Blog Kuliner & Perjalanan Marga

4 Tempat Wisata Okinawa yang Wajib Kamu Kunjungi!

Hello!

Kalau traveling ke Jepang, kebanyakan orang pasti memilih untuk mengunjungi Tokyo, Kyoto, Osaka, atau Hokkaido. Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan untuk mengunjungi Okinawa, daerah paling selatan di Jepang. Perjalanan ditempuh dari Jakarta dengan JAL (Japan Airlines), sekitar hampir 12 jam, dengan 1 kali transit di Tokyo (mendarat di Narita, dan pindah bandara ke Haneda).

Walaupun akhir Oktober, di Okinawa ini justru udaranya masih hangat. Namanya juga di daerah selatan, lebih dekat dengan khatulistiwa.

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Okinawa, dan masih menyusun itinerary, pastikan 4 tempat ini ada di dalam list-mu ya!

1. Okinawa Churaumi Aquarium

Jaraknya kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Sesuai dengan namanya, atraksi di sini adalah aquarium berbagai macam ikan. Tidak jauh dari pintu masuk, ada sebuah aquarium rendah di mana kita bisa meneyentuh langsung bintang laut di dalamnya. Mirip-mirip dengan adegan di film Finding Dory.

Jalan terus ke dalam, ada sebuah aula besar dengan aquarium berisi whale-shark yang jadi bintang utama. Uniknya, semua ikan selalu berenang ke arah kanan, memutari aquarium.

Untuk mencapai Okinawa Churaumi Aquarium, bisa naik bus dari Naha Airport atau Naha Bus Terminal (transit di Nago Bus Terminal). Harga tiket masuk untuk pelajar SD & SMP adalah 610yen, pelajar SMA 1,230Yen, dan dewasa 1,850Yen. Untuk rombongan (lebih dari 20 orang) atau datang di sore hari (setelah jam 16:00), harga tiket bisa lebih murah!

Okinawa Churaumi Aquarium

Jam Buka: 08:30-18:30 (Oktober – Februari) | 08:30-20:00 (Maret – September)
Website: https://churaumi.okinawa/en/

2. Okinawa World

Butuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota untuk mencapai Okinawa World. Bisa naik bus dari Naha Bus Terminal. Di dalamnya ada banyak atraksi yang menarik, mulai dari wisata alam sampai dengan budaya. Jangan lupa untuk masuk ke Gyokusendo Cave, goa sepanjang 5km, kedua terpanjang di Jepang katanya. Tidak perlu cemas jalan jauh, karena yang dibuka untuk umum hanya sepanjang 850m.

Kunjungi juga Kingdom Village di sini, lihat-lihat rumah tradisional Okinawa, dan juga beli oleh-oleh. Ada spot di mana kamu bisa coba main enggrang gratis juga. Walau kelihatan mudah, ternyata sulit banget!

Di jam-jam tertentu, ada pertunjukan Eisa (tarian tradisional khas Okinawa) yang sangat enerjik di Eisa Plaza. Selama pertunjukkan dilarang mengambil gambar, tapi setelah selesai kita diperbolehkan foto dengan para penarinya.

Harga tiket masuk Okinawa World ini bervariasi, tergantung atraksi apa saja yang ingin dilihat. Tiket terusan (Gyokusendo Cave, Kingdom Village, dan Habu (Ular) Museum) seharaga 1,650Yen untuk dewasa dan 830Yen untuk anak-anak. Jika ingin mengunjungi Gyokusendo Cave dan Kingdom Village saja, cukup membayar 1,240Yen untuk dewasa dan 620Yen untuk anak-anak. Sementara jika ingin melihat Habu Museum saja, harus beli tiket seharga 620Yen untuk dewasa dan 310Yen untuk anak-anak.

Okinawa World

Jam Buka: 09:00-18:00
Website: http://www.gyokusendo.co.jp/okinawaworld/en/

3. Shurijo Castle

Waktunya wisata sejarah! Shurijo Castle atau ini merupakan pusat pemerintahan Ryukyu (nama Okinawa pada zaman dahulu), dengan arsitektur yang dipengaruhi oleh Cina. Untuk mencapai Shuri Castle, bisa naik bus atau monorail (Yui Rail). Dari pemberhentian bus, harus nanjak ke atas, jadi siapkan sepatu yang nyaman ya!

Ada area gratis dan bayar. Area gratis meliputi taman kastil dan gerbang. Jika ingin istirahat atau beli oleh-oleh, bisa mampir di Keizuza & Yomotsuza. Untuk melihat arsitektur Shuri Castle yang unik dan penuh warna, harus masuk ke area berbayar. Cukup merogoh kocek sebesar 310Yen untuk pelajar SD & SMP, 660Yen untuk pelajar SMA, atau 820Yen untuk dewasa.

Shurijo Castle

Jam Buka: 08:30-19:00 (April – Juni & Oktober – November) | 08:30-20:00 (Juli – September) | 08:30-18:00 (Desember – Maret)
*Tutup setiap Rabu dan Kamis pertama di bulan Juli
Website: http://oki-park.jp/shurijo/en/

Turun dari Shuri Castle, jangan lupa untuk coba es krim Blue Seal ya! Es krim ini ada di banyak tempat sepanjang Okinawa, salah satunya di Shuri Castle. Rekomendasiku adalah Blue Wave Ice Cream. Rasanya agak kayak lemon, tapi ada manisnya. Kalau di Indonesia, beda tipis sama es krim Kul-kul zaman dulu. Harganya 350Yen.

4. Kokusai-Dori

Terletak di tengah kota, Kokusai-Dori ini adalah tempat jualan oleh-oleh, atau pernak-pernik khas Okinawa lainnya. Kalau mau cari oleh-oleh yang murah dalam jumlah banyak, di sini tempatnya! Beli gantungan kunci, pulpen, atau tempelan kulkas, di sini lengkap.

Bicara soal oleh-oleh, jangan lupa beli Beni-Imo, kue khas Okinawa rasa ubi ungu yang lezat! Kalau lupa beli di sini, di Naha Airport juga ada banyak. Harganya sama, malah di airport seringkali jadi lebih murah karena duty free.

Sewaktu ke Kokusai-Dori, aku mengunjungi rumah makan vegetarian yang menyajikan makanan enak! Kebanyakan yang datang ke sini adalah senior citizen yang udah harus memerhatikan pola makan demi kesehatannya. Bayarnya nanti sesuai dengan lauk yang dipilih.

Kokusai-Dori

————————————————–

Liburan ke Okinawa, Dimana Menginapnya?

Ini banyak menjadi pertanyaan juga. Buat yang liburan dengan budget terbatas, bisa coba menginap di Kerama Guest House. Harga per-malamnya cukup murah, untuk ranjang tingkat (disebutnya Dormitory), 1,600Yen per-malamnya. Sementara jika ingin ruangan tatami pribadi (kapasitas max 5 orang), harganya sekitar 3,800Yen – 8,500Yen per-malamnya, tergantung dengan jumlah orang yang menginap.

Tersedia mesin cuci koin, dapur, dan ruang tengah di sini. Kamar mandi dan WC-nya di luar kamar tidur. Di sini cukup banyak orang asing yang menginap, jadi kamu bisa juga tanya-tanya soal wisata Okinawa pada mereka, ramah-ramah kok! Recommended buat menghemat budget perjalanan.

Lantai 2 Kerama Guest House ini khusus wanita, jadi tidur bisa lebih nyaman dan tenang!

Kerama Guest House

Web: http://www.guesthouse-okinawa.com/index_en.html

BACA JUGA: Terbang ke Jepang Bareng JAL (Japan Airlines)

Bagaimana, sudah siap berlibur ke Okinawa, Jepang? Yuk, kerja keras dan menabung untuk beli tiketnya!

————————————————–
Let’s connect! 
I don’t bite 😀
Facebook | Twitter | Instagram

***
Thank you for reading,
See you on the next post!