Terbang ke Jepang Bareng JAL (Japan Airlines)

12:36 AM


Hello!

Akhirnya kembali juga ke Tanah Air setelah kurang lebih seminggu di Jepang. Yes, seminggu kemarin aku terbang ke Jepang untuk Festival Uchinanchu di Okinawa.

Aku suka banget naik pesawat. Setiap mau naik pesawat aku pasti excited, mulai dari check in sampai lari-lari karena udah dipanggil naik pesawat. Perjalan ke Jepang kemarin diawali dengan naik pesawat JAL (Japan Airlines). Ini pertama kalinya aku naik pesawat asli Jepang. Terakhir terbang ke Jepang, aku naik airlines lokal. So, aku makin excited.

Di blog post kali ini, aku mau cerita pengalaman naik JAL untuk international flights (Jakarta - Tokyo) dan domestic flights-nya (Tokyo - Naha).

Pemandangan dari atas
Pesawat JAL

Harga pesawat JAL memang lumayan banget, tapi ini berbanding lurus dengan fasilitas yang diberikan. Apa saja sih emang fasilitas yang ditawarkan dalam pesawat JAL ini?

1. Tempat Duduk yang Nyaman

Namanya naik pesawat ya kehidupan emang nggak akan jauh-jauh dari tempat duduk. Sekalinya beranjak, palingan cuma buat ke toilet. Maka dari itulah, kenyamanan kursinya itu penting banget.

Kursi pesawat JAL international flight

Untuk international flight, JAL menyiapkan kursi dengan ekstra senderan kepala. Ada bantal dan selimut yang bikin perjalanan semakin nyaman.

Kursi pesawat JAL domestic flight

Sementara kursi di domestic flight memang tidak seempuk yang international. Tidak dilengkapi dengan ekstra senderan kepala juga. Namun cukup nyaman untuk menemani perjalananmu.

2. Makanan dan Minuman

Sepertinya makanan cuma didapat di international flight saja. Di penerbangan Jakarta - Tokyo, aku dapat dua kali makan, snack dan makanan berat. Domestic flight tidak menyediakan makanan berat ataupun ringan, tapi ada satu kali pembagian segelas minuman.

Snack dari JAL

Di penerbangan Jakarta - Tokyo, snack yang didapat adalah kacang-kacangan, sandwich dan minum. Sementara saat penerbangan pulang, tidak ada sandwich-nya. Hahaha.

Alat makan
Makanan berat di perjalanan Jakarta - Tokyo
Makanan berat di perjalanan Tokyo - Jakarta

Menu makanan berat yang disajikan oleh JAL ini lengkap banget, mulai dari karbohidrat, lauk utama, sayur dan buah. Di keberangkatan dapat minuman Yakult dan yogurt yang bikin pencernaan tokcer banget. Di kepulangannya, dapat sup miso, roti serta menteganya.

Minuman bisa pilih antara teh, kopi, jus, susu, wine, dan lain-lain. Di waktu pesawat mau berangkat, pramugarinya membagikan sebotol air mineral. Yes, ini banget yang pasti dibutuhin semua orang. 

Thank you JAL, kamu emang pengertian banget :")

Air mineral botol dari JAL

3. Banyak Hiburan

Kebayang nggak, berjam-jam di pesawat kalau hiburan yang kamu punya cuma ngobrol. Ya iya kalau di sebelahmu ada orang yang bisa diajak ngobrol. Kalau nggak? Ngobrol aja sama jendela.

Di penerbangan international JAL, setiap tempat duduk dilengkapi dengan hiburan film, musik atau game. Filmnya cukup up to date, mulai dari yang barat sampai dengan Jepang. Tersedia dalam berbagai bahasa.

Nonton di JAL, tersedia dalam berbagai bahasa

Selain nonton atau main, kamu bisa ngecharge baterai handphon-mu disini. Lumayan, setidaknya nanti turun pesawat baterai handphone udah penuh, hahaha.

---------------------------------------------------------

Overall, aku puas dnegan pelayanan yang diberikan dalam penerbangan Japan Airlines (JAL) ini. Nyaman, ramah, dan pastinya makanannya enak. Hahaha. Iya gaes, itu penting banget.

Harganya emang bisa dibilang lumayan banget, tapi ini berbanding lurus dengan fasilitas dan pelayanan yang didapat. Kalau kamu mau berangkat ke Jepang, aku merekomendasikan airlines kece ini untuk kamu. Banget.

Mau terbang dengan JAL lagi?
Yes. Of course.

---------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

See you on the next post!


Marga A.

You Might Also Like

6 comments

  1. Kalau ke jepang memang makanannya masih enak di lidah, coba kalau di rusia duhh ampun dah hehehhe

    ReplyDelete
  2. pingin je Jepaaaaannnggg, mudah2an pas traveling ke Jepang naik JAL juga

    ReplyDelete
  3. Liat postingannya jd mau ke Jepang lagiii & pengen nyoba naik JAL jg kyknya maskapainya bagus yaaa.

    Terkahir kesana aku naik ANA, snacknya si banyak tp makanan beratnya ga sebanyak itu side dishnya Haha >_<

    ReplyDelete