

Ternyata oh ternyata, mengaduk adonan nggak satu arah itu bikin hasil akhir lidah kucingnya jadi berongga. Agak bolong-bolong gitu kelihatannya. Jadi, supaya mulus, ngaduknya satu arah aja ya, gaes.

Ganti Rasa dengan Kopi, Matcha, atau Lainnya

Kalau ini sih ngide karena nemu toples lucu hehe

Kalau di Dapur Sesuka Hati, kue lidah kucing tersedia dalam 4 rasa; vanilla, kopi, matcha, dan taro. Untuk rasa vanilla, aku pakai 2 sdt vanili, tapi untuk kopi, matcha, dan taro, aku pakai takaran 2 sdm. Kopinya pastiin yang tanpa ampas ya (aku pakai merek Nescafe Classic yang buat Dalgona Coffee itu).

Selamat memasak kue kering lidah kucing! Kalau recook resep ini dan upload di sosial media, boleh tag IG aku di @margaapsari yaa~

BACA JUGA: Resep Puding Lapis Jeruk Nipis