Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Pertama Kali Menginap di Hotel Halal – Sofyan Soepomo, Jakarta


Hello!

Pernah dengar soal Sofyan Hotel? Aku sendiri sampai hari-h kunjungan ke sini, belum tahu banyak soal Sofyan Hotel. Cuma sebatas hotel halal yang sudah berdiri sejak lama, gedungnya unik dan klasik khas Indonesia.

Ternyata, hotel yang dibangun pada tahun 1970 ini awalnya seperti hotel pada umumnya, tapi di tahun 2003 akhirnya memutuskan untuk hijrah dan menjadi salah satu pencetus hotel halal di Indonesia. Yang membedakan hotel halal dan yang lainnya adalah di sini, setiap pasangan yang menginap harus sudah menikah. Makanan yang disajikan di hotel ini juga sudah terjamin halal dan tidak ada alkohol yang dijual.

Sofyah Hotel Soepomo, Jakarta

Sofyan Hotel ini bisa ditemukan di Cut Meutia, Menteng dan Soepomo, Tebet. Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan untuk menginap di Sofyan Hotel cabang Soepomo, Tebet. Itung-itung untuk melepas rasa penasaran menginap di hotel halal itu kayak apa.

Menginap di Hotel Halal – Sofyan Soepomo, Jakarta

Menuju hotel ini cukup mudah, banyak kendaraan umum yang lewat dan letaknya tidak jauh dari pusat perkantoran. Kalau naik kereta, paling dekat turun di Stasiun Cawang, lalu sambung ojek.

Sofyan Hotel yang di Soepomo ini cocok untuk traveler yang sibuk tapi membutuhkan tempat istirahat yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Gaya arsitektur yang digunakan minimalis klasik, warna-warna yang digunakan adalah putih-krem, membuat suasananya terasa nyaman sejak langkah pertama masuk ke hotel ini.

Kamar Suite Sofyan Hotel, Soepomo, Jakarta
Lengkap dengan ruang tamu!
Ranjang ukuran king yang wangi dan nyaman banget
Fasilitas di kamar mandi juga lengkap!

Kamar yang aku tempati adalah tipe Suite, dengan 1 ranjang ukuran king + ruang TV + meja makan. Suka banget sama kasurnya yang bersih, wangi, empuk, dan bikin betah. Di kamar mandi pun sudah ada toiletries dan hair dryer. Lengkap banget, kan?

Karena Sofyan Hotel ini adalah hotel halal, di setiap kamar juga bisa ditemukan Al-Quran, buku doa, sajadah, sarung, dan mukena. Di area umumnya, juga ada musola yang besar dan nyaman.

Suasana saat sarapan di Sofyan Hotel Soepomo, Jakarta
Menu yang sederhana tapi lengkap
Di dinding restoran juga ada mural yang informatif
Sambal goreng kentangnya enak banget!

Soal sarapan, di Sofyan Hotel ini pilihannya memang nggak terlalu banyak, tapi lengkap. Mulai dari makanan berat, buah, dessert, sampai dengan jus. Mayoritas menunya khas Indonesia, dan favoritku adalah sambal goreng kentangnya. Juara banget!

Makan Malam Ayam Geprek

Nah, bulan November ini, Potpurri Restaurant di Sofyan Hotel launching menu baru, yaitu ayam geprek dengan 2 rasa, sambal matah dan sambal limau. Kalau suka yang pedas (banget), monggo pesan yang ayam geprek sambal limau! Bisa tambah extra mozzarella juga buat bikin ayam gepreknya makin gurih dan lezat.

Ayam Geprek Sambal Matah
Ayam Geprek Sambal Limau

Favoritku yang ayam geprek sambal matah, karena rasa pedasnya cenderung segar-segar gitu. Nggak terlalu berminyak juga. Ayam yang digunakan adalah potongan dada fillet, jadi nggak perlu khawatir sama tulang-tulangan. Yummy!

Soal harga, ayam geprek ini dibanderol dengan harga Rp45.000 aja, itu udah sepaket sama minum teh juga. Harganya murah banget menurutku, mengingat ini restoran di hotel. Biasanya kan suka ajaib harganya… Hahaha.

Ngopi Santai di Potpourri Cafe

Masih satu area dengan Sofyan Hotel Soepomo, ada coffee shop Potpourri, yang juga sering jadi tempat nongkrong para penghuni hotel dan orang-orang yang memang lagi lewat tempat ini.

Suasana Potpourri Cafe
Ngopi-ngopi cantik dulu~

Ada area outdoor dan indoor di sini, tapi area outdoor-nya nggak terlalu luas. Tempatnya bersih dan nyaman, bikin betah berlama-lama. Harga minumannya juga nggak mahal!

Sehabis makan ayam geprek, aku sempat ikutan temanku ngopi santai dulu di sini. Aku sih minumnya teh, karena kebetulan perut lagi nggak bisa diajak kompromi. Kalau lagi sehat waalfiat sih pasti udah sikat juga kopinya. Wanginya enak banget!

Al-Quran dan buku doa di meja kamar
Welcome drink, minuman jahe

Untuk harga per-malam, di Sofyan Hotel Soepomo ini mulai Rp390.000 / malam, tapi bisa juga kalau mau menginap sebulan di sini! Rate-nya sekitar Rp9.000.000, sudah termasuk sarapan.

Gimana gimana, jadi kepingin liburan nggak nih?

——————————————————————————–

Sofyan Hotel Soepomo
Jl. Prof. DR. Soepomo No.23
Tebet, Jakarta Selatan
Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!