Blog Kuliner & Perjalanan Marga

1 Day Trip di Singapore, Ke Mana Aja?

Februari kemarin, aku sempat jalan-jalan ke Singapore, SATU HARI AJA alias pulang-pergi. Pernah ada yang kepikiran buat 1 day trip ke Singapore juga kayak aku? Hahaha.

Gardens by the Bay

Jarak Jakarta-Singapore itu cuma 2 jam naik pesawat, bahkan sekarang kalau mau ke Bandung aja bisa 4-5 jam. Huft. Moda transportasi umum di sana juga sudah sangat baik, mau jalan-jalan pun gampang, nggak perlu sewa mobil atau motor segala. Sayangnya cuma satu, di sana serba mahal! Kebayang nggak, beli aqua botol 600ml aja bisa S$ 2 atau setara Rp20.000-an. Kalau mau nginep, expense juga akan semakin bengkak. So, why not jalan-jalan dalam satu hari aja?

Rekomendasi Itinerary 1 Day Trip Singapore

Jadi ini dia ititnerary rekomendasiku untuk 1-day trip di Singapore:

Naik Pesawat Subuh

Salah satu kunci utama 1-day trip adalah, DON’T WASTE YOUR TIME! Pesanlah tiket pesawat paling pagi. Kemarin aku dapat yang jam 6 pagi, mendarat di Changi Airport sekitar jam 9 pagi. Aku sarankan untuk pergi tanpa bagasi, jadi nggak perlu nunggu baggage-claim. Bawa ransel aja cukup.

Jalan-jalan Naik MRT

Singapore Tourist Pass

Dari terminal 2 Changi Airport, turun ke bawah menuju stasiun MRT. Kalau belum punya kartu Ez-Link (kartu langganan transportasi umum di Singapore, bisa di-topup, berlaku sekitar 5 tahun sejak pembelian), aku rekomendasi buat beli 1-day tourist pass seharga S$ 10 dengan deposit S$ 10, jadi total siapkan uang S$ 20. Sebenarnya kalau aku selalu prefer naik MRT daripada bus, karena bus nunggunya suka lama. Hahaha.

Brunch di Tiong Bahru Bakery

Ini salah satu bakery yang lagi happening banget di antara warga Singapore dan turis juga. Naik MRT  dari terminal 2 Changi Airport, transit di Tanah Merah, ke jalur East West Line (warna hijau), turun di Tiong Bahru MRT Station, jalan sekitar 10 menit.

Selamat datang di Tiong Bahru Bakery!
Croissant favorit di sini!

Di sini menu rekomendasinya adalah croissant. Konon katanya adalah yang terenak se-Singapore, dan bahkan lebih enak daripada di Perancis. Kalau lapar, pesan yang isi daging saja. Btw, air mineral di sini gratis, minum yang banyak aja daripada kehausan nanti. Hehehe.

BACA JUGA: Weekend Brunch di Tiong Bahru Bakery, Singapore

Foto-foto di Haji Lane

Rasanya emang kurang lengkap kalau main ke Singapore, tapi nggak mampir buat foto OOTD di Haji Lane. Sebenarnya paling enak datang ke sini pagi-pagi. Karena MASIH SEPI, jadi nggak ada yang photobomb hahaha. Pinter-pinter aja nyari spot yang bagus, di sini ada banyak. Jangan lupa bawa air minum, karena cuaca biasanya lumayan panas.

Duduk-duduk di kafe Haji Lane
Foto-foto di Haji Lane

Cara ke sini adalah naik MRT, dari Tiong Bahru naik jalur East West Line (warna hijau), turun di Bugis MRT Station. Lalu, jalan ke arah Haji Lane.

Makan Siang di Zam Zam

Salah satu restoran halal di daerah Bugis yang wajib dicoba! Biasanya lumayan penuh, tapi pelayanan di sini cepat (banget), jadi kalaupun nunggu nggak perlu lama. Menu yang wajib dicoba adalah Murtabak Rusa. Rasanya mirip-mirip daging sapi, tapi teksturnya sedikit lebih keras. Untuk minum, pesan teh tarik.

 

Foto-foto di Merlion Park dan Marina Bay Sands

Kalau pertama kali ke Singapore, rasanya kurang afdol kalau nggak foto bareng patung Merlion. Dari Bugis MRT Station, naik jalur East West Line (warna hijau), turun di Raffles Place, lalu jalan sedikit. Foto-foto di patung Merlion ini emang agak untung-untungan, kadang ramainya nggak ada obat, kadang juga sepi.

Marina Bay Sands

Jangan lupa juga untuk foto di depan hotel Marina Bay Sands yang iconic di Singapore ini ya! Susurin terus jalanan ini menuju Gardens by the Bay (kurang lebih sekitar 30 menit jalan kaki).

Gardens by The Bay, Makan Malam di Satay by the Bay

Masuk ke Gardens by the Bay ini gratis, yang bayar itu kalau mau naik ke OCBC Skyway, masuk ke dalam Flower Dome atau Cloud Forest. Kalau mau hemat biaya, bisa jalan-jalan di tamannya aja. Kalau udah mulai gelap, Supertree Groove yang iconic di Gardens by the Bay ini juga keren banget, lho!

alan lagi ke bagian belakang menuju Satay by the Bay. Ini adalah semacam food court dengan pilihan makanan yang sangat beragam, mulai dari BBQ, chinese food, dan western food. Rekomendasiku adalah cobain sate di sini. Pilihan dagingnya ada chicken dan mutton (kambing). Bedanya dengan sate di Indonesia, sate di Singapore ini disajikan dengan bumbu kari. Lontongnya cuma 4 potong, tapi gede-gede banget.

Pulang ke Changi Airport, Naik Pesawat Paling Malam

Nggak jauh dari Satay by the Bay, ada halte bus Gardens by the Bay. Naik bus no 400 (sebenarnya sih ini memang satu-satunya bus yang lewat di sini), turun di halte Marina Bay MRT Station. Naik MRT jalur North South Line (warna merah), transit di Raffles City, pindah ke jalur East West Line (warna hijau), lalu transit lagi nantinya di Tanah Merah, pindah ke jalur yang menuju Changi Airport.

Singapore di malam hari

Tips 1 Day Trip di Singapore

Sebelum memulai dan merencanakan 1 day trip di Singapore, ada beberapa hal yang aku rekomendasikan buat kamu, yaitu:

Kira-kira begitulah tips itinerary 1 day trip di Singapore ala aku. Kalau kamu main ke Singapore, paling ingin jalan-jalan kemana nih? Share di kolom komentar ya!

——————————————————————————–

Let’s connect!  I don’t bite 😀  

Facebook | Twitter | Instagram

*** Thank you for reading,
See you on the next post! 

1.352083103.819836