Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Mencicipi Kuliner Thailand di Boat Noodle Indonesia – Gandaria City, Jakarta

Hello!

Siapa yang sampai sekarang ingin banget jalan-jalan ke Thailand, tapi belum kesampaian? Ini sih sebenarnya aku banget, tapi kalau kamu juga sama, semoga bisa disegerakan rezekinya untuk berangkat ke Thailand ya!

Mencicipi kuliner street food Thailand sekarang bisa di Jakarta, lho! The very FIRST Thai Boat Noodle shop finally opens in Jakarta! Tepatnya di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Aku super excited buat coba makanan di sini, karena kala kata orang-orang emang seenak itu. Baca terus reviewnya di blog post ini ya!

Sekilas tentang Boat Noodle

Boat Noodle sebenarnya merupakan brand asal Malaysia, yang menyajikan makanan street food ala Thailand. Nah, boat noodle atau yang di Thailand disebut dengan kuaitiao ruea adalah mie dengan rasa kuah yang sangat kuat. Biasanya kuah diracik dengan kecap dan berbagai rempah lainnya.

Satu hal yang unik adalah, boat noodle di Thailand seringkali menggunakan darah sapi atau babi di dalam kuahnya! Tapi tenang saja, di Boat Noodle di Jakarta ini hanya menyajikan daging sapi dan ayam, tanpa setetes darah apapun, untuk menjamin ke-halal-annya.

Suasana Boat Noodle di Gandaria City Jakarta
Suasana Boat Noodle di Gandaria City Jakarta

Restoran Boat Noodle ini dekat dengan ATM BCA, cukup besar dan mencolok, jadi mudah ditemui. Di dalamnya cukup luas, mungkin muat 100-150 orang.

Furnitur yang digunakan kebanyakan terbuat dari kayu, dengan ambiance yang sangat nyaman dan katanya style-nya ala Thailand banget (masih katanya, soalnya aku belum pernah ke Thailand :p)

Suasana Boat Noodle di Gandaria City Jakarta

Dapur restoran Boat Noodle ini terletak di sebelah ruang makan. Kita bisa melihat langsung proses masaknya. Seru banget untuk yang bawa anak kecil, karena bisa nonton chef-nya masak. Di bagian depan dapur ada beberapa tumpuk mangkok ayam yang membuat Boat Noodle semakin terasa ‘street food’nya.

Menu Boat Noodle Gandaria City, Jakarta

Berhubung nama restorannya adalah Boat Noodle, jadi sudah pasti menu utamanya adalah mie. Eh, tapi nggak cuma mie aja, ada nasi dan berabagai macam snack dan dessert.

Boat Noodle – Rp8.500

Boat Noodle Ayutthaya Chicken
Boat Noodle Pathumthani Beef
Di sini kamu bisa coba 2 jenis kuah, yaitu Pathumthani dan Ayutthaya. Pathumthani lebih cair, rasanya kecap + rempah banget, agak asam dan sedikit pedas. Kalau Ayutthaya, tekstur kuahnya creamy banget, agak mirip kari. Bisa tambah cuka, kecap, dan bubuk cabe juga sesuai seleramu!

Ada 2 jenis mie yang bisa kamu pilih, rice atau egg. Rice ini agak mirip mie putih, dan egg mie kuning. Dagingnya bisa pilih sapi atau ayam sesuai selera. Harganya memang murah, tapi butuh sekitar 4-5 mangkok untuk bikin kenyang.

Hulk Smash Green Curry – Rp42.727

Hulk Smash Green Curry
Pecinta pedas pasti suka makanan ini! Potongan daging ayam fillet yang disajikan dengan saus kari hijau yang creamy dan gurih. Rasa pedasnya dominan banget!

Kra-Pow Chicken Rice – Rp42.727

Kra-Pow Chicken Rice

Hidangan nasi favorit di Boat Noodle! Daging ayam cincang yang super flavorful (savory, agak manis karena kecap, dan agak pedas). Disajikan dengan telur mata sapi di atas nasinya.

Grilled Beef Meatball – Rp19.090

Grilled Beef Meatball
Grilled Beef Meatball

Side dish yang wajib coba di sini. Kalau Bahasa Indonesia-nya sih dibilangnya Bakso Bakar ya. Anyway, rasanya manis-asam, agak mirip dengan kuah mie. Kalau menrutku sih agak kurang lama bakarnya. Ada yang terbuat dari ayam juga, tapi kalau aku lebih suka yang beef ini!

Thai Popeye’s Tempura – Rp29.090

Thai Popeye’s Tempura
Disebut Popeye’s Tempura karena ini adalah menu daun bayam yang dibalut tepung, lalu digoreng garing. Disajikan dengan saus yang creamy dan pedas (rasanya agak mirip kari menurutku). Cocok buat ngemil!

Thai Style Chicken Wings – Rp26.818

Thai Style Chicken Wing
Ekspektasi awalnya, ukuran chicken wings di sini bakal kayak pada umumnya, tapi ternyata kecil banget! Teksurnya super crunchy dan rasa asinnya juga pas. Dicocol pakai saus khasnya yang manis-pedas. Yummy!

Flame Grilled Ayam Legend – Rp39.999

Flame Grilled Ayam Legend

Sesui namanya, rasanya juga legend banget! Daging ayam yang lembut dan penuh citarasa bikin pengen nambah terus. Jangan lupa celupin ke saus yang manis-pedasnya untuk rasa yang makin nampol.

Sangkaya (Steamed Bread) – Rp34.545

Sangkaya (Steamed Bread)

One and only dessert yang disajikan di Boat Noodle. Roti tebal yang dikukus hingga lembut, dan disajikan dengan saus warna hijau yang manis! Jangan kelamaan foto-foto makanan ini, karena paling enak rasanya ketika disajikan hangat.

Cara makannya, aduk terlebih dahulu saus sangkaya di tengahnya hingga rata, lalu cocol roti ke dalam saus. WAJIB COBA!

Cha Yen & Cha Keow Yen (Chill Chill) – Coming Soon!

ChillChill @ Boat Noodle

Thai tea dan green tea di sini rasanya ngga semanis pada umumnya. Bisa disajikan hangat ataupun dingin. Kalau aku sih, pesan yang dingin karena botolnya bisa dibawa pulang (dna dipakai lagi!) 😀

——————————————————————————–

Overall, kunjungan ke Boat Noodle ini seru banget! Pelayanan dari staffnya yang ramah dan mau menjelaskan dari A-Z tentang menu-menu di sini (maklum, aku ga tau apa-apa soal Thai street food ini!). Rasa makanannya pun JUARA banget! Terutama Boat Noodle, Kra-Pow Chicken Rice, dan Sangkaya. Recommended buat kamu yang mau coba makanan khas Thailand di Jakarta!

Kira-kira menu mana yang paling pingin kalian coba? Share di kolom komentar bawah ya!

——————————————————————————–
Boat Noodle Indonesia
Gandaria City, Main Street Dining UG
Jl. Sultan Iskandar Muda, RT 10/06
Jakarta Selatan
Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!