Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Makan Siang with a View di Teras Wangun, Sentul

Setelah 9 bulan, akhirnya lihat pemandangan yang full hijau-hijau lagi! Destinasi pilihan liburan singkat kami jatuh pada daerah Sentul. Mudah dijangkau dengan mobil dan daerahnya tidak terlalu ramai. Rencana kami hari itu sederhana, yaitu makan siang di Teras Wangun, Sentul.

Di blog post kali ini, aku mau sharing cerita pengalaman kami mengunjungi tempat ini. Tentu lengkap dengan plus minusnya. Silakan dibaca sampai habis ya!

Makan siang di Teras Wangun, Sentul

Perjalanan ke Teras Wangun, Sentul

Kami start jalan dari daerah Serpong, Tangerang Selatan, sekitar jam 10 pagi. Melalui tol Jorr dan Jagorawi, waktu tempuh sampai ke Teras Wangun sekitar 1-2 jam.

Perjalanan tampak aman sentausa sampai dearah Jungle Land. Habis itu jalurnya lumayan menanjak dan jalanannya tidak terlalu bagus. Cukup bikin deg-degan.

Masuk ke parkiran Teras Wangun dari jalan utama, ada tanjakan (yang menurutku kemiringannya agak nggak manusiawi) dengan kondisi aspal yang nggak terlalu bagus. Ini yang paling bikin deg-degan maksimal. Alhamdulillah, supir kami cukup handal untuk melalui medan seperti ini.

Suasana di Teras Wangun

Masuk Teras Wangun, ada biaya tiket Rp50.000 per orang. Tiket ini bisa ditukar dengan makanan yang ada di restoran senilai Rp25.000 (dikurangin langsung dari bill akhir nanti).

Ada beberapa tempat untuk pilihan lokasi makan di sini. Restoran utamanya menempel dengan gerbang masuk. Jalan sedikit ke dalam, ada saung besar yang di samping taman luas. Cocok buat yang datang rombongan dan mau tempat yang lebih private. Naik ke atas, ada juga tempat makan yang dikelilingi pohon. Rimbun banget!

Saung sekaligus hall
Suasana lapangan dan playground
Restoran bagian atas

Saat kami datang, hanya ada 2 keluarga di restoran utama, dan 1 rombongan di atas. Cukup sepi dan bisa berjarak dengan orang lain.

Di tamannya (yang luas banget) ada playground. Kalau bawa anak, pasti akan senang bisa lari-larian di sini sampai puas! Samping taman dan saung, ada teras untuk melihat pemandangan bukit yang bikin mata adem. Samar-samar, terdengar juga suara aliran sungai dan curug.

Teras di samping saung

Oh iya, dari Teras Wangun ini, kita juga bisa mengunjungi Curug Leuwi Asih. Jarak tempuhnya sekitar 20 menit, dengan medan jalan batu-batuan yang sudah rapi.

Makan Siang with a View di Teras Wangun

Sesuai judul, kami ke Teras Wangun ini untuk makan siang. Pilihan menunya nggak terlalu beragam, rata-rata makanan ala restoran sunda seperti nasi timbel dan makanan wajib seperti nasi goreng.

Makan siang nasi goreng

Menu yang kupesan adalah nasi goreng. Cukup enak, tapi nggak terlalu spesial. Terlalu banyak kecapnya menurutku. Selain nasi, kami pesan sayur asam juga, rasanya agak pedas, tapi sayur isiannya cukup banyak.

Untuk rasa makanan, so-so, harganya cenderung mahal (kemarin ber-4 sekitar Rp300.000-an, udah dipotong sama tiket), tapi view-nya emang juara!

Pemandangan di Teras Wangun
Bunga lavender di sekitar lapangan

Pilhan Sewa Mobil untuk ke Daerah Sentul

Berhubung kami sekeluarga nggak yakin dengan medan yang harus ditempuh, akhirnya kami memilih menyewa mobil via Traveloka. Mobil yang kami sewa adalah Toytota Grand New Avanza, karena lokasi jemput dan tujuannya di luar kota Jakarta, harga sewanya jadi sekitar Rp300.000-an.

Dibandingkan Traveloka, Tiket.com sebenarnya terlihat lebih murah. Namun, ada beberapa biaya tambahan yang nggak tertera saat booking. Akhirnya kami memilih yang pasti-pasti aja, pakai Traveloka.

Di luar biaya sewa, ada biaya bensin (Rp150.000), biaya parkir (menyesuaikan), dan biaya makan siang supir (Rp50.000). Semua sudah tertera dengan jelas saat booking, jadi aman 👌🏻

Worth It Nggak?

Menurutku perjalanan buat makan siang di Teras Wangun ini lumayan worth it. Apalagi kalau datang sekeluarga dan emang mau tempat yang tidak terlalu ramai. Kalau nggak terlalu pede sama jalurnya, lebih baik sewa mobil aja.

Buat yang mau menikmati curug-curug Sentul apalagi, bakal worth it banget. Soalnya di Teras Wangun ini ada jalur khusus buat ke salah satu curug dengan medan yang tidak sulit dan ada kamar bilas yang bersih (buat habis main air di curug).

Tiket masuk Teras Wangun
Pemandangan di Teras Wangun

Jangan lupa juga untuk tetap rajin cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak dengan pengunjung lain kalau ke sini. Stay safe!

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Karangasem yang Wajib Dikunjungi

——————————————————————————-  

Teras Wangun
Sentul, Bogor, Jawa Barat