Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Wisata ke Taman Soekasada Ujung – Karangasem, Bali

Sudah pernah ke Karangasem? Daerah yang terletak di bagian timur Bali ini juga punya objek wisata yang nggak kalah menarik. Kalau kamu bosan dengan keramaian di daerah Kuta, Seminyak, Canggu, atau Ubud, daerah Karangasem bisa banget jadi pilihan! Salah satu objek wisata yang menarik di sini adalah Taman Soekasada atau yang juga sering disebut sebagai Taman Ujung Karangasem.

Wisata di Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Bali

Di blog post kali ini, aku bakal bahas sejarah singkat tentang Taman Soekasada Ujung Karangasem ini dan alasan mengapa kamu harus mengunjunginya. Silakan baca sampai habis ya!

Sejarah Taman Soekasada Ujung Karangasem

Taman seluas 10 hektar ini dulunya dibangun oleh Raja Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik pada tahun 1901. Awalnya, taman ini dibangun untuk tempat pembuangan orang-orang yang menguasai ilmu hitam.

Namun, pada tahun 1909, Raja Karangasem bekerjasama dengan seorang arsitek Belanda, Van Den Hentz, dan arsitek Tiongkok, Loto Ang, untuk membuat taman ini jadi tempat peristirahatan raja. Pembangunannya selesai pada tahun 1921, dan diresmikan dengan sebuah prasasti marmer pada tahun 1937.

Pada masa penjajahan, taman ini mengalami beberapa kerusakan, seperti pagar besinya yang digunakan untuk senjata, dan lainnya. Kemudian, pada tahun 1963, kerusakan terparah diakibatkan oleh Gunung Agung yang meletus.

Terakhir, pada tahun 2000, pemerintah Kabupaten Karangasem melakukan perbaikan tanpa mengubah bentuk aslinya. Kini, Taman Soekasada Ujung Karangasem menjadi objek wisata yang banyak diminati!

Apa yang Menarik dari Taman Soekasada Ujung Karangasem?

Buat kamu yang suka jalan kaki menikmati keindahan taman yang tenang, atau berfoto-foto dengan latar arsitektur yang indah, pasti suka banget sama tempat ini! Nggak sedikit juga pasangan-pasangan yang melakukan foto pre-wedding di Taman Soekasada Ujung Karangasem, lho.

3 Kolam Besar, Bale Bengong, dan Istana Peristirahatan

Di Taman Soekasada Ujung Karangasem terdapat 3 kolam besar, 1 di bagian selatan, dan 2 di bagian utara. Di tengah kolam selatan, terdapat bangunan tanpa dinding yang disebut dengan Bale Bengong. Bisa duduk-duduk di lantainya yang dingin sambil menikmati indahnya taman~

Sementara di kolam bagian utara, ada jembatan yang bisa dilalui untuk melintas. Arsitektur jembatan ini benar-benar unik, rasanya kurang afdol kalau belum berfoto di sini.

Pintu masuk menuju jembatan
Pemandangan dari dalam istana

Istana peristirahatan Raja Karangasem terletak di tengah-tengah jembatan. Kacanya warna-warni, khas arsitektur Eropa. Dari dalam istana ini, kita bisa melihat kolam yang luas dengan latar taman yang sangat rapi.

Kolam-kolam di taman ini tampaknya cukup dalam, sepertinya bukan untuk berenang.

Bangunan Pilar Tanpa Atap

Bangunan Pilar Tanpa Atap

Untuk mencapai bangunan pilar tanpa atap yang menjadi salah satu bagian iconic di taman ini, kamu harus menaiki anak tangga cukup banyak. Di kiri dan kanan tangga ini terdapat taman bunga kecil yang cantik. Pas banget saat aku datang, bunga-bunganya lagi mekar sempurna!

Seperti tempat-tempat iconic di daerah wisata, bangunan pilar tanpa atap ini juga banyak diburu oleh para sahabat Instagrammer. Mereka rela antri untuk mendapatkan foto di sini. Aku cuma 1-2 kali cekrek saja dengan pose yang awkward. Hahaha.

Dari atas sini juga bisa lihat pemandangan taman

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk foto-foto yang lebih serius seperti pre wedding atau shooting, ada biayanya sendiri.

Satu hal yang mungkin perlu dicatat, di dalam taman ini tidak ada restoran atau cafe, jadi bisa bawa air minum sendiri. Di beberapa titik ada tempat sampah, jadi jangan buang sembarangan ya!

Hotel Taman Surgawi Resort & Spa

Pada kunjunganku waktu itu, aku dan keluarga masuk di pintu masuk khusus dari hotel Taman Surgawi Resort & Spa, yang kebetulan letaknya persis di samping. Bisa hubungi karyawan hotel untuk minta dibukakan. Tiket masuk nantinya akan diantar sesuai dengan jumlah orang.

Selamat berwisata di Karangasem!

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Karangasem yang Wajib Dikunjungi

——————————————————————————-  

Taman Soekasada Ujung
Ujung Water Palace, Karangasem
Bali