Liburan ke Okinawa, Jangan Lupa Kunjungi 4 Tempat Ini

12:30 AM



Hello!

Kalau traveling ke Jepang, kebanyakan orang pasti memilih untuk mengunjungi Tokyo, Kyoto, Osaka, atau Hokkaido. Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan untuk mengunjungi Okinawa, daerah paling selatan di Jepang. Perjalanan ditempuh dari Jakarta dengan JAL (Japan Airlines), sekitar hampir 12 jam, dengan 1 kali transit di Tokyo (mendarat di Narita, dan pindah bandara ke Haneda).

Walaupun akhir Oktober, di Okinawa ini justru udaranya masih hangat. Namanya juga di daerah selatan, lebih dekat dengan khatulistiwa.

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Okinawa, dan masih menyusun itinerary, pastikan 4 tempat ini ada di dalam list-mu ya!

1. Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium


Jaraknya kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Sesuai dengan namanya, atraksi di sini adalah aquarium berbagai macam ikan. Tidak jauh dari pintu masuk, ada sebuah aquarium rendah di mana kita bisa meneyentuh langsung bintang laut di dalamnya. Mirip-mirip dengan adegan di film Finding Dory.


Okinawa Churaumi Aquarium


Jalan terus ke dalam, ada sebuah aula besar dengan aquarium berisi whale-shark yang jadi bintang utama. Uniknya, semua ikan selalu berenang ke arah kanan, memutari aquarium.

Untuk mencapai Okinawa Churaumi Aquarium, bisa naik bus dari Naha Airport atau Naha Bus Terminal (transit di Nago Bus Terminal). Harga tiket masuk untuk pelajar SD & SMP adalah 610yen, pelajar SMA 1,230Yen, dan dewasa 1,850Yen. Untuk rombongan (lebih dari 20 orang) atau datang di sore hari (setelah jam 16:00), harga tiket bisa lebih murah!


Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium



Jam Buka: 08:30-18:30 (Oktober - Februari) | 08:30-20:00 (Maret - September)
Website: https://churaumi.okinawa/en/

2. Okinawa World

Okinawa World


Butuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota untuk mencapai Okinawa World. Bisa naik bus dari Naha Bus Terminal. Di dalamnya ada banyak atraksi yang menarik, mulai dari wisata alam sampai dengan budaya. Jangan lupa untuk masuk ke Gyokusendo Cave, goa sepanjang 5km, kedua terpanjang di Jepang katanya. Tidak perlu cemas jalan jauh, karena yang dibuka untuk umum hanya sepanjang 850m.


Gyokusendo Cave Okinawa World


Kunjungi juga Kingdom Village di sini, lihat-lihat rumah tradisional Okinawa, dan juga beli oleh-oleh. Ada spot di mana kamu bisa coba main enggrang gratis juga. Walau kelihatan mudah, ternyata sulit banget!


Kingdom Village Okinawa World


Di jam-jam tertentu, ada pertunjukan Eisa (tarian tradisional khas Okinawa) yang sangat enerjik di Eisa Plaza. Selama pertunjukkan dilarang mengambil gambar, tapi setelah selesai kita diperbolehkan foto dengan para penarinya.

Harga tiket masuk Okinawa World ini bervariasi, tergantung atraksi apa saja yang ingin dilihat. Tiket terusan (Gyokusendo Cave, Kingdom Village, dan Habu (Ular) Museum) seharaga 1,650Yen untuk dewasa dan 830Yen untuk anak-anak. Jika ingin mengunjungi Gyokusendo Cave dan Kingdom Village saja, cukup membayar 1,240Yen untuk dewasa dan 620Yen untuk anak-anak. Sementara jika ingin melihat Habu Museum saja, harus beli tiket seharga 620Yen untuk dewasa dan 310Yen untuk anak-anak.

Okinawa World



Jam Buka: 09:00-18:00
Website: http://www.gyokusendo.co.jp/okinawaworld/en/

3. Shurijo Castle

Shurijo Castle Okinawa


Waktunya wisata sejarah! Shurijo Castle atau ini merupakan pusat pemerintahan Ryukyu (nama Okinawa pada zaman dahulu), dengan arsitektur yang dipengaruhi oleh Cina. Untuk mencapai Shuri Castle, bisa naik bus atau monorail (Yui Rail). Dari pemberhentian bus, harus nanjak ke atas, jadi siapkan sepatu yang nyaman ya!

Ada area gratis dan bayar. Area gratis meliputi taman kastil dan gerbang. Jika ingin istirahat atau beli oleh-oleh, bisa mampir di Keizuza & Yomotsuza. Untuk melihat arsitektur Shuri Castle yang unik dan penuh warna, harus masuk ke area berbayar. Cukup merogoh kocek sebesar 310Yen untuk pelajar SD & SMP, 660Yen untuk pelajar SMA, atau 820Yen untuk dewasa.


Shurijo Castle Okinawa

Shurijo Castle



Jam Buka: 08:30-19:00 (April - Juni & Oktober - November) | 08:30-20:00 (Juli - September) | 08:30-18:00 (Desember - Maret)
*Tutup setiap Rabu dan Kamis pertama di bulan Juli
Website: http://oki-park.jp/shurijo/en/

Turun dari Shuri Castle, jangan lupa untuk coba es krim Blue Seal ya! Es krim ini ada di banyak tempat sepanjang Okinawa, salah satunya di Shuri Castle. Rekomendasiku adalah Blue Wave Ice Cream. Rasanya agak kayak lemon, tapi ada manisnya. Kalau di Indonesia, beda tipis sama es krim Kul-kul zaman dulu. Harganya 350Yen.


Blue Seal Okinawa Ice Cream

4. Kokusai-Dori

Naha Kokusai Dori Okinawa


Terletak di tengah kota, Kokusai-Dori ini adalah tempat jualan oleh-oleh, atau pernak-pernik khas Okinawa lainnya. Kalau mau cari oleh-oleh yang murah dalam jumlah banyak, di sini tempatnya! Beli gantungan kunci, pulpen, atau tempelan kulkas, di sini lengkap.


Naha Kokusai Dori Okinawa


Bicara soal oleh-oleh, jangan lupa beli Beni-Imo, kue khas Okinawa rasa ubi ungu yang lezat! Kalau lupa beli di sini, di Naha Airport juga ada banyak. Harganya sama, malah di airport seringkali jadi lebih murah karena duty free.

Sewaktu ke Kokusai-Dori, aku mengunjungi rumah makan vegetarian yang menyajikan makanan enak! Kebanyakan yang datang ke sini adalah senior citizen yang udah harus memerhatikan pola makan demi kesehatannya. Bayarnya nanti sesuai dengan lauk yang dipilih.

Kokusai-Dori


--------------------------------------------------

Liburan ke Okinawa, Dimana Menginapnya?

Ini banyak menjadi pertanyaan juga. Buat yang liburan dengan budget terbatas, bisa coba menginap di Kerama Guest House. Harga per-malamnya cukup murah, untuk ranjang tingkat (disebutnya Dormitory), 1,600Yen per-malamnya. Sementara jika ingin ruangan tatami pribadi (kapasitas max 5 orang), harganya sekitar 3,800Yen - 8,500Yen per-malamnya, tergantung dengan jumlah orang yang menginap.

Kerama Guest House Naha Okinawa
Kerama Guest House Naha Okinawa


Tersedia mesin cuci koin, dapur, dan ruang tengah di sini. Kamar mandi dan WC-nya di luar kamar tidur. Di sini cukup banyak orang asing yang menginap, jadi kamu bisa juga tanya-tanya soal wisata Okinawa pada mereka, ramah-ramah kok! Recommended buat menghemat budget perjalanan.

Lantai 2 Kerama Guest House ini khusus wanita, jadi tidur bisa lebih nyaman dan tenang!

Kerama Guest House



Web: http://www.guesthouse-okinawa.com/index_en.html


BACA JUGA: Terbang ke Jepang Bareng JAL (Japan Airlines)

Bagaimana, sudah siap berlibur ke Okinawa, Jepang? Yuk, kerja keras dan menabung untuk beli tiketnya!

--------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram


***

Thank you for reading,
See you on the next post!

You Might Also Like

28 comments

  1. Hi, Seru yaa ke Okinawa.. must put Okinawa on list nih ��

    Backpackerwithkoper.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa seru ke sini, lumayan sepi, jauh beda sama Tokyo.

      Delete
    2. Ada rekomen travel agent nya ngga.

      jangan lupa visit back www.nathanblog.com

      Delete
    3. Aku kemarin ini atur itinerary sendiri bareng teman-teman mas, belum tau kalau ada travel agent yang bagus apa ngga untuk ke sana..

      Delete
  2. banyak banget ya tempat menarik yang bisa kita kunjungi di jepang, tempat menginap pun banyak yang unik.. hhe

    ReplyDelete
  3. Kak kamu membuatku kangen Jepang lagi :( terakhir ke sana 2,5 th lalu. Yes, aku suka suasana seperti okinawa ini. Lebih sepi. Sayang saat itu cuma ke Kobe.

    ReplyDelete
  4. Wow, seru juga ya di Okinawa. Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. Marga take me there please hehehe... seru banget ya tempatnya jadi pengen kesana juga deh...

    ReplyDelete
  6. Wah asyik jalan-jalannya. Pengin nih sebulan maen ke Jepang maen ke museum Ghibli. Nabung dulu deh.

    ReplyDelete
  7. akh negeri impian nih. Kingdom Village menarik ya. Penginapannya bersih nyaman dan aman. thx infonya kak

    ReplyDelete
  8. tempat-tempatnya asyik banget mbak. Dulu pas masih kerja di Hong Kong pengen banget bisa jalan-jalan ke Jepang.
    Menarik ya di Okinawa

    ReplyDelete
  9. Kalau ke blog mba Marga aku selalu ga kuatttt.....ga kuatttt pengen piknik hahaha.Sumpah kepengen banget ke tempat-tempat itu semoga ada sponsor yg ngajak kesana haha *teuteuup.

    ReplyDelete
  10. Adikku baru pulang dari Osaka dan Tokyo. Aku nitip beberapa barang, dan kesel karena harganya kok mahal-mahal ya?

    Hahaha. Mungkin ga tau lokasinya kali ya.

    ReplyDelete
  11. Aku sering sih ngeliat Okinawa di film2 Jepang, dan memang keren bgt tempat2nya, makanannya juga terlihat enak2, next semoga bisa ke sana. Hehe

    ReplyDelete
  12. Jepang emang jadi impiannya para traveler yaa. Akupun pengen banget bisa menjejakkan kaki ke sana. Pengennya ke Hokaido, karena pernah nulis tentang Hokaido jadi mimpi banget bisa beneran ke sana. Semoga ada rezeki bisa ke Jepang kaya marga juga :)

    ReplyDelete
  13. Ini seru banget aseli! Aku jadi pengen ke Jepang huhuhu karena selama ini tuh belum pernah ke Jepang, dan ini bikin mupeng. Baiklah mari kita nabung yes :)))

    ReplyDelete
  14. Hahaha sukses bikin ngiler. Destinasi ke 4 kebayang kaya surga buat aku yang hobi ngumpulin pernak pernik.


    Cuss lah mari menabung

    ReplyDelete
  15. iihs, aku mau ke sana.
    Tai nanti deh, nabung dulu. hehehe

    ReplyDelete
  16. aaahh seru banget, kulinerannya gimana? oke jugakah?

    ReplyDelete
  17. Wahh ada 1 destinasi lagi di Jepang yang harus aku kunjungi nih..
    Iya bener, rata2 orang taubya hanya Tokyo, Kyoto, Osaka, atau Hokkaido ya.

    ReplyDelete
  18. waaa menarik. Aku belum pernah ke Okinawa. Eh eh nanya dong. itu gimana caranya masukin map ke dlm blog? kok aku ga pernah bisa? #gaptek hahah

    ReplyDelete
  19. Wow Okinawa keren banget yaa! Selalu suka sama destinasi wisata yang kaya akan kebudayaan. Duh kapan ya kesampean ke Jepang. Banyak banget yang pingin dikunjungi di Jepang..

    ReplyDelete
  20. Nahkan bacanya jafi ngiler pengen ke Okinawa, dari dulu selain pengen ke Korea pengen ke Jepang juga.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen ke sana, lautnya juga jernih.

    ReplyDelete
  22. Ya..ampun Jepang !! Banyak bgt destinasi menarik yg bisa dikunjungi

    ReplyDelete
  23. Okinawa seru jugaa.. Pengen jg kesana,nabungnya harus gila2an kyknya ya.. Haha..

    ReplyDelete

  24. Great blog! Do you have any recommendations for aspiring writers? I'm planning to start my own website soon but I'm a little lost on everything. Would you recommend starting with a free platform like Wordpress or go for a paid option? There are so many choices out there that I'm totally confused .. Any recommendations? Bless you! capitalone.com

    ReplyDelete