Blog Kuliner & Perjalanan Marga

7 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Malaysia yang Anti Mainstream

Jalan-jalan ke Malaysia memang seru! Selain nggak perlu merogoh tabungan terlalu dalam untuk beli tiket, biaya hidupnya cukup terjangkau. Tempat wisata di Kuala Lumpur juga ada buanyaaak banget!

Sudah siap wisata di Kuala Lumpur? | Foto: Shutterstock

Sesampainya di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), cara paling mudah adalah naik kereta KLIA Ekspres menuju KL Sentral. Dari KL Sentral, kamu bisa mengunjungi setiap sudut kota Kuala Lumpur, Malaysia dengan mudah karena banyak transportasi umum! Cek jam operasional KLIA Ekspres, sesuaikan dengan jam kedatangan pesawatmu ya~

Tempat Wisata Kuala Lumpur, Malaysia, yang Anti Mainstream

Biasanya, kalau ke Kuala Lumpur, Malaysia, pasti bakal mampir dan foto di depan Twin Tower. Rasanya liburan nggak afdol kalau ga punya selfie depan menara kembar ini. Masih banyak juga tempat wisata di Kuala Lumpur, Malaysia yang anti mainstream. Ini beberapa tempat yang aku juga kepingin kunjungin sih. Daripada lupa, maka aku tulislah di blog saja. Siapa tau ada yang membutuhkan juga~

1. Perdana Botanical Gardens

Perdana Botanical Gardens | Foto: Shutterstock

Tempat wisata yang dulunya dikenal dengan Taman Tasik Perdana atau Lake Gardens ini menawarkan banyak atraksi yang menarik! Mulai dari air terjun yang indah, sampai dengan sederet koleksi flora tropis. Konon katanya, taman ini didirkan sejak tahun 1880-an. Antik banget!

Tanaman yang wajib kamu lihat di sini adalah anggrek dan kembang sepatu. Nggak ada biaya masuk yang perlu kamu bayar buat mengunjungi Perdana Botanical Gardens, makanya di sini ramai pengunjung. Kalau mau sepi, datanglah saat weekday.

Jam buka: Setiap hari, 07:00-20:00
Cara ke sini: Naik bus RapidKL No.B112 dari Stasiun LRT Pasar Seni

2. Laman Seni 7 Shah Alam

Laman Seni 7 Shah Alam | Foto: Shutterstock

Tempat wisata Kuala Lumpur yang satu ini dibangun pada tahun 2013 oleh Majlis Bandaraya Shah Alam (Dewan Kota Shah Alam). Gang-gang kecil yang tersembunyi dijadikan zona kreatif.

Daerah yang warna-warni ini ramai dikunjungi wisatawan dan warga lokal untuk berfoto-foto. Siapkan baterai dan memori kameramu, karena pasti bakal ingin berfoto di setiap sudutnya!

Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Cara ke sini: KMT Koumter Train, turun di Padang Jawa Station (KD12)

BACA JUGA: Kuliner Halal di Jalan Alor, Kuala Lumpur

3. KL Forest Eco Park

KL Forest Eco Park | Foto: Shutterstock

Tempat wisata ini merupakan cagar alam tertua di Malaysia. Wajib banget dikunjungi buat kamu yang doyan hiking. Apalagi dengan atrasi terbarunya, Canopy Walk setinggi 200m. Kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan hutan dan kota dari atas ketinggian. Keren deh!

Tenang, buat masuk ke KL Forest Eco Park, nggak dipungut biaya. Ada juga visitor centre yang menyajikan koleksi-koleksi menarik. Tur pemandu yang bisa mengajakmu berkeliling tersedia di jam 10:30, 12:30, 14:30, dan 16:30.

Jam buka: Setiap hari, 07:00-18:00
Cara ke sini: Jalan sekitar 10 menit dari China Town / LRT ke Stasiun Dang Wangi

3. Masjid Negara

Bagian outdoor Masjid Negara | Foto: Shutterstock
Bagian indoor Masjid Negara | Foto: Shutterstock

Masjid ini letaknya di ujung Perdana Botanical Gardens, Kuala Lumpur. Ruang suci ibadahnya dibuka bagi pengunjung di jam-jam tertentu. Sebelum masuk, kita bisa dikasih pinjam jubah panjang. Jangan lupa buat lepas alas kaki dan menjaga volume suara supaya nggak ganggu yang lagi ibadah ya!

Hal yang unik di tempat ini tentu adalah arsitekturnya yang modern. Jika dilihat dari atas, kubah masjidnya berbentuk bintang 16! Di area luar masjid juga terdapat halaman luas dengan kolam-kolam yang bikin suasana sejuk.

Jam buka: Sabtu-Kamis, 09:00-23:00 | Jumat, 02:45-18:00
Cara ke sini: Naik bus GO KL, turun di Halte Masjid Negara

4. Kampung Bharu

Kampung Bharu Kuala Lumpur | Foto: Shutterstock

Buat kamu yang penasaran dengan rumah-rumah kayu tradisional khas Melayu, Kampung bharu adalah tempat yang wajib kamu kunjungi! Jangan lupa cicipi nasi lemak dari warga lokal yang berjualan di area ini. Dijamin kamu nggak bakal nyesal!

Kunjungi juga rumah Master Mat, yang dibangun pada tahun 1921. Dulunya, rumah ini adalah tempat tinggal seorang guru yang dihormati di Kuala Lumpur.

Jam buka: Setiap hari (direkomendasikan datang pada 16:30-19:00)
Cara ke sini: LRT ke Kampung Baru Station

5. Kuala Lumpur Cultural Craft Complex

Mau liat kerajinan seni a la Malaysia? Datang aja ke Kuala Lumpur Cultural Craft Complex di Jalan Conlay ini! Di sini ada gedung museum, perkampungan seniman, desa kerajinan, galeri batik, dan tentunya toko oleh-oleh. Coba deh, datang dan lihat langsung proses pembuatan batik dan tembikar atau menenun keranjang tradisional di sini.

Kalau mau ikut bikin kerajinan seni, kamu cuma perlu bayar biaya apresiasi. Menarik, kan?

Jam buka: Setiap hari, 09:00-17:30
Cara ke sini: Jalan kaki dari KLCC

6. Thean Hou Temple

Wisata religi di Thean Hou Temple | Foto: Shutterstock

Kuil seluas 6.700 meter persegi ini dibangun sebagai bentuk dedikasi terhadap Dewi Laut Mazu. Hingga kini, kuil Thean Hou masih digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat Tionghoa Malaysia. Kuil cantik ini dihiasi dengan warna-warna cerah, terutama merah.

Thean Hou Temple dibuka untuk umum, semua bisa mengunjunginya. Asal, jangan lupa untuk tetap menghormati peraturan yang ada ya! Dari kuil 6 lantai ini, kamu bisa melihat pemandangan kota Kuala Lumpur yang cantik banget!

Jam buka: Setiap hari, 09:00-18:00
Cara ke sini: LRT ke Bangsar Station, lanjut taxi 2-3 km

Gimana? Habis baca ini jadi makin semangat kepingin ke Kuala Lumpur, Malaysia, nggak sih? Mari semangat nabung buat wisata ke Kuala Lumpur~~

BACA JUGA: 1 Day Trip di Singapore, ke Mana Aja?

————————————–

Let’s connect!  I don’t bite 😀

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post!