Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019

11:32 AM

Kabar gembira untuk pecinta kuliner nusantara, Festival Jajanan Bango 2019 hadir di akhir pekan ini, 16-17 Maret 2019 ini! Tepatnya di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Area Parkir Squash, kamu bisa menemukan lebih dari 80 stand yang menjajakan kuliner legendaris nusantara.

Rasanya sayang kalau sampai kelewatan acara ini, apalagi banyak banget teman-teman yang rekomendasiin acara ini. Jadi di hari pertamanya kemarin, aku melipir ke GBK buat wisata kuliner di acara Festival Jajanan Bango (FJB 2019). Lengkapnya tentang acara dan beberapa makanan yang bisa kamu coba, bakal aku share di blog post kali ini. Pastiin kamu baca sampai habis ya!

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Sate Maranggi Tukang Masak

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019

FJB 2019 ini mengangkat tema 'Kelezatan Asli, Lintas Generasi'. Tujuannya tentu untuk mendorong masyarakat, khususnya pecinta kuliner, supaya turut melestarikan kuliner khas Indonesia. Tau dong, ada banyak spot kuliner di Jakarta misalnya, yang udah berdiri sejak tahun 1900-an. Bahkan sebelum orangtuaku lahir, spot kuliner tersebut udah terkenal. Sebut aja misalnya Soto Betawi H. Ma'ruf yang udah eksis sejak 1940.

Nggak cuma kuliner Jakarta aja, ada banyak juga kuliner legendaris dari berbagai daerah. Salah satu yang menarik perhatianku adalah Sate Klatak Pak Pong. Tempat makan sate kambing yang wajib banget disambangi kalau lagi main ke Yogyakarta.

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Antraian mau beli makan
Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Yang duduk makan juga rame banget!
Acara ini beneran rame banget! Mungkin karena baru hari pertama juga, jadi orang masih semangat banget dan super penasaran. Tempat duduk kursi dan meja sebenarnya ada banyak, tapi tetap nggak seimbang sama jumlah pengunjung.

Eits, tenang aja, ada hamparan karpet luas di depan panggung utama. Jadi makannya bisa sambil lesehan. Di panggung ini juga ada live music yang menemani makan kita. Kalau hari Minggu ini, katanya bakal ada RAN manggung juga. Seru banget!!

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Area panggung dengan lesehan karpet di depannya
Buat yang pengen foto-foto, spot Instagramable juga ada banyak kok. Apalagi acaranya outdoor, jadi cahayanya gak perlu diragukan. Cekrek-cekrek dikit, pasti cakep hasilnya.

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Kartu stempel merchandise
Oh iya, sebelum masuk arena FJB 2019, jangan lupa buat ambil kartu ini. Nanti setiap transaksi, kartunya bakal dikasih cap. Kalau udah penuh dan upload foto di Instagram, bisa dapat merchandise menarik. Kecap sama tote bag gitu. Lumayan, buat kenang-kenangan. Hehehe.

Berapa Harga Makanannya? Mahal?

Beberapa makanan yang aku coba, harganya kisaran Rp30.000-Rp40.000 untuk makanan berat. Sementara camilan macam cilok cuma Rp15.000-an aja. Menurutku harganya nggak mahal untuk di stand-stand festival gini. Apalagi porsinya udah besar, ngenyangin banget.

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Soto Roxy H.Darwasa Jakarta

Yang Wajib Dibawa Ke FJB 2019

Berhubung sebagian besar acaranya outdoor dan lumayan panas, jadi saranku jangan lupa bawa topi! Sekalian bawa kipas angin yang dicolok ke power bank itu juga ya! Kalau datang sama orangtua, bisa bawain tempat duduk portable (yang bisa dilipat jadi kayak tongkat gitu), karena takutnya susah dapat tempat duduk dan nggak bisa duduk lesehan.

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Area meja makan yang tanpa tempat duduk
Jangan lupa juga buat bawa uang tunai untuk transaksi. Di sini tersedia ATM BCA sih, tapi ya antrinya lumayan. Mending siapin dari awal deh. Bawa secukupnya aja, soalnya makanannya enak semua, bae-bae kalap~

Kalau di arena stand makanan, yang jual minuman cuma Sari Wangi aja. Mereka jual es teh gelasan gitu. Ngantrinya panjaaaang banget! Jadi sarankan beli aja minuman kemasan di minimarket portable-nya, ada di pinggiran venue.

Cara ke FJB 2019 Gimana?

Area Parkir Squash GBK ini letaknya dekat gedung basket. Kalau naik ojek atau kendaraan umum, turunnya di Gate 11 (depan Hotel Mulia), terus jalan dikit. Kalau bawa mobil, parkir paling dekat di area JCC, masuknya dari Gate 10 (depan TVRI).

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Cwie Mie Malang Regia
Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Makan dulu bosque~

Ada HTM? Berapa?

GRATIS! Kamu bisa menjajal Festival Jajanan Bango 2019 ini secara cuma-cuma. Caranya cukup daftar online aja dulu di bit.ly/FJB2019-marga . Sebenarnya di sana juga bisa daftar offline, tapi ngantrinya lumayan panjang. Jadi mending online aja, nanti sampai di venue tinggal scan barcode.

Acaranya Jam Berapa Sampai Jam Berapa?

Oh iya, ini nggak kalah penting infonya. Acara FJB 2019 ini mulai jam 08:00 - 22:00. Kalau menurutku, enaknya datang pagi atau sore. Jadi udah nggak terlalu panas. Hehehe. Pulang CFD-an mampir ke sini dulu juga sabi!

Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Masuk ke venue
Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2019
Sate Padang Ajo Ramon
Udah siap berburu kuliner Indonesia? Yuk, mampir ke Festival Jajanan Bango 2019 dan ikuti keseruannya juga! Sekalian buat melestarikan kuliner legendris Indonesia~

--------------------------------------------------------------------------------

Festival Jajanan Bango 2019
Gelora Bung Karno
Area Parkir Squash
Jakarta



Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

6 comments

  1. sate dan gule kambing 29 itu top tenan deeh. dah lama gak makan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin di sana nemunya sate klatak pak pong, antriannya super panjangg

      Delete
  2. Gile bikin ngiler ini, sayang aku melewatkannya. Duh itu sate Maranggi udah dadah2 kece gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((dadah dadah kece))) hahahaha. Sate maranggi dilewatin aja stand-nya pas di sana udah wangi banget :(

      Delete
  3. Saking banyaknya menu malah jadi bingung mau cobain yg mana

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan Nama Saya Ibu Paryati Dari Tanggeran Saya Ingin Menceritakan Awal Mula Kesuksesan Saya Melaluai Pesugihan Uang Gaib MBAH GALANGSETA Awalnya Saya Ragu Mengikuti Pesugihan Uang Gaib Karna Saya Terbilang Orangnya Enggang Dengan Hal Gaib ,, Tetapi Dengan Hanya Mencoba 1 Kali Dengan Niat Besar Saya Ingin Punya Rumah Besar Di Wilayah Tangerang ,, Sungguh Sangat Luar Biasa ,, Petunjuk MBAH GALANGSETA"
    Sungguh Sangat Terbukti Nyata ,, Dengan Biaya RP.2,000,000 Saya Terbantu Dengan Dana Gaib RP.500,000,000-, Hanya Dalam Waktu Kurung Lebih 3 Jam Saja Menungguh Proses Ritualnya ,, Saya Bersaksi Bukan Muluk-Muluk Tetapi Kenyataan Yang Sebenarnya Yang Saya Alami Sungguh Terbukti Nyata Dan Jangan Takut Pesugihan Yang Dilakukan MBAH GALANGSETA Aman Dan Terpecaya Tanpa Tumbal Tanpa Resiko Bener-Bener Nyata ,, Terima Kasih MBAH GALANGSETA" Bagi Anda Yang Ingin Merubah Nasib Seperti Saya Melalui Pesugihan Uang Gaib Silahkan Hubungi MBAH GALANGSETA di No.HP/Imo/Whatsapp(wa): 0853 3563 3089 Atau Untuk Lebih Jelasnya KLIK DISINI
    ,, Saya Mengucapkan Banyak-Banyak Terima Kasih Atas Bantuan Anda ... Matur Suwun

    ReplyDelete