Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Resep Pan Seared Salmon with Garlic Butter Sauce

Udah lumayan lama rasanya nggak sharing resep di blog ini. Padahal, sejak work from home bulan Maret lalu, cukup banyak menjajal area dapur dan eksplor aneka resep. Kebanyakan emang sharing di Instagram aja, tapi bakal mulai post di blog juga buat yang mau baca.

Terakhir makan ikan salmon itu kayaknya udah lumayan lama, mungkin bulan Februari, sewaktu masih seirng makan di restoran. Setelah di rumah, cenderung lebih suka makan ikan tuna atau ikan tenggiri.

Pan seared salmon with garlic butter sauce

Baru-baru ini, aku dapat kiriman daging ikan salmon yang baguuussss banget dari @rayditomeatyou. Kebetulan lagi ada project endorsement di Instagram, dan aku tertarik banget buat masak pake ini.

Buat mengolah daging ikan salmon, aku cenderung lebih suka masakan yang sederhana. Nggak terlalu banyak bumbu. Soalnya salmon ini udah lezat dari sananya. Aku kurang suka kalau kelezatan alaminya jadi tertutup sama bumbu-bumbu yang kencang. Jadilah aku memilih untuk masak pan seared aja.

Tips Memilih Daging Ikan Salmon yang Bagus

Daging ikan salmon yang segar dari @rayditomeatyou

Daging ikan salmon banyak dijual di pasar atau di supermarket. Ada beberapa tips sederhana buat memilih daging ikan salmon yang bagus ala aku dan ibuku, yaitu;

Resep Pan Seared Salmon with Garlic Butter Sauce

Biar rasa masakannya nikmat, pastinya harus pakai daging ikan salmon yang bagus kualitasnya. Menurutku, kualitas bahan akan berbanding lurus sama rasanya. Hehehe.

Resep pan seared salmon with garlic butter sauce
Daging salmon yang lembut

Resep pan seared salmon ini menurutku cukup gampang. Nggak butuh teknik atau skill khusus yang rumit, semua pasti bisa masaknya. Silakan cek resepnya langsung di bawah ini ya~

Bahan-bahan:

Cara Memasak:

  1. Balur daging ikan salmon dengan garam dan merica secukupnya.
  2. Panaskan olive oil di pan, lalu masak salmon sekitar 4-5 menit setiap sisi dengan api sedang. Kalau aku mendahulukan masak bagian kulitnya dulu, baru dibalik. Setelah matang, sisihkan.
  3. Untuk garlic butter sauce, panaskan butter di pan, lalu masukkan bawang putih. Aduk hingga rata, kemudian tuangkan di atas salmon. Taburi oregano untuk topping.
  4. Sajikan selagi hangat dengan kentang dan sayur sesuai selera!

Pas dibelah, daging salmon-nya akan berwarna pink cantik, bagian kulitnya juga cukup crispy. Saus garlic butter-nya bikin rasa ikan salmon semakin gurih, dan taburan oregano bikin masakannya jadi lebih wangi.

Selamat mencoba!