Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019

Kabar gembira untuk pecinta kuliner nusantara, Festival Jajanan Bango 2019 hadir di akhir pekan ini, 16-17 Maret 2019 ini! Tepatnya di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Area Parkir Squash, kamu bisa menemukan lebih dari 80 stand yang menjajakan kuliner legendaris nusantara.

Rasanya sayang kalau sampai kelewatan acara ini, apalagi banyak banget teman-teman yang rekomendasiin acara ini. Jadi di hari pertamanya kemarin, aku melipir ke GBK buat wisata kuliner di acara Festival Jajanan Bango (FJB 2019). Lengkapnya tentang acara dan beberapa makanan yang bisa kamu coba, bakal aku share di blog post kali ini. Pastiin kamu baca sampai habis ya!

Sate Maranggi Tukang Masak

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019

FJB 2019 ini mengangkat tema ‘Kelezatan Asli, Lintas Generasi’. Tujuannya tentu untuk mendorong masyarakat, khususnya pecinta kuliner, supaya turut melestarikan kuliner khas Indonesia. Tau dong, ada banyak spot kuliner di Jakarta misalnya, yang udah berdiri sejak tahun 1900-an. Bahkan sebelum orangtuaku lahir, spot kuliner tersebut udah terkenal. Sebut aja misalnya Soto Betawi H. Ma’ruf yang udah eksis sejak 1940.

Nggak cuma kuliner Jakarta aja, ada banyak juga kuliner legendaris dari berbagai daerah. Salah satu yang menarik perhatianku adalah Sate Klatak Pak Pong. Tempat makan sate kambing yang wajib banget disambangi kalau lagi main ke Yogyakarta.

Antraian mau beli makan
Yang duduk makan juga rame banget!

Acara ini beneran rame banget! Mungkin karena baru hari pertama juga, jadi orang masih semangat banget dan super penasaran. Tempat duduk kursi dan meja sebenarnya ada banyak, tapi tetap nggak seimbang sama jumlah pengunjung.

Eits, tenang aja, ada hamparan karpet luas di depan panggung utama. Jadi makannya bisa sambil lesehan. Di panggung ini juga ada live music yang menemani makan kita. Kalau hari Minggu ini, katanya bakal ada RAN manggung juga. Seru banget!!

Area panggung dengan lesehan karpet di depannya

Buat yang pengen foto-foto, spot Instagramable juga ada banyak kok. Apalagi acaranya outdoor, jadi cahayanya gak perlu diragukan. Cekrek-cekrek dikit, pasti cakep hasilnya.

Kartu stempel merchandise

Oh iya, sebelum masuk arena FJB 2019, jangan lupa buat ambil kartu ini. Nanti setiap transaksi, kartunya bakal dikasih cap. Kalau udah penuh dan upload foto di Instagram, bisa dapat merchandise menarik. Kecap sama tote bag gitu. Lumayan, buat kenang-kenangan. Hehehe.

Berapa Harga Makanannya? Mahal?

Beberapa makanan yang aku coba, harganya kisaran Rp30.000-Rp40.000 untuk makanan berat. Sementara camilan macam cilok cuma Rp15.000-an aja. Menurutku harganya nggak mahal untuk di stand-stand festival gini. Apalagi porsinya udah besar, ngenyangin banget.

Soto Roxy H.Darwasa Jakarta

Yang Wajib Dibawa Ke FJB 2019

Berhubung sebagian besar acaranya outdoor dan lumayan panas, jadi saranku jangan lupa bawa topi! Sekalian bawa kipas angin yang dicolok ke power bank itu juga ya! Kalau datang sama orangtua, bisa bawain tempat duduk portable (yang bisa dilipat jadi kayak tongkat gitu), karena takutnya susah dapat tempat duduk dan nggak bisa duduk lesehan.

Area meja makan yang tanpa tempat duduk

Jangan lupa juga buat bawa uang tunai untuk transaksi. Di sini tersedia ATM BCA sih, tapi ya antrinya lumayan. Mending siapin dari awal deh. Bawa secukupnya aja, soalnya makanannya enak semua, bae-bae kalap~

Kalau di arena stand makanan, yang jual minuman cuma Sari Wangi aja. Mereka jual es teh gelasan gitu. Ngantrinya panjaaaang banget! Jadi sarankan beli aja minuman kemasan di minimarket portable-nya, ada di pinggiran venue.

Cara ke FJB 2019 Gimana?

Area Parkir Squash GBK ini letaknya dekat gedung basket. Kalau naik ojek atau kendaraan umum, turunnya di Gate 11 (depan Hotel Mulia), terus jalan dikit. Kalau bawa mobil, parkir paling dekat di area JCC, masuknya dari Gate 10 (depan TVRI).

Cwie Mie Malang Regia
 
Makan dulu bosque~

Ada HTM? Berapa?

GRATIS! Kamu bisa menjajal Festival Jajanan Bango 2019 ini secara cuma-cuma. Caranya cukup daftar online aja dulu di bit.ly/FJB2019-marga . Sebenarnya di sana juga bisa daftar offline, tapi ngantrinya lumayan panjang. Jadi mending online aja, nanti sampai di venue tinggal scan barcode.

Acaranya Jam Berapa Sampai Jam Berapa?

Oh iya, ini nggak kalah penting infonya. Acara FJB 2019 ini mulai jam 08:00 – 22:00. Kalau menurutku, enaknya datang pagi atau sore. Jadi udah nggak terlalu panas. Hehehe. Pulang CFD-an mampir ke sini dulu juga sabi!

Masuk ke venue
Sate Padang Ajo Ramon

Udah siap berburu kuliner Indonesia? Yuk, mampir ke Festival Jajanan Bango 2019 dan ikuti keseruannya juga! Sekalian buat melestarikan kuliner legendris Indonesia~

——————————————————————————–
Festival Jajanan Bango 2019
Gelora Bung Karno
Area Parkir Squash
Jakarta

 

Let’s connect! 
I don’t bite 😀
 
Facebook | Twitter | Instagram

 

***
Thank you for reading,
See you on the next post!