Cara Mencari Ide Kreatif dan Mengubahnya Jadi Duit

6:33 AM



Hello!

Di zaman yang sudah serba ada gini, kreativitas tentu sudah menjadi tuntutan bagi semua orang. Misalnya saja saat mencari kerja, jika kita tidak kreatif, maka tidak akan ada hal yang bisa membuat kita unggul dibadingkan pelamar kerja lainnya. Jika kita ingin hidup lebih bebas sebagai freelancer-pun, tentu harus lebih kreatif lagi mengasah kemampuan diri, supaya tetap bisa memiliki penghasilan dan bertahan hidup. Sayangnya, bagi sebagian orang, 'menjadi kreatif' merupakan hal yang sulit.

Cara Mencari Ide Kreatif

Ide kreatif sebenarnya bisa muncul kapan saja, dan sekalinya muncul, akan terus mengalir! Buat mendapatkannya, kamu bisa coba cara-cara mencari ide kreatif berikut ini:

1. Bersosialisasi dengan Teman

Tidak harus duduk termenung sendirian, saat kamu ngobrol santai dengan teman-teman, ide dapat tiba-tiba muncul. Jika kamu sedang buntu ide, coba ajak teman-temanmu untuk berkumpul untuk sharing inspirasi. Dengarkanlah pendapat dari sudut pandang mereka. Bisa jadi, pembicaraan antara kamu dan teman merupakan trigger bagi ide tersebut untuk muncul.

2. Baca Buku atau Majalah

Coba mampir ke toko buku terdekat dan beli majalah edisi terbaru. Cek tren-tren terkini yang sedang diminati masyarakat. Selain menambah wawasan, kamu juga bisa mendapatkan ide dari buku atau majalah! Kamu bisa juga berselancar di media sosial untuk mencari ide kreatif yang menarik.

3. Tongkrongi Tempat Favoritmu

Nongkrong sambil minum green tea latte dan ngemil kue lucu!
Tempat-tempat sederhana seperti kafe favorit atau kamar tidurmu di rumah bisa menjadi sumber inspirasi yang menarik, lho. Cobalah untuk bersantai sejenak dan datangi tempat favoritmu. Kamu bisa duduk-duduk, dengarkan lagu favoritmu, atau bahkan tiduran. Ide biasanya akan semakin sulit muncul jika kamu sedang stres. So, biarkan tubuhmu bersantai sejenak, dan biarkan ide kreatif mengalir!

Cara Mengubah Ide Menjadi Duit, Ikutan IWIC 11

Punya segudang ide kreatif? Ini saatnya kamu mengubahnya jadi duit.

Caranya? Kamu hanya perlu ikutan IWIC 11, alias Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. Ini adalah kompetisi lomba ide mobile apps yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016, dan tahun ini merupakan kontes yang ke-11.



Jika kamu pikir IWIC 11 hanya terbuka untuk kalangan developer profesional, kamu salah besar! IWIC 11 ini bisa diikuti oleh segala kalangan, mulai dari pelajar sampai dengan kartawan. Apapun bentuk ide kreatif yang kamu miliki, bisa dituangkan menjadi gagasan untuk diwujudkan melalui IWIC 11.

Tujuan IWIC ini adalah mewadahi para kreator di Indonesia untuk menuangkan idenya untuk membuat mobile apps agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tidak hanya itu saja, para kreator ini --termasuk kamu-- juga dapat membantu Indonesia bersaing dalam hal produk digital di dunia!


Mengapa Harus Ikutan IWIC 11?

Ikutan IWIC 11 ini tentu saja banyak untungya! Apa saja sih? Simak di bawah ini aja~

  • Hadiah - Ada total hadiah ratusan juta untuk para pemenang dengan ide terbaik
  • Publikasi - Ide dan aplikasi hasil karyamu akan dikenal oleh masyarakat luas
  • Mentor - Kamu akan mendapat bimbingan dari para ahli utnuk mengembangkan ide kreatifmu
  • Pengalaman - Kamu akan mendapat kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global
  • Pendanaan - Jika kamu mencari investor untuk pendanaan lanjutan, maka inilah kesempatan emasmu!
Tertarik buat ikutan program IWIC 11 "Launch Your Ideas" ini? Yuk, akses website iwic.indosatooredoo.com sekarang juga, lalu daftarkan dirimu dan tim sebelum tanggal 20 November 2017. 

Selamat mengasah ide dan berkarya!

--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

6 comments

  1. Yups, kalau punya ide mending disalurkan siapa tau ide yang kita punya dikenal banyak orang dan dilirik investor ya buat dikembangkan .

    ReplyDelete
  2. Menarik nih mba.. Ada mentor nya juga, yg punya ide cemerlang hrs ikut inii

    ReplyDelete
  3. Udah banyak yang ikut dan idenya pada keren2 semua..

    ReplyDelete
  4. Ide bisa didapat dimana aja yaaa. Tinggal gimana ngolahnya biar jadi produktif :)

    ReplyDelete
  5. Nongkrong di tempat favorit adalah segalanya! hahahah. Aku sering dapet banyak ide - ide kece gara - gara suka bengong di coffeeshop deket rumah :p

    ReplyDelete