Bagaimana Cara Influencer Menghasilkan Uang?

8:14 AM

Dulu sih waktu kita kecil, pas ditanya, "Cita-citanya apa?", palingan jawabnya kalau nggak jadi dokter atau polisi, ya jadi guru. Sekarang sih anak kecil ditanya soal cita-cita bakal jawab jadi influencer atau Youtuber. Hahaha.

Tapi, emang bisa influencer menghasilkan uang? Kerjanya kan cuma nulis di blog dan posting di sosmed aja? Ya bisa lah! Tapi nggak sebatas itu doang jobdesc-nya!

Cara Influencer Menghasilkan Uang
Dikata main HP mulu, padahal lagi kerja~
Inilah yang bakal aku bahas di blog ini. Baca terus sampai habis ya~

Susah Nggak Jadi Influencer?

Banyak yang bilang pekerjaan sebagai influencer bisa diselesaikan sambil tidur-tiduran di rumah. Kenyataannya sih nggak gitu-gitu amat. Yang bedain sama saat jadi pekerja kantoran, cuma kebanyakan kerjaan influencer ini bisa sambil remote. Ini sih betul, makanya banyak yang pengen berkarir di bidang ini.

Siapapun bisa jadi influencer selama ada niat dan usaha. Jujur aja, aku nggak punya skill nulis yang mumpuni sewaktu awal memulai karir sampingan ini. Skill fotografi juga biasa-biasa aja. Tapi semua bakal ningkat seiring berjalannya waktu.

Kalau dibilang susah sih ya nggak juga, karena sejauh ini aku mengerjakannya dengan senang. Ketimbang berbicara di depan umum, aku lebih suka nulis. Aku juga menulis topik yang aku suka, yaitu makanan dan jalan-jalan. Kembali lagi ke awal, yang penting ada niat dan usaha.

Cara Influencer Menghasilkan Uang

Pekerjaan emang nggak langsung datang sewaktu aku awal-awal jadi blogger. Setidaknya, berdasarkan pengalamanku, cara influencer menghasilkan uang ada beberapa, misalnya sebagai berikut:

1. Banner Google AdSense

Cara Influencer Menghasilkan Uang
Kerja sambil staycation? Bisa, bisaaaa
Influencer yang suka menulis bisa banget buat mulai blogging. Ada platform gratis kayak Blogspot atau Wordpress yang bisa dijadikan tempat menulis. Ada banyak banget lho, influencer yang berhasil menghidupi diri dan keluarganya cuma dengan nulis di blog aja. Caranya ya pasang Google AdSense di blog-nya. Jadi nanti sewaktu ada orang baca artikel dan lihat iklan dari Google lalu diklik, si blogger bakal dapat komisi. Enak, kan?

Tapi, biar artikelnya banyak dibaca, tentu harus paham dong dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Fungsi SEO ini supaya artikel bisa nongol di halaman awal Google Search. Jadi semakin besar juga kemungkinan orang bakal mampir ke blog, baca artikel, dan klik iklannya.

2. Affiliate Network Sales

Suka lihat ada influencer yang share kode voucher di kontennya? Bisa jadi mereka dapat persenan kalau followers-nya belanja. Uang hasil dari afiliasi ini bisa dicairin buat dibelanjain lagi di brand terkait. Tergantung kebijakan kerjasamanya aja~

3. Guest Speaker

Kalau pada dasarnya suka bicara di depan umum, nggak menutup kemungkinan influencer diajak brand untuk jadi pengisi acara. Bisa untuk menceritakan pengalamannya atau mengisi materi. Influencer yang udah ternama emang bisa jadi magnet buat datengin para followers ke acaranya brand itu.

4. Vlogger / Youtuber

Beberapa influencer emang banyak juga yang merambah ke YouTube. Dengar-dengar memang membuat konten populer di YouTube juga bisa menghasilkan uang saku yang lumayan. Ada syarat minimal views dan subscribers kalau nggak salah buat mulai me-monetize akun YouTube kita. Mirip-mirip dengan Google AdSense di blog, video kita di YouTube juga bisa dipasangin iklan, lho.

5. Event Organizer / Influencer Coordinator

Cara Influencer Menghasilkan Uang
Sewaktu datang event yang di-arrange sama teman-teman sesama influencer
Saking seringnya menghadiri event, nggak jarang juga influencer yang diminta tolong sama brand buat jadi event organizer. Mereka yang mengatur jalannya acara, sambil jadi koordinator teman-teman sejawatnya buat ngeramein acara. Nggak jarang juga yang akhirnya lama-lama bisa bikin agency sendiri saking udah khatam-nya.

6. Social Media Consultant

Beberapa influencer juga bisa menghasilkan uang dengan jadi konsultan sosial media kliennya, lho. Mereka yang atur marketing strategy, bikin konten-kontennya, atau bahkan masang iklan biar followers sosial media kliennya bisa naik cepat.

7. Sponsored Content

Last but not least, cara influencer menghasilkan uang yang paling umum: SPONSORED CONTENT! Di awal-awal karir ini, aku juga belum pernah dapetin sponsor untuk tulisanku. Kalaupun dapat, ya review for free aja (sampai sekarang juga masih sih kadang-kadang, hahaha), brand kirim barang atau undang ke resotrannyya buat makan-makan, lalu kita upload review-nya di blog atau sosial media.

Sekarang sih, udah nggak jarang juga influencer yang approach ke brand langsung buat menawarkan jasa. Nggak ada yang salah sama itu, ya namanya juga orang usaha, toh?

Buat influencer yang masih malu-malu buat approach ke brand melalui e-mail secara blak-blakan buat menawarkan jasa, bisa banget mengandalkan influencer marketing platform kayak Hiip Asia.

Hiip Asia, Aplikasi untuk Influencer Mendapat Pekerjaan degan mudah!

Cara menghasilkan uang dengan Hiip
Eric Rosenkranz (Chairman Hiip Asia), Almazia Pratita (CFO Hiip Indonesia), Shintaries Nijerinda (CEO Hiip Indonesia), dan Phi Nguyen (CEO Hiip Asia)
Hiip Asia ini adalah aplikasi influencer marketing yang udah eksis di Vietnam dan Thailand. Sekarang, Hiip Asia bergabung sama Blogger Perempuan Network dan ekspansi ke Indonesia. Yay!

Singkatnya, Hiip Asia ini menjadi jembatan antara brand dan influencer. Memudahkan kedua pihak untuk 'bertemu' dan berkolaborasi. Brand bisa mendapatkan influencer yang sesuai dengan niche dan kebutuhan, influencer juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah!

Aplikasi Hiip Asia bisa di-download di Playstore atau AppStore. Untuk isi data sosial media (YouTube, Facebook, Instagram, dan blog (segera)), rate yang diharapkan. Karena sudah terintegrasi, Hiip Asia dengan sendirinya bakal update status followers sosial media kita, jadi nggak perlu bolak-balik revisi. Udah lengkap juga sama Artificial Intelligence, Hiip Asia bisa menampilkan info demografi followers kita. Praktis deh!

Gimana Proses Pembayaran di Hiip Indonesia?

Hiip bakal memotong 15% fee kita dari brand sebagai biaya operasional. Sistem pembayaran juga bakal transparan, berapa biaya operasional Hiip, dan berapa biaya yang dikenakan pajak. Nantinya, bukti potong pajak juga bakal dikirimkan ke kita supaya gampang laporan tahunannya. Pembayran akan dilakukan ke bank yang didaftarkan di aplikasi, sekitar 2-4 minggu setelah campaign selesai.

Tertarik Bergabung dengan Hiip Indonesia? Begini Cara Daftarnya!

Cara daftar Hiip Indonesia
Daftar di Hiip
Enaknya sih daftar melalui website dulu aja di https://app.hiip.asia/id/influencer/login. Bisa daftar melalui Facebook atau Instagram. Berdasarkan pengalamanku, enakan daftar dengan Facebook. Hehehe.

Jangan lupa buat lengkapin data sosial media yang kita punya dan niche yang diminati. Terus, upload juga keterangan KTP dan NPWP untuk kelengkapan pembayran nanti. Browsing job bisa pakai aplikasinya aja biar sambil mobile.

Sementara menunggu dapat job yang sesuai dari Hiip Indonesia, kita bisa coba-coba bikin konten dan feed yang atraktif. Biar klien juga tertarik buat kerjasama dengan kita. Saranku sih, hindari yang namanya beli followers / engagement dan jadilah dirimu sendiri di sosial media. Nanti seiring berjalannya waktu, pasti bakal nemu konten yang kita suka bikinnya kok~

Cara Influencer Menghasilkan Uang
Siap berkarya dan berkolaborasi dengan brand bareng Hiip Indonesia!
Selamat berjuang menghasilkan uang halal!

--------------------------------------------------------------------------------

Let's connect! 
I don't bite :D

Facebook | Twitter | Instagram

***

Thank you for reading,
See you on the next post! 

You Might Also Like

5 comments

  1. Wah lagi berseliweran bgt nih hiip di timelineku. Menarik buat dicoba mayaan buat tamabahan ya kak :D

    ReplyDelete
  2. Jadi influencer tuh memang menggoda. Aku juga sering disangka main hp terus, padahal kan aku lagi dikejar deadline.

    ReplyDelete
  3. aku udah install juga dong Hiip di handphoneku.. siap-siap ngalir job dari sana deh hihi mayan buat tambah-tambah uang jajan kan yaa

    ReplyDelete
  4. Hampir sebagian besar murid-murid aku kalau ditanya pada bilangnya mau jadi Youtuber. Hehehe, memang menggiurkan sih kalau diseriusin. Begitu juga dengan jadi influencer, apalagi ada Hiip tambah mudah deh menambah penghasilan.

    ReplyDelete
  5. Thanks for sharin Margaa bermanfaat banget sekarang udah ada HIIP jadi memudahkan yaaa buat monetize sosmed

    ReplyDelete