Samsara Indonesian Cuisine - Senopati, Jakarta

1:35 AM



Hello!

Kalau bicara soal makanan Indonesia, emang pasti nggak bakal ada habisnya. Kuliner Indonesia selalu berhasil meninggalkan kesan baik di lidahku. Biasanya, makanan Indonesia di restoran harganya cenderung lebih murah, dan disajikan dengan cara yang sangat klasik. Namun, bukan berarti makanan Indonesia tidak bisa dikemas dengan indah dan menarik, lho.

Beberapa waktu lalu, aku mendapat sebuah undangan VIP Dinner di Samsara Indonesia Cuisine. Cukup penasaran karena restoran ini menyajikan hidangan khas Indonesia dengan peyajian yang sangat high class.

Restoran Baru di Senopati: Samsara Indonesian Cuisine


Restoran ini terletak di Jl. Gunawarman. Walaupun belum sepenuhnya selesai dibangun, gedung restoran Samsara yang didominasi warna putih ini tampak menarik perhatian dengan aksen merah di bagian pintu dan jendelanya. Interior di dalamnya juga sangat mewah.



Untuk kesempatan khusus seperti pertemuan keluarga atau acara ulang tahun, Samsara bisa menyiapkan tampilan meja yang mewah seperti ini.

Menu Samsara Indonesian Cuisine

Di kesempatan tersebut, aku mencoba beberapa menu yang diunggulkan oleh Samsara. Mulai dari appetizer, main course, sampai dengan dessert. Tentu saja, semuanya adalah hidangan Indonesia yang kita akrab temui sehari-hari, tapi disajikan dengan sangat baik!

Lemper Cakalang Fufu - Rp55.000

Sticky rice cakes filled with lumber jack tuna ragout and green tomato salsa.

Salah satu makanan yang paling aku nantikan kalau dapat snack box, lemper! Kali ini, lempernya tidak dibungkus daun dan disajikan di piring, dihias dengan ikan kering, bunga kecombrang, serta tomato salsa.



Isi ragout tunanya enak banget! Padat dan gurih. Di luar dugaan, tomato salsa-nya tidak pedas. Ikan kering di sisi kiri dan kanannya ini manis asin.

Pangsit Panggang Udang Ronggeng - Rp65.000

Pan grilled chicken and shrimp ravioli with sweet and sour chili vinaigrette 

Saat disajikan, hidangan ini wanginya sedap banget! Ekspektasi aku saat lihat hidangan ini pertama kali adalah pangsitnya dipanggang hingga garing dulu, baru disiram saus. Sayangnya tidak, hiks.



Satu hal lagi yang di luar ekspektasi adalah, isiannya yang banyak dan padat! Kalau soal rasa sih, nggak perlu diragukan, sudah pasti selezat wanginya. Bisa dibilang ini adalah salah satu hidangan terbaik malam ini.

Sop Buntut Jadoel - Rp110.000

Classic Indonesian oxtail soup served with bone marrow, pickled vegetable, and sambal ijo.

Siapa sih yang nggak doyan sop buntut? Kelezatan kaldu sop buntut dipadukan dengan daging sapi yang lembut. Yummy! Di Samsara, hidangan sop buntut ini disajikan dengan sumsum yang lezatnya pakai banget.



Sop Buntut Jadoel ini makin lezat kalau disajikan dengan perasan jeruk nipisnya. Buat kamu yang suka pedas juga bisa tambah sambal hijau.

Rujak Sorbet - Rp55.000



Hampir semua orang Indonesia pasti pernah coba rujak. Nah, kebayang nggak kalau rujak ini dibuat jadi es serut? Rujak Sorbet di Samsara ini terbuat dari buah kedondong. Rasanya campuran manis, asam, dan sedikit pedas. Bisa dibilang, ini hidangan yang paling unik di sini.

Nasi Jagung Seruling Bambu - Rp85.000

Corn rice cooked in green bamboo with lumber jack tuna, green chili, stinky bean, anchovy, casava leaf, and Indonesian basil

Masuk ke hidangan utama, kamu bisa coba Nasi Jagung Seruling Bambu yang disajikan bersama batangan bambunya ini. Jangan salah, bambu ini nggak cuma untuk sekedar pajangan, tapi juga digunakan untuk memasak. Hidangan ini sudah komplit dengan lauk pauknya, dan disajikan dengan, rengginang, serta acar.

Celestial Pearl - Rp55.000

An amazingly creative interpretation of es podeng that is designed to impress. Traditional handmande Indonesian durian ice cream hidden like a precious celestial pearl inside a chocolate orb which can only be opened with the delicate flow or hot caramel sauce. Served with avocado, diced bread, black rice pudding, and crushed peanuts.



Setelah dituang saus karamel panas, bulatan cokelat akan terbuka, dan es krim di dalamnya akan terlihat. Setelah itu, baru hidangan ini bisa dinikmati dengan optimal. Anyway, ini es podeng dengan tampilan terbaik dan terunik yang pernah aku lihat!

Rasa durian pada es krim tidak terlalu kuat. Dipadukan dengan remahan roti dan kacang yang crunchy yang menambah tekstur pada hidangan ini.

-------------------------------------------------------------

Overall, pengalaman makan di Samsara Indonesian Cuisine ini memuaskan banget. Selain makanannya yang lezat, pelayanan di restoran ini juga sangat baik. Di tanggal 17 Agustus nanti, Samsara Indonesian Cuisine akan mengadakan grand launching restoran sekaligus menu-menu baru. Jadi nggak sabar nih!


--------------------------------------------------------------------------------

Samsara Indonesian Cuisine
Jl. Gunawarman No. 16
Kebayoran Baru, Jakarta

Tel: 021-72787110
Web: www.samsarajakarta.com



Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post!

You Might Also Like

0 comments