Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Review Menginap Sekeluarga di The 1O1 Hotel Bandung Dago

Ini sebenarnya pengalaman sebelum pandemi, kami sekeluarga sempat berlibur ke Bandung, menemani orangtua yang reuni dengan teman-teman kuliahnya. Kami memilih untuk menginap di The 1O1 Hotel Bandung Dago, salah satu hotel keluarga yang punya kamar untuk 4 orang dewasa.

The 1O1 Hotel Bandung Dago | Sumber: phm-hotels

Letaknya sangat strategis, di Jalan Dago. Kami sempat jalan kaki dari hotel ini ke Toko You untuk makan mie ayam favorit di kota ini, dan ke Soes Merdeka untuk jajan oleh-oleh. Tidak jauh dari sini juga ada Terminale Gelato, salah satu cafe dessert yang sering aku kunjungi bersama keluarga. Naik mobil ke Braga pun tak jauh. Semua lokasi favorit kami di kota Bandung mudah terjangkau dari hotel ini.

Review The 1O1 Hotel Bandung Dago, Kamar Duplex untuk Keluarga

Kami memesan kamar tipe duplex melalui aplikasi OTA. Tentunya mengecek dulu beberapa harga di aplikasi untuk mendapatkan yang termurah. Hehe.

Check-in standar pukul 14.00, prosesnya cepat dan nyaman. Lalu kami segera diantar menuju kamar oleh staff hotel.

Santai-santai habis perjalanan jauh dari Jakarta
Suasana tempat tidur di lantai atas

Kamar tipe duplex di The 1O1 Hotel Bandung Dago ini terdiri dari 2 lantai. Lantai atasnya tentu jarak ke langit-langitnya agak pendek, ala-ala mezzanine gitu. 2 Twin Bed di lantai bawah, dan 1 Queen Bed di lantai atas. Kamar ukuran 42 m2 ini sangat luas untuk kami ber-4.

Fasilitas di dalam kamar seperti hotel-hotel pada umumnya, toiletries, TV, mini bar, slippers, dan lainnya. Setiap lantai dilengkapi dengan meja dan kursi juga, cocok kalau semuanya mau WFH (Work From Hotel). Hahaha.

Lantai bawah menggunakan karpet, yang sebenarnya aku tidak terlalu suka karena sering berdebu. Tapi di hotel ini bersih, terbukti kami sekeluarga yang mudah alergi tidak bersin-bersin. Sementara lantai atasnya menggunakan kayu.

Sarapan Sepuasnya, Ada Indomie!

Sarapan Indomie

Menu breakfast di sini ya seperti hotel-hotel pada umumnya, ada menu Asia, Western, dan lokal. Yang unik, saking lokalnya, di sini juga ada Indomie! Bisa pakai topping ayam, sosis, dan sayuran juga. Suka banget karena Indomie-nya bisa minta tingkat kematangan juga, they take our requests seriously!

Lokasi restoran untuk breakfast ada di lantai dasar, sebelah lobby hotel. Tempatnya luas, dekat kolam renang. Salah satu sudut di restoran ini dipenuhi dengan dekorasi kayu-kayu rustic. Klasik, tapi sangat cantik!

Smoking area restoran tersedia di bagian outdoor, menghadap ke jalan raya. Ada kursi biasa dan sofa, banyak pilihannya!

Smoking area outdoor di restoran hotel
Kolam renang

Kolam renangnya semi outdoor, cenderung kecil menurutku. Kayanya akan kurang puas kalau berenang di holiday season karena bakal tumplek-plek penuhnya. Tapi, ukuran kolam renang ini sangat make sense dengan ukuran area hotel yang tidak terlalu luas. Di balik kolam renang ini ada toilet umum.


Overall, pengalaman menginap di The 1O1 Hotel Bandung Dago ini sangat menyenangkan. Kamar yang nyaman untuk keluarga, staff yang helpful, dan lokasi yang strategis menjadi pertimbangan utama kami.

Beberapa kali setelah ini kami ingin kembali ke hotel ini untuk menginap sekeluarga, tapi sayangnya belum kesampaian lagi, karena kamar tipe duplex ini lumayan high demand. Semoga berjodoh di lain hari!

Terima kasih sudah membaca. Ciao!